Monday, May 19, 2014

Saya Lagi Galau Dengan Tugas Akhir Kuliah

Foto Galau - Tengku Khairil Ahsyar
Sebagai seorang mahasiswa pasti pernah mengalami masa-masa galau dengan tugas akhir yang harus diselesaikan. Apakah berupa Skripsi, Tesis maupun Disertasi. Nah, ini nih yang sekarang menjadi kegalauan saya belakangan ini. Riset yang harus saya lakukan kalau saya ingin menamatkan studi yang sekarang saya jalani ini. Jujur saat ini saya masih galau dengan topik dan judul apa yang tepat untuk saya ambil. saya harus mengambil judul yang tentunya sesuai dengan bidang dan kemampuan saya dan tentunya dengan prediksi waktu penyelesaiannya tidak lama.

Sebenarnya saya malu mau nguber-nguber keluhan ini di blog, tapi mau gimana lagi, disinilah tempat saya bisa melampiaskan apa yang sedang saya rasakan sekarang ini. Mudah-mudahan teman-teman lainnya tidak mengalami seperti yang saya alami sekarang, dalam artian, jika teman-teman sedang atau akan menjalani studi apakah D3, S1, S2 maupun S3 hendaknya sudah memikirkan topik dan judul penelitiannya jauh-jauh hari sebelum dituntut untuk memilih, biar ga' bingung seperti yang saya alami sekarang ini.

Sebenarnya topik saya sudah ada sih, cuma judul saja yang masih ragu-ragu dan plin-plan. Sampai-sampai calon dosen pembimbing 2 saya juga hampir ikut plin-plan melihat keadaan saya (mudah-mudahan saja tidak). Pengennya untuk tidak melakukan coding, melainkan cukup dengan melakukan analisis saja. Atau sesuatu yang tidak terlalu memberatkan otak. Maklumlah, serasa umur sudah berlanjut terus. Yah... maksudnya selagi masih bisa memilih topik dan judul yang mudah, why not ?

Saya ga' tau kedepannya seperti apa penelitian yang akan saya jalani. Galau saya ini saya akui karena kurangnya persiapan dari awal dan disebabkan oleh beberapa permasalahan eksternal yang berhubungan dengan tempat studi kasus yang saya rencanakan sebagai tempat studi kasus. Memang permasalahan ini belum saya coba tanya ulang untuk yang kedua kalinya. Hanya berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari teman dekat sejawat. 

Mungkin ada beberapa introspeksi diri dari saya mengenai kejadian ini:
  • Saya tidak benar-benar mempersiapkan diri untuk memfokuskan ke penelitian
  • Saya tidak konsisten dengan apa yang telah menjadi keputusan diawal dan final saya
  • Saya terlalu berfikir sesuatu yang belum dikerjakan sulit, padahal itu belum tentu sulit dilakukan
  • Saya malas membaca referensi-referensi yang berkaitan bidang yang menjadi background penelitian saya
  • Saya jarang konsultasi dan sharing dengan dosen-dosen yang memiliki banyak pengalaman dan ide-ide mengenai penelitian
  • Saya jarang berdiskusi dengan teman-teman atau senior-senior untuk sud
  • Saya orangnya cepat mengeluh
  • Saya orangnya malasan
  • Saya tidak terlalu menguasai bahasa inggris, padahal bahasa Inggris wajib untuk saat sekarang ini
  • Pokoknya saya lagi galau saat ini...
Yah... kira-kira begitulah persaan yang sekarang saya alami. Bagaimana dengan perasaan dan pengalaman teman-teman sekalian? Jika ada dishare kesaya ya... he....

Comments :

1
Eka Soepadmo said...
on 

waktu saya masih kuliah juga seperti itu mau buat tulisan bingung mesti harus nanya kesana kemari

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar