Sunday, May 8, 2011

Jurusan Teknik Informatika (TI) UIN SUSKA RIAU

Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU
Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU
Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU Pekanbaru - Berikut saya paparkan sejarah singkat berdirinya Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU Pekanbaru yang didapatkan dari website UIN SUSKA RIAU.

Dengan keberadaan letak geografis Provinsi Riau yang strategis ternyata membawa dampak yang sangat positif bagi perkembangan daerah dan pertumbuhan ekonomi Provinsi, terutama di era otonomi daerah yang penguasaannya sudah diundang-undangkan sejak tahun 1999. Dibangunnya sejumlah daerah yang berpotensi menjadi kantong-kantong industri padat modal yang berlatar teknologi tinggi, seperti daerah Kabupaten Bengkalis (kota Dumai dan Duri), Siak dan Pelalawan telah meningkatkan, di satu pihak, volume arus lalu lintas barang-barang produksi dan komoditi dan, di pihak lain, mobilitas arus manusia yang mengakibatkan terjadinya akulturasi antara ide-ide intelektual dan kebudayaan internasional dengan ide dan kebudayaan masyarakat lokal.

Pembukaan daerah-daerah kantong industri padat modal yang berlatar teknologi tinggi ini banyak menyerap tenaga ahli yang berkompeten untuk menjalankan semua peralatan yang diperlukan dalam industri tersebut. Salah satu unsur tenaga ahli yang diperlukan adalah tenaga ahli teknik informasi, baik sebagai computer programmer atau software engineer, system analyst, network administrator dan web designer, database administrator, information technology engineer, maupun sebagai consultant information system dan information system manager.

Bahkan, melihat kepada kecenderungan terkini per-kembangan dunia teknologi informasi yang juga menghampiri sektor operasional bidang-bidang pemerintahan, perekonomian, pertanian, peternakan, komunikasi dan jasa, bisa dipastikan pemanfaatan tenaga-tenaga ahli teknik informatika menjadi salah satu keharusan yang tidak bisa dihindarkan, terutama pada tahun-tahun mendatang. Kenyataan ini akan semakin tidak terelakkan mengingat telah disetujuinya perjanjian AFTA yang menetapkan kawasan ASEAN sebagai zona perdagangan bebas sejak tahun 2003 dan dunia pada tahun 2020.

Sebagai jawaban konkrit terhadap perkembangan-perkembangan baru yang terjadi secara merata di seluruh Provinsi Riau, UIN Suska Riau yang merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi Islam membuka Jurusan Teknik Informatika sebagai bentuk partisipasi aktifnya dalam membina dan mendidik masyarakat, khususnya di Provinsi Riau, dengan keilmuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengisi dan mewarnai pembangunan dan perkembangan Provinsi Riau.

Baca Juga Artikel Terkait Berikut :
Daftar Fakultas dan Jurusan Yang Ada di UIN Suska Riau
Fakultas Sains Dan Teknologi - FASTE UIN SUSKA RIAU
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau
Info Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SUSKA Riau Pekanbaru

Comments :

0 Comments to “Jurusan Teknik Informatika (TI) UIN SUSKA RIAU”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar