Friday, June 6, 2014

Perkuliahan Jam 7 Pagi Di Kampus IPB Baranang Siang

Hari ini lain dari hari-hari biasanya. Bangun tidur, mandi, Sholat subuh, terus sarapannya hanya sekantong cemilan ringan yang dibeli di pinggiran jalan dekat kampus. Habisnya saya buru-buru menunggu angkot carteran dari Dramaga menuju ke Baranang Siang kota Bogor karena mengejar waktu untuk cepat sampai di kampus IPB Baranang Siang. Hari ini perkuliahan diadakan di kampus kota untuk matakuliah Computational Intelligence dan kebetulan yang mengisi perkuliahan hari ini adalah Bapak Dr. Ir. Yandra Arkeman. Beliau merupakan dosen IPB yang telah memiliki banyak pengalaman mengajar bahkan sampai ke negeri Matahari terbit, dan kalau saya tidak salah bahkan sempat mengajar di negeri Paman Sam juga.

Mengapa saya mengatakan hari ini merupakan lain dari hari-hari sebelumnya, karena perkuliahan hari ini merupakan perkuliahan pengganti yang dimulai pada pukul 7:00 WIB di kampus IPB Baranang Siang Kota Bogor. Biasanya ruang perkuliahan kami diadakan di kelas dekat Kampus IPB Dramaga Bogor yang tidak jauh dari kos tempat tinggal saya, ya... sekitar 10 menit jika jalan kaki. Nah, yang membuat lain dan sedikit agak tabu bagi saya adalah hari ini saya harus bangun lebih awal untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi di kota Bogor ini. Dan sangat jarang sekali hal ini terjadi dihari-hari biasanya. 

Walaupun jarak antara kampus IPB Dramaga ke kampus IPB Baranang Siang lebih-kurang 16 Km, namun faktor kemacetan yang kerap terjadi dijam-jam sibuk membuat saya sedikit agak ragu-ragu kalau berangkatnya 1 jam sebelum perkuliahan dimulai, belum lagi harus menyempatkan diri untuk sarapan pagi. Mungkin untuk jarak 16 Km bisa mencapai waktu 2 jam. Bagi saya, itu sangat luar biasa sekali berada di dalam transportasi umum menunggu kemacetan untuk dapat sampai ketempat tujuan. Dua jam perjalanan itu, kalau normalnya sudah bisa menuju ke luar kota untuk refresing. Sungguh buruk kondisi lalu lintas yang ada di negara kita.

Karena perkuliahan hari ini dirapel untuk 3 kali pertemuan, jadi diperkirakan kami akan selesai tidak lama sebelum sholat Jum'at berlangsung, berhubung hari ini adalah hari Jum'at. Mungkin apa yang saya alami ini tidak separah apa yang dialami oleh teman-teman saya yang berdomisili  di luar kota Bogor, seperti yang berada di kota Depok dll, harus menunggu kereta dan yang jelas harus bangun lebih awal lagi. Dan satu hal yang membuat saya bersemangat dihari ini adalah semangat ingin belajar, kekompakan dari teman-teman dan kebersamaan yang selalu ada walaupun ditengah-tengah kondisi yang lagi mendesak.

Comments :

2 Comments to “Perkuliahan Jam 7 Pagi Di Kampus IPB Baranang Siang”

Eka Soepadmo said...
on 

16 km ditempuh 2 jam wah lama sekali kalau dikampung paling 20 menit

Tengku Khairil Ahsyar said...
on 

Itu kalau + macetnya Pak... Heee...

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar