Tuesday, May 20, 2014

Selamat Menunggu Pengumuman Kelulusan SMA, SMK dan MA

Hari ini merupakan hari dimana adek-adek yang mengecap pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan/MA menanti saat-saat yang paling menegangkan selama menjalani pendidikan kurang lebih 3 tahun disekolah. Tiga tahun bukanlah waktu yang lama untuk dijalani bagi orang-orang yang haus dengan pendidikan. Tidak terasa sekarang sudah berada diujung waktu menanti hasil selama berada disekolah yang anda percayakan untuk menggali ilmu. Hari ini, adek-adek bisa saja mendapatkan kegembiraan, namun bisa juga menerima kesedihan setelah mengetahui hasil yang disampaikan kepada anda semua. Ada yang nangis gembira ada pula yang nangis karena sedih tidak lulus.


Info Kelulusan merupakan satu informasi hasil penilaian dari kumulatif bobot penilaian yang adek-adek dapatkan dalam menjawab soal-soal yang diuji selama di sekolah, dan itu hanya berupa nilai angka. Sebenarnya, nilai yang paling penting disini adalah nilai-nilai dari ilmu dan pengalaman yang telah adek-adek dapatkan selama duduk dibangku sekolah tersebut. Tidak hanya nilai-nilai yang berupa angka dari masing-masing pelajaran, nilai-nilai yang terkandung dalam masing ilmu yang dipelajari, nilai-nilai budi pekerti yang telah dicontohi dari guru-guru yang ada di sekolah, nilai-nilai kemandirian, nilai-nilai pengalaman selama bergaul dengan lingkungan, teman-teman dan bahkan organisasi.

Coba tanyakan didalam diri masing-masing, "Apakah lebih mengedepankan nilai-nilai ujian (yang berupa angka), atau lebih mengedepankan nilai-nilai pengalaman pembelajaran yang telah menambah skill anda masing-masing". Beruntung bagi anda yang mengedepankan kedua-duanya, namun ketika orientasi anda hanya trefokus pada nilai angka saja, inilah yang banyak menyebabkan anda semua menjadi alumni-alumni yang memiliki mental yang lemah dalam menerapkan ilmu yang sudah anda pelajari di masyarakat, karena tidak begitu banyak yang bisa anda lakukan dimasyarakat yang berkaitan dengan ilmu-ilmu yang telah anda pelajari selama duduk dibangku sekolah. Sebaliknya, di dunia kerja, persaingan semakin hari semakin ketat. Tidak ada satu perusahaan atau tempat-tempat kerja yang ingin merekrut karyawan baru dengan skill yang lemah. Artinya, jika anda tidak hanya sekedar belajar pada saat proses pembelajaran, melainkan sungguh-sungguh dalam menerapkan ilmu tersebut serta tahu bagaimana mengimplementasikan ilmu tersebut, itulah anda yang merupakan alumni yang cerdas dan siap untuk menghadapi dunia berikutnya.

Akhirnya, kakak mengucapkan selamat menanti pengumuman kelulusan buat adek-adek kakak se-Nusantara dan selamat pula bagi adek-adek yang dinyatakan lulus. Bagi yang belum lulus, mungkin itu hanya sekedar penilaian yang kurang memenuhi standar minimalnya. Silahkan belajar lagi dan lakukan perbaikan diri. Semoga adek-adek kakak semuanya dapat meraih target-target hidup berikutnya sesuai dengan jalan masing-masing. Amiiin.

Comments :

0 Comments to “Selamat Menunggu Pengumuman Kelulusan SMA, SMK dan MA”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar