Wednesday, March 10, 2010

Lisensi Open Source

Untuk postingan kali ini saya masih mengangkat tajuk mengenai Open Source, setelah pada postingan sebelumnya saya membahas tentang "Sejarah Singkat Open Source" dan "Definisi Open Source", rasanya tidak lengkap kalau tidak membahas tentang "Lisensi Open Source". Postingan ini di maksudkan untuk mengetahui lebih dalam tentang Open Source itu sendiri. Berikut secara singkat beberapa lisensi umum pada open source software, diantaranya sebagai berikut :

- BSD (Berkeley Software Distribution)

Secara ringkas, pendistribusian dapat dilakukan sepanjang berhubungan dengan software, meliputi penggunaan propierty produk. Pencipta hanya ingin pekerjaan mereka dikenali dan tanpa memerlukan biaya. Hal ini menjadi penting karena lisensi ini tidak melibatkan beberapa pembatasan dengan menjamin dan berorientasi pada turunan awal open source.

- GPL (GNU General Public Licence)

Ini adalah lisensi bagi software yang bernaung dalam distribusi GNU Project. Saat ini masih dapat kita jumpai/menemukan banyak software yang tidak berkaitan dengan GNU Project. GPL secara hati-hati didesain untuk mempromosikan produk dari free software dan karena itu, secara eksplisit melarang beberapa tindakan pada software yang dapat merusak integrasi dari GPL software pada program proprietary (kepemilkan). GPL berdasar pada Undang-undang Internasional yang menjamin pelaksanaannya. Karakterisitik utama dari GPL meliputi pendistribusian, tapi hanya jika souce code itu tersedia dan juga dijamin serta mengijinkan pendistribusian source, mengijinkan modifikasi tanpa pembatasan dan integrasi lengkap dengan software lain.

- MPL ( Mozilla Public Licence )

Ini adalah lisensi yang dibuat oleh Netscape dalam mendistribusi kode dari Mozilla, versi baru dari navigator jaringan. Banyak respek yang mirip dengan GPL tetapi lebih berorientasi pada perusahaan level enterprise.

- Lainya seperti : Qt ( oleh Troll-Tech ), X Consortium dan lain-lain.

(Sumber : internet dan dijadikan sebagai Laporan Kerja Praktek kuliah)

Comments :

0 Comments to “Lisensi Open Source”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar