Share to Facebook

Wednesday, May 4, 2011

Fakultas Sains Dan Teknologi - FASTE UIN SUSKA RIAU

Gedung Fakultas Teknik Sains dan teknologi UIN Suska Pekanbaru Riau
Gedung Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Suska Riau
Sejarah berdirinya Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fakultas Teknik UIN Suska (FASTE) didirikan pada akhir tahun 2001, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau ini didirikan sebagai persiapan perubahan status dari Institut Agama Islam Negeri Sulthan Syarif Qasim (IAIN SUSQA) Pekanbaru menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

Cikal bakal berdirinya Fakultas Sains dan Teknologi ini bermula dari dibukanya Jurusan Teknik Informatika pada tahun 1999 dan Jurusan Teknik Industri pada tahun 2001. Pendirian kedua jurusan tersebut berada di bawah naungan Fakultas Dakwah.

Dulunya fakultas sains dan teknologi atau yang lebih dikenal dengan sebutan FASTE ini dulunya bernaung di kampus UIN Sukajadi Jl. KH Ahmad Dahlan. Tapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan pembangunan kampus, Fakultas Sains dan teknologi ini dipindahkan gedung perkuliahannya ke kampus besar yang bernaung di Panam. Sekarang kampus UIN Sukajadi lebih di aktifkan sebagai tempat perkuliahan Pusat Bahasa dan Pasca Sarjana.

SK Rektor nomor: 163/R/2001 tertanggal 26 Desember 2001

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78).

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2005 tentang Perubahan IAIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2005 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

SK Dirjen Dikti nomor: DJ. II/26/2006 tertanggal 20 Februari 2006 tentang izin penyelenggaraan Program Studi jenjang S1.

Pada tahun 2002, dibentuk Jurusan Sistem Informasi dan Matematika Terapan, kemudian pada tahun 2003 dibentuk Jurusan Teknik Elektro dengan program studi Teknik Elektronika dan Teknik Telekomunikasi. Latar belakang pendirian Fakultas Sains dan Teknologi beserta jurusan-jurusannya adalah untuk merespon kebutuhan dunia usaha dan industri yang ada di Propinsi Riau, serta dalam rangka mengantisipasi pengaruh globalisasi dunia.

Baca Juga Artikel Terkait Berikut :
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau
State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Pekanbaru

Comments :

0 Comments to “Fakultas Sains Dan Teknologi - FASTE UIN SUSKA RIAU”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar