Monday, January 10, 2011

Ku Hidup Bukan Dengan Pujian Tapi Dengan Kritikan

Dabo Singkep Tengku Khairil Ahsyar
Sebagian orang, ada yang merasa senang dengan pujian dan ada pula yang merasa itu biasa-biasa saja. Namun ada pula orang yang merasa kalau pujian itu merupakan sebuah cambukan bagi dirinya. Pujian merupakan sanjungan yang mengungkapkan rasa kagum seseorang terhadap kelebihan atau keberhasilan orang lain. Dan pujian merupakan salah satu kebiasaan dari sifat manusia yang juga menjadi motivasi serta kehancuran bagi seseorang. Mengapa ada orang yang senang dengan pujian ?
Dan mengapa ada orang yang tidak senang dirinya untuk dipuji ? Sesuai dengan judul postingan saya kali ini, "Ku hidup bukan dengan pujian, tapi dengan kritikan"....

Bagi saya, pujian merupakan cobaan diri yang menguji apakah saya sadar akan segala kekurangan yang ada pada diri saya atau tidak. Salah satu sifat buruk saya yang hina adalah selalu puas dengan segala sesuatu yang telah saya raih, padahal belum tentu saya bisa mempertahankan kebaikan tersebut. Satu hal lagi, terkadang saya juga sering merasakan sayalah yang paling bisa atas segala-galanya, padahal dibelakang saya masih banyak orang-orang yang melebihi dari kapasitas kemampuan kemampuan saya.

Tidak banyak yang dapat saya lakukan ketika saya dipuji oleh orang lain. Serasa tidak pantas dan tidak tepat jika diri saya dipuji oleh orang lain. Masih banyak orang lain dibelakang saya yang harus dipuji, karena merekalah saya bisa mencapai satu kesuksesan. Mungkin kritikanlah yang tepat untuk saya terima, karena kritikan bisa menambah semangat dan motivasi saya untuk terus berusaha.

Salah satu yang yang membuat perubahan dalam hidup saya adalah pemikiran dan usaha keras. Selama ini, saya selalu menanamkan sifat bercermin dari diri saya sendiri dan orang lain. Bercermin dari diri sendiri dikala saya ingin mengukur batas kemampuan dan kelebihan saya. Bercermin atas orang lain, mengapa orang bisa yang tidak bisa.

Dan selama ini saya sangat sadar akan segala batas kemampuan saya dalam menghadapai kehidupan ini. Berawal dari kesuksesan yang tertunda, sampai dikritik oleh orang lain, semuanya sangatlah tergantung dari diri pribadi saya dalam menyikapinya. Yang jelas ketika saya sedang berada diatas dan seketika itu saya mendapat pujian, sayapun menganggap itu sebagai salah satu cobaan yang harus dilawan untuk terus berbuat kearah yang lebih baik. Sangat berat beban yang diterima ketika saya berada diatas. Satu hal yang mengingatkan saya akan beratnya mempertahankan sesuatu, orang tua saya mengingatkan, "Mempertahankan lebih sulit dari pada mendapatkan". Hal itu memang nyata dan memang benar adanya.

Berawal dari keterbatasan hingga melahirkan semangat baru yang memotivasi saya untuk terus menutupi segala kekurangan. Kritikan demi kritikan yang datang bertubi-tubi apakah dari keluarga maupun orang lain telah menjadi pemicu semangat saya untuk terus memperbaiki diri dan bercermin dari kekurangan utuk selalu berusaha. Tidak ada kata "Tidak bisa" sebelum saya berusaha dan melakukannya.

Comments :

10 Comments to “Ku Hidup Bukan Dengan Pujian Tapi Dengan Kritikan”

auraman said...
on 

selalu berpatokan pada ilmu padi mas,. makin berisi makin menunduk.. be better and do the best,

salam persohiblogan

sedjatee said...
on 

ada yang bilang:
pujian bisa memabukkan dan melenakan
kritikan malah membangkitkan semangat berubah
terserah, mana baiknya, hehehe....
salam sukses...

sedj

cucuharis said...
on 

kritik membangun
adalah motivasi tuk melakukan perbaikan :)

fadhlulhadi said...
on 

Tugas sudah selesai kak, mohon di cek :D

Rendy said...
on 

tugas tabel html sudah selesai kak :)

'Ne said...
on 

benar juga tergantung bagaimana kita menyikapinya.. adakalanya pujian itu memang dibutuhkan sebagai bentuk penghargaan dan pemicu semangat untuk membuat yg lebih baik.. dan kritikan dibutuhkan untuk lebih meningkatkan kualitas diri :-)

nice post :-D

budy said...
on 

KAK TUGAS UDH SELESAIII !!

yudi said...
on 

kak tugas sudah selesai mohon di komentar............... :)

sadidadalila said...
on 

terkadang pujian memang diperlukan sih ^^ apalagi untuk anak-anak. bisa melenakan pula. tergantung porsinya mungkin ^^ salam kenal kawan~

renal fandri said...
on 

kak tugas saya tela selesai
mohon di priksa kak.......................

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar