Thursday, December 4, 2008

Update Ilmu Untuk Mengajar

"Lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya..." Pepatah ini sungguh berkenaan dengan kegiatan yang sedang saya lalui. Bermodalkan kemampuan teori hasil dari autodidak dan ilmu-ilmu yang diperoleh dari kampus serta luar sekolah, berusaha untuk dapat memajukan pendidikan yang ada di Provinsi Riau ini khususnya bagi orang-orang yang membutuhkan ilmu seputar dunia komputer. Bagaimana tidak, mulai dari adek-adek saya yang ada di SMK Labor sampai para orang-orang tua yang sudah mencapai jenjang Strata tanpa saya sadari sudah pernah melakukan sharing ilmu bersama saya. Bukannya ingin memamerkan kemampuan atau apa-apa, disini saya hanya ingin sedikit memberikan motivasi kepada teman-teman yang lagi membaca artikel saya ini, bahwasanya kita hidup didunia ini lebih bermakna jika kita dapat saling membantu antara satu dengan yang lainnya. Jadi yang saya ceritakan ini hanyalah menceritakan apa yang telah saya alami selama saya merantau di tanah Riau ini hingga sekarang. 

Masalah mengajar disekolah atau kadang-kadang menjadi instruktur kecil, dari satu sisi saya merasakan lebih asyik mengajar orang dibawah umur saya jika dibandingkan saya mengajar orang-orang di atas umur saya. Tapi kadang kala kalau dipikir-pikir, memang lebih mudah mengajar orang-orang diatas umur jika dibandingkan dengan orang-orang dibawah umur. Yang jelas semuanya itu banyak sekali tantangan dan pengalaman yang saya dapati didalam saya melakukan proses kegiatan belajar/mengajar maupun instruktur. Jadi mau yang lebih tua ataupun yang lebih muda yang penting pengalamannya.

Jujur saja, saya merasakan tanggung jawab seorang guru merupakan tanggung jawab yang mulia didalam mencerdaskan anak bangsa, dan merupakan kegiatan yang tidak mudah dilakukan jika kita tidak memiliki disiplin ilmu dan skil yang memadai didalam mengajar. Apalagi menjadi seorang guru pada zaman sekarang ini. Mungkin bisa saja murid yang lebih hebat jika dibandingkan dengan gurunya. Menurut saya, orang yang hebat adalah orang yang lebih dulu menguasai informasi, apapun itu. Jadi jika kita tidak lebih duluan mengetahui informasi yang akan disampaikan kepada orang lain, maka niscaya kita akan menemui tantangan-tantangan yang berat dibandingkan dengan kita telah menguasai informasi yang akan disampaikan kepada orang lain tersebut. 

Saya berani mengatakan hal ini karena saya pernah merasakan bahwa ilmu yang selalu di update bagaikan panglima perang yang memiliki banyak strategi dalam medan perang. Bagaimana tidak... Jika orang tersebut menguasai informasi lebih cepat, maka orang tersebut lebih padat ngomongnya jika dibandingkan dengan orang yang jarang mengupdate informasi. Yang jelas tidak hanya sekedar teori, melainkan harus dibarengi dengan praktek. Apalagi ilmu yang akan diterapkan adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi seperti saat sekarang ini.

Jadi, jangan pernah berhenti mengupdate informasi (ilmu-ilmu) terbaru selagi kita masih bisa mendapatkan informasi-informasi tersebut. Dan jangan pernah berhenti untuk terus berusaha mencerdaskan anak bangsa ini dari segala keterpurukan...


Comments :

0 Comments to “Update Ilmu Untuk Mengajar”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar