Sunday, September 18, 2011

Cara Menyelesaikan Permasalahan Dengan Mudah

Hidup didunia ini pasti tidak pernah luput dari permasalahan, mulai dari permasalahan yang kecil sampai ke permasalahan yang sulit untuk dipecahkan. Sebenarnya tidak ada permasalahan yang sulit untuk dipecahkan jika kita mengetahui dengan benar akar dari permasalahan tersebut dan mengerti cara untuk menyelesaikannya. Permasalahan dalam hidup kita merupakan cobaan yang harus kita hadapi, bukan untuk diabaikan. Karena dengan cobaan, akan menambah kualitas hidup seorang manusia. Bagaikan sebuah soalan yang harus kita jawab dengan benar, begitu pulalah permasalahan yang kita hadapi, harus diselesaikan dengan cara yang baik dan hasil akhir yang sesuai dengan harapan kita.


Nah, bagaimana kalau kita dituntut untuk memutuskan suatu permasalahan ???

Saya ingat sebuah semboyan hidup, "Belajar dan Bekerja Keras, Serta Berani mengambil keputusan yang bijaksana". Semboyan tersebut sangatlah tepat untuk saya bahas pada tulisan ini, tapi tidak bisa terlalu panjang, cukup berdasarkan apa yang ada didalam fikiran saya. Maklum postingan ini juga ada kaitannya dengan apa yang saya alami.

Seperti pada paragraf pertama saya diatas, permasalahan apapun yang datang pada diri kita harus kita hadapi dengan pikiran yang jernih, tenang, konsentrasi dan pastinya harus cepat dalam memutuskannya. Biasanya, hal yang paling tersulit diantara pernyataan diatas adalah memutuskan atau mengambil keputusan dalam menyelesaikan permasalahan. Mengapa mengambil keputusan lebih sulit jika dibandingkan dengan hal-hal lain..?

Mengambil Keputusan Dengan Musyawarah - Kadang kala, mengambil sebuah keputusan tidak bisa berdasarkan hasil pemikiran kita sendiri, pasti melibatkan orang lain. Banyak permasalahan yang datang tidak bisa diselesaikan dengan kepala satu, tapi harus berembuk dan bermusyawarah dalam mencari solusi yang terbaik untuk permasalahan tersebut.

Mengambil Keputusan Dengan Fikiran Yang Jernih - Yang pastinya, untuk memutuskan suatu permasalahan harus dengan fikiran yang bersih dan jernih, agar apa yang akan diputuskan merupakan hasil dari pemikiran yang benar-benar mendatangkan hasil dan manfaat. Banyak orang yang mengambil keputusan tanpa memikir sebab-akibat yang akan terjadi di kemudian hari, karena hanya sekedar berfikir untuk mencari jalan keluar yang bersifat sementara.

Mengambil Keputusan Bukan Dengan Emosi - Jika mengambil sebuah keputusan hanya mengandalkan emosi dan ego yang ada dalam diri kita, niscaya penyelesaian masalah akan dilalui dengan cara-cara yang tidak diinginkan. Misalnya menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan kekerasan. Dan biasanya juga, orang yang memutuskan permasalahan dengan emosional akan mengakibatkan keputusan yang otoriter.

Mengambil Keputusan Dengan Bijaksana - Jika keputusan yang kita ambil tidak berat sebelah atau lebih bersikap adil, sebaiknya ketika kita memberi putusan harus bersifat bijaksana dan memikirkan orang-orang yang terlibat pada permasalahan yang sedang dihadapi. Tidak boleh menyelesaikan permasalahan dengan tidak mempertimbangkan keadilan orang lain. Yang jelas mengambil keputusan harus seadil-adilnya dan tidak boleh merugikan orang lain.

Tawakal Dan Berserah Diri Kepada Allah SWT - Jalan terakhir dalam meutuskan atau mengambil sebuah keputusan jika menemui jalan buntu adalah berserah diri kepada Allah SWT/Tawakal, tapi dengan syarat sudah diambang batas kemampuan kita dalam memikirkan jalan terbaik yang tidak diketemukan. Tawakal memang sangat tepat dilakukan karena kita sebagai hamba yang lemah mengadu untuk diberi petunjuk dan berserah diri ketika ujian dan cobaan yang berat datang menghampiri untuk dapat di mudahkan dalam menyelesaikannya.

Demikianlah artikel bebas yang saya luangkan dan luahkan dari fikiran saya dengan harapan bisa membuka kesadaran pada diri sendiri dan pembaca untuk menyadari arti permasalahan yang sering kita hadapi didalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah bahwa untuk menaikkan kualitas kita sebagai manusia di muka bumi ini adalah dengan menyelesaikan setiap permasalahan dengan jalan yang benar, waktu yang tepat dan yang pastinya dengan hasil yang bermanfaat dan dengan bijaksana. by @y3l

Comments :

5 Comments to “Cara Menyelesaikan Permasalahan Dengan Mudah”

Blog Keluarga Info said...
on 

semoga aku juga bisa belajar sob tentang hal ini...

Rausan said...
on 

tetapi terkadang dalam penerapan sehari-hari, terasa sangat sulitn digunakan. walau bagaimanapun saya suka poin kedua dan terakhir. salam kenal ya mas kahiril ^.^

attayaya said...
on 

manalaaah yg punya blog ini ga muncul2 di sekre

kejap je jadilah

Muhammad Azamsyah said...
on 

oom ayel...
dimana?

Anak Rantau said...
on 

saya percaya tak ada masalah yg tk ada pnyelesaiannya. Tapi kalo dah mentok ya pake poin trakhir hehe...

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar