Thursday, July 30, 2009

Jaringan ICT Center Kabupaten Rohil

Jum'at malam tepatnya pada tanggal 24 Juli 2009 kemarin saya bersama dengan tim ICT Center Pekanbaru berangkat ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) untuk melakukan pemindahan BTS (Base Transfer Sistem). Kabupaten dengan beribukotakan Bagan Siapi-api ini merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau yang memiliki visi dan misi yang cukup tinggi akan pemberdayaan di bidang pendidikan khususnya teknologi informasi.

Oleh karena keterbatasan waktu dalam menangani jaringan (lama) yang ada di SMKN 1 Bangko sebagai sekolah yang menjadi BTS maka kedatangan tim ICT Center Pekanbaru kemaren cukup membantu sekali teman-teman ICT yang berada di Rohil.

Pada saat pelaksanaan tersebut, tidak hanya dilakukan perombakan jaringan di SMKN 1 Bangko saja, di SMAN 1 Bangko pun menjadi sasaran sebagai sekolah menengah atas yang juga memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan teknologi informasi dikalangan pendidikan yang ada di kabupaten Rokan Hilir.

Dengan semangat kerja tim ICT Pekanbaru dibantu dengan teman-teman dari tim ICT Rohil, alhamdulillah pekerjaan dapat dituntaskan selama lebih kurang empat hari dengan beberapa permasalahan-permasalahan yang dapat di tanggulangi secara bersama. Dan sekarang, dengan memiliki gedung sekolah yang baru, SMKN 1 Bangko Rokan Hilir telah memiliki koneksi jaringan pendidikan nasional.
Read more >>

Wednesday, July 29, 2009

Asal Mulanya Nama Facebook

Kemaren malam berselancar di dunia maya dan suntuk tiba-tiba aja datang. Trus, tergerak hati untuk refresing sejenak. Tinggal ketik aja di google keyword "Cerita Lucu" langsung deh ketemu situs ketawa dot kom. Trus saya buka tu website dan ketemu judul tentang facebook. Saya baca deh. Rupanya ceritanya memang lucu. Coba aja baca kalau ga' percaya. Ups... kalau mau dibaca silahkan ! Tapi kalau ga juga ga apa-apa. Sekedar mengutif cerita dari situsnya ketawa dot kom aja. Gini ne ceritanya...

Siapa sih yang tidak tahu Mark Zuckerberg. Yaa! dia adalah penemu sekaligus pembuat Facebook.com salah satu jejaring sosial yang dimiati banyak orang. Saat ini pun ia di nobatkan sebagai pemuda terkaya di dunia. Tapi tahukah anda kenapa si Mark ini menamakan site jejaring sosialnya dengan nama facebook.

Kita memang sering menggunakan facebook. Tapi gak pernah tahu facebook itu berasal dari mana. Kalau mau tahu, begini nih ceritanya.

Pada suatu hari Mark jalan-jalan ke Bandung. Dia berniat ke ITB tuk studi banding. Tapi sayangnya, ini perjalanannya yang pertama kali ke sana. Otomatis si mark ini bakalan kesasar.

Maklum waktu itu si mark belom sekaya saat ini. Namanya juga masih mahasiswa. Terus, di tengah kebingungannya menuju ITB, akhirnya ia mencoba bertanya-tanya dengan salah seorang tukang es cendol.

Karena stylenya tampang mahasiswa dan terpelajar, si mark pun berlagak kebingungan. Dia basa-basi beli es cendol tuh abang. "Bang, es cendolnya satu dong".

Nah, sembari menikmati es cendol, si mark pun iseng nanya si abang cendol,"bang tahu gak bang, kalo es cendol abang nih seger dan enak banget."

si abang pun tersenyum dan langsung bales,"ah, si ujang bisa ajah mujinya". Trus si mark bales lagi,"tahu gak bang, kalo abang jualan es cendolnya di ITB bakalan laku keras tuh bang."

Si abang bingung, karena perkataan si Mark tersebut. Mark pun kaget, khawatir salah bicara. Lalu Mark pun minta maaf seraya berkata, " bang, kenapa ada yang salah yah?".

Abang pun menjawab,"ah, si ujang gimana sih, saya kan sejak dolo sampe sekarang emang jualannya di depan pintu gerbang ITB."

Dengan wajah malu si mark ngomong,"ah, yang bener bang. Buktinya apa?".

Si abang negesin,"Ah, si ujang bagaimana seh, emangnya gak liat itu ada patung Ganesha (lambang ITB). MUKA BUKU (buka buku--bahasa sunda--) atuh, jaang. Tong malongo wae (jangan bengong ajeh)". si mark (GUBRRAKK!!).

setelah jatuh, mulai saat itu. kata yang terngiang di kepalanya cuman "MUKA BUKU". Sampai pada akhirnya si mark kembali ke negeri asalnya. Setelah selesai membuat site jejaringnya ia pun ingin menamakannya.

Dan tetap, pada waktu itu kata yang terngiang masih "MUKA BUKU", yang filosofinya, kalo ingin tahu sesuatu apapun yah harus buka buku, karena buku itu sumber ilmu dan perlu dibaca dan diketahui isinya.

Namun sayangnya kata "MUKA BUKU" terlalu sundanese banget. Pikir si mark,"ah, gue kan orang bule. Jadi gak ada salahnya kata "MUKA BUKU" gue translit jadi "FACEBOOK".
Read more >>

Tuesday, July 28, 2009

Daftar Serangan Teroris Di Indonesia

Belakangan ini Indonesia cukup digemparkan dengan kejadian yang seharusnya tidak terulang kembali. Berdasarkan pemantauan saya akan dunia teroris, Indonesia sudah mulai di rangking-rangkinkan oleh dunia luar tentang prestasi jelek ini. Sebagai imbasnya banyak sekali investor-investor luar yang ingin menanam modalnya di Indonesia jadi ketakutan dan trouma atas kejadian tersebut. Walaupun bukan berlokasi di kota di mana terjadinya pengeboman tersebut, namun banyak para investor asing yang sudah mulai tidak percaya dengan keamanan yang ada di Indonesia. Berikut daftar serangan teroris yang ada di Indonesia yang saya ambil informasinya dari wikipedia.

2000
  • Bom Kedubes Filipina, Jakarta 2000. 1 Agustus 2000, bom meledak dari sebuah mobil yang diparkir di depan rumah Duta Besar Filipina, Menteng, Jakarta Pusat. 2 orang tewas dan 21 orang lainnya luka-luka, termasuk Duta Besar Filipina Leonides T Caday.
  • Bom Kedubes Malaysia, Jakarta 2000. 27 Agustus 2000, granat meledak di kompleks Kedutaan Besar Malaysia di Kuningan, Jakarta. Tidak ada korban jiwa.
  • Bom Gedung Bursa Efek Jakarta 2000. 13 September 2000, ledakan mengguncang lantai parkir P2 Gedung Bursa Efek Jakarta. 10 orang tewas, 90 orang lainnya luka-luka. 104 mobil rusak berat, 57 rusak ringan.
  • Bom malam Natal 2000. 24 Desember 2000, serangkaian ledakan bom pada malam Natal di beberapa kota di Indonesia, merenggut nyawa 16 jiwa dan melukai 96 lainnya serta mengakibatkan 37 mobil rusak.


2001
  • Bom Plaza Atrium Senen, Jakarta 2001. 23 September 2001, bom meledak di kawasan Plaza Atrium, Senen, Jakarta. 6 orang cedera.
  • Bom Restoran KFC, Makassar 2001. 12 Oktober 2001, ledakan bom mengakibatkan kaca, langit-langit, dan neon sign KFC pecah. Tidak ada korban jiwa. Sebuah bom lainnya yang dipasang di kantor MLC Life cabang Makassar tidak meledak.
  • Bom sekolah Australia, Jakarta 2001. 6 November 2001, bom rakitan meledak di halaman Australian International School (AIS), Pejaten, Jakarta.


2002
  • Bom malam Tahun Baru 2002. 1 Januari 2002, Granat manggis meledak di depan rumah makan ayam Bulungan, Jakarta. Satu orang tewas dan seorang lainnya luka-luka. Di Palu, Sulawesi Tengah, terjadi empat ledakan bom di berbagai gereja. Tidak ada korban jiwa.
  • Bom Bali 2002. 12 Oktober 2002, tiga ledakan mengguncang Bali. 202 korban yang mayoritas warga negara Australia tewas dan 300 orang lainnya luka-luka. Saat bersamaan, di Manado, Sulawesi Utara, bom rakitan juga meledak di kantor Konjen Filipina, tidak ada korban jiwa.
  • Bom Restoran McDonald's Makassar 2002. 5 Desember 2002, bom rakitan yang dibungkus wadah pelat baja meledak di restoran McDonald's Makassar. 3 orang tewas dan 11 luka-luka.


2003
  • Bom Kompleks Mabes Polri, Jakarta 2003. 3 Februari 2003, bom rakitan meledak di lobi Wisma Bhayangkari, Mabes Polri Jakarta. Tidak ada korban jiwa.
  • Bom Bandara Cengkareng, Jakarta 2003. 27 April 2003, bom meledak dii area publik di terminal 2F, bandar udara internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. 2 orang luka berat dan 8 lainnya luka sedang dan ringan.
  • Bom JW Marriott 2003. 5 Agustus 2003, bom menghancurkan sebagian hotel JW Marriott. Sebanyak 11 orang meninggal, dan 152 orang lainnya mengalami luka-luka.


2004
  • Bom cafe, Palopo 2004, terjadi pada 10 Januari 2004 di Palopo, Sulawesi menewaskan empat orang.
  • Bom Kedubes Australia 2004, 9 September 2004, ledakan besar terjadi di depan Kedutaan Besar Australia. 5 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Ledakan juga mengakibatkan kerusakan beberapa gedung di sekitarnya seperti Menara Plaza 89, Menara Grasia, dan Gedung BNI.


2005
  • Dua Bom meledak di Ambon pada 21 Maret 2005

  • Bom Pamulang, Tangerang 2005, 8 Juni 2005, bom meledak di halaman rumah Ahli Dewan Pemutus Kebijakan Majelis Mujahidin Indonesia Abu Jibril alias M Iqbal di Pamulang Barat. Tidak ada korban jiwa.
  • Bom Bali 2005, 1 Oktober 2005, bom kembali meledak di Bali. Sekurang-kurangnya 22 orang tewas dan 102 lainnya luka-luka akibat ledakan yang terjadi di R.AJA's Bar dan Restaurant, Kuta Square, daerah Pantai Kuta dan di Nyoman CafĂ© Jimbaran.
  • Pemboman Palu 2005, 31 Desember 2005, bom meledak di sebuah pasar di Palu, Sulawesi Tengah yang menewaskan 8 orang dan melukai sedikitnya 45 orang.
2009
  • Bom Jakarta 2009, 17 Juli 2009, dua ledakan dahsyat terjadi di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, Jakarta. Ledakan terjadi hampir bersamaan, sekitar pukul 7.00 WIB.
Read more >>

Friday, July 24, 2009

Info Ujian Nasional 2010


Informasi ujian nasional 2010 atau info un tahun 2010 untuk tingkat Sekolah Menengah Atas ( SMA ) atau Sekolah Menengah Umum( SMU ) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) tentang pengumuman informasi ujian nasional 2010 atau info un 2010 telah banyak memberikan informasi tentang ujian-ujian yang dilakukan oleh siswa-siswi tingkat SMA, SMU, SMP, SLTP, SD atau Sekolah sederajatnya.

Menu :
info ujian nasional 2010, info ujian nasional 2011, info ujian nasional 2012, info ujian nasional 2013, info ujian nasional 2014, info ujian nasional 2015,
Informasi Ujian Nasional 2010, Informasi Ujian Nasional 2011, Informasi Ujian Nasional 2012, Informasi Ujian Nasional 2013, Informasi Ujian Nasional 2014, Informasi Ujian Nasional 2015. adalah sebenarnya untuk menembak keyword tentang informasi kelulusan siswa siswi tentang info un 2010, info un 2011, info un 2012, info un 2013, info un 2014, info un 2015

info ujian nasional 2010, info ujian nasional 2011, info ujian nasional 2012, info ujian nasional 2013, info ujian nasional 2014, info ujian nasional 2015,
Informasi Ujian Nasional 2010, Informasi Ujian Nasional 2011, Informasi Ujian Nasional 2012, Informasi Ujian Nasional 2013, Informasi Ujian Nasional 2014, Informasi Ujian Nasional 2015. adalah sebenarnya untuk menembak keyword tentang informasi kelulusan siswa siswi tentang info un 2010, info un 2011, info un 2012, info un 2013, info un 2014, info un 2015

info ujian nasional 2010, info ujian nasional 2011, info ujian nasional 2012, info ujian nasional 2013, info ujian nasional 2014, info ujian nasional 2015,
Informasi Ujian Nasional 2010, Informasi Ujian Nasional 2011, Informasi Ujian Nasional 2012, Informasi Ujian Nasional 2013, Informasi Ujian Nasional 2014, Informasi Ujian Nasional 2015. adalah sebenarnya untuk menembak keyword tentang informasi kelulusan siswa siswi tentang info un 2010, info un 2011, info un 2012, info un 2013, info un 2014, info un 2015

info ujian nasional 2010, info ujian nasional 2011, info ujian nasional 2012, info ujian nasional 2013, info ujian nasional 2014, info ujian nasional 2015,
Informasi Ujian Nasional 2010, Informasi Ujian Nasional 2011, Informasi Ujian Nasional 2012, Informasi Ujian Nasional 2013, Informasi Ujian Nasional 2014, Informasi Ujian Nasional 2015. adalah sebenarnya untuk menembak keyword tentang informasi kelulusan siswa siswi tentang info un 2010, info un 2011, info un 2012, info un 2013, info un 2014, info un 2015

info ujian nasional 2010, info ujian nasional 2011, info ujian nasional 2012, info ujian nasional 2013, info ujian nasional 2014, info ujian nasional 2015,
Informasi Ujian Nasional 2010, Informasi Ujian Nasional 2011, Informasi Ujian Nasional 2012, Informasi Ujian Nasional 2013, Informasi Ujian Nasional 2014, Informasi Ujian Nasional 2015. adalah sebenarnya untuk menembak keyword tentang informasi kelulusan siswa siswi tentang info un 2010, info un 2011, info un 2012, info un 2013, info un 2014, info un 2015

info ujian nasional 2010, info ujian nasional 2011, info ujian nasional 2012, info ujian nasional 2013, info ujian nasional 2014, info ujian nasional 2015,
Informasi Ujian Nasional 2010, Informasi Ujian Nasional 2011, Informasi Ujian Nasional 2012, Informasi Ujian Nasional 2013, Informasi Ujian Nasional 2014, Informasi Ujian Nasional 2015. adalah sebenarnya untuk menembak keyword tentang informasi kelulusan siswa siswi tentang info un 2010, info un 2011, info un 2012, info un 2013, info un 2014, info un 2015
Read more >>

Polusi Udara Pengaruhi IQ Anak

POLUSI udara tak hanya memicu munculnya berbagai penyakit pernapasan. Udara yang tercemar ternyata juga memengaruhi tingkat kecerdasan atau intelligence quotient (IQ) seseorang. Sebuah penelitian Columbia Centre for Children's Environmental Health mendapati bahwa polusi udara erat kaitannya dengan IQ seorang anak.

Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa ibu hamil yang banyak menghirup udara kotor berisiko melahirkan anak dengan IQ yang rendah. Penelitian dilakukan dengan responden 249 anak yang semasa hamil ibunya tinggal di kota New York. Pada bulan-bulan terakhir kehamilannya, para ibu hamil itu mengenakan tas monitor kualitas udara.

Mereka setiap harinya menghirup udara yang kotor karena knalpot kendaraan dan alat buangan gas. Setelah anak-anak tersebut berusia 5 tahun dan mulai masuk sekolah, mereka diminta mengikuti tes IQ.

Ternyata, anak yang saat hamil ibunya paling banyak terpapar polusi memiliki nilai IQ 4-5 poin lebih rendah dibandingkan anak yang kurang terkena polusi.

Ketua tim peneliti Frederica Perera mengatakan, perbedaan tingkat kecerdasan mereka di sekolah begitu terlihat. Dr Michael Msaal, dokter spesialis anak dari Universitas Chicago, yang tidak terlibat dalam penelitian mengatakan, meski berpengaruh, bukan berarti anak yang terkena polusi tidak akan bisa membaca atau menulis. Hanya saja ia mengingatkan mereka yang tinggal di daerah dengan polusi udara tinggi memiliki risiko kesehatan yang lebih besar.

Patrick Breysse, spesialis kesehatan lingkungan dari Johns Hopkins School of Public Health, mengatakan memang butuh penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan hubungan polusi udara dan tingkat IQ.

Namun, ia berpendapat, polusi udara memiliki dampak buruk pada perkembangan otak janin. Patrick juga menambahkan, selain faktor polusi udara, faktor lain juga perlu diperhatikan, kondisi ekonomi yang rendah, misalnya. Kedua faktor itu mungkin bisa menjawab mengapa anak-anak tersebut memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah. (Oke Zone)
Read more >>

Semangat Baru Di Tahun Ajaran Baru

Sudah setahun pengalaman mengajar di SMK Labor. Walaupun dengan keterbatasan ilmu yang diajarkan namun semangat tetap harus kuat untuk mentransferkan ilmu pendidikan yang pernah dipelajari di kampus maupun di ICT Center atau mungkin ilmu yang pernah di dapatkan pada saat masih mengecap pendidikan di bangku sekolah menengah atas dulunya. Yach... itulah salah satu usaha juga untuk mencerdaskan anak-anak bangsa agar supaya tidak tertinggal dengan daerah-daerah lain.

Di tahun ajaran baru ini sepertinya harus lebih banyak lagi membuat inovasi-inovasi baru untuk lebih dapat memberikan yang terbaik kepada anak didik. Sebagai contoh dengan memanfaatkan spektrum pendidikan yang baru, saya harus lebih menyesuaikan panduan mengajar dengan kondisi yang dibutuhkan oleh dunia kerja seperti saat sekarang ini maupun dimasa yang akan datang. Yang jelas semangat yang tinggi untuk mentransfer ilmu kepada anak didik saya harus tetap ada dalam jiwa saya sebagai seorang pengajar di dunia IT.
Read more >>

Diklat Joomla Di BPKB

Tanggal 10 Juli 2009 yang lalu, saya diberi kepercayaan untuk memberikan diklat buat bapak-bapak dan ibu-ibu dari Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Kegiatan berlangsung sekitar 4 hari di gedung Dinas Pendidikan Provinsi Riau tepatnya di gedung Balai Pengembangan Kegiatan Belajar(BPKB). Memang ini bukan merupakan diklat saya yang pertama, tapi cukup banyak memberikan saya pengalaman dalam menyampaikan ilmu kepada orang lain. Apalagi orang yang disampaikan itu adalah orang-orang yang umurnya diatas saya.
Read more >>

Jalan-jalan Ke Kuantan Singingi

Rabu malam tepatnya tanggal 15 Juli 2009 setelah kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) berakhir, saya bersama teman-teman dari Staf Tata Usaha (TU) SMK Labor Pekanbaru pergi jalan-jalan ke Kuantan Singingi. Sebuah Kabupaten dengan nama lainnya Taluk Kuantan ini merupakan kabupaten yang dulunya terkenal dengan salah satu kota pelajar yang termasyur di propinsi Riau. Disana banyak sekali tempat-tempat bersejarah dan tempat-tempat yang cocok sekali untuk melakukan wisata alam. Salah satu yang terkenal adalah perlombaan pacu jalur yang diadakan di Sungai besar Kuantan Singingi.

Perjalanan kurang lebih selama 4 jam tidak terasa melelahkan karena telah diobati dengan pemandangan indah selama di perjalanan. Perjalanan kali ini merupakan perjalanan saya yang ke tiga kalinya selama saya berada di Pekanbaru. Namun kali ini perjalanan saya memang untuk merilekskan pikiran saya selama melakukan kesibukan di masa libur penerimaan siswa baru. Rasanya tidak pernah bosan untuk saya dapat berkunjung kembali di Kabupaten tersebut.
Read more >>

Thursday, July 23, 2009

Sory Karena Bloggku Jarang Di Update

Sebelumnya saya ingin minta maaf buat teman-teman blogger sekalian yang berkunjung atas tidak updatenya blog saya belakangan ini. Maklum, dikarenakan ada beberapa pekerjaan yang bikin saya tidak bisa untuk memecahkan konsentrasi berfikir dan ditambah lagi leletnya koneksi internet belakangan ini yang juga menurunkan semangat saya untuk meng-update blog saya.
Setelah pencontrengan presiden ini saya harap saya bisa lebih rajin lagi meng-update blog saya dan berinteraksi dengan teman-teman blogger lainnya...
Read more >>

Wednesday, July 8, 2009

Nyontreng Presiden Nich...

Wah tidak terasa waktu nyontreng sudah tiba. Sebelumnya saya ucapkan SELAMAT MENYONTRENG buat teman-teman yang pengen nyontreng. Awas dan hati-hati jangan sampai salah contreng takutnya nanti contreng sana contreng sini, eh... bukan itu maksudnya, maksudnya jangan sampai salah pilih capres yang akan dicontreng. Maklumlah, sekarang ini kita harus hati-hati dalam memilih capres. Kadang ada beberapa capres yang tidak tahu malu menjual diri mereka dengan komat-kamit sana sini, memajang-majangkan foto mereka dan banyak mengeluarkan uang agar dipilih sebagai pemimpin rakyat, padahal kemampuan mereka sedikitpun tidak memadai. Mengemis didepan rakyat dengan setiap kampanyenya, selalu memberikan dana sosial yang bersifat timbal balik agar pada waktu nyontreng berharap kita akan memilih mereka,bukan dana sosial yang benar-benar ingin membantu rakyat. Satu hal lagi yang kurang pas dihati kecil saya, banyak sekali janji-janji yang diucapkan dari mulut para capres dengan janji-janji muluk yang ingin membantu rakyat agar setelah ia dipilih, rakyat akan hidup senang. Tapi nyatanya setelah ia terpilih tidak ada satupun janji-janji yang pernah ia ucapkan terealisasi dengan baik. Singkat kata, nyontreng ataupun tidak nyontreng tolong dipikir-pikir dulu sebelum salah mengambil keputusan dan jadilah sebagai warga negara yang baik yang selalu taat pada peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah kita. Met... nyontreng aja buat semua !
Read more >>

Yang Paling Banyak Dicari

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar