Friday, February 20, 2009

Konfigurasi Web Server Pada Debian Woody

Web Server merupakan sebuah server yang berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari klien yang menggunakan aplikasi web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web server yang sekarang cukup terkenal dan bersifat open source adalah Apache. Sedangkan Internet Information Service (IIS) merupakan web server yang dikeluarkan oleh Microsoft dengan lisensi Microsoft pula. Apache merupakan web server yang handal dan dapat berjalan baik pada platform yang berbeda (Misalnya : Linux, Windows dll), sedangkan IIS hanya dapat beroperasi pada sistem operasi Windows Saja.

Disini saya beranggapan bahwasanya anda telah mengkonfigurasi DNS server dan siap untuk digunakan. Sebelum mengkonfigurasi web server, terlebih dahulu instal paket untuk web server. Ingat, untuk paket dan versi yang anda gunakan, sesuaikan dengan kebutuhan server anda. Disini saya hanya menjelaskan tentang konfigurasi yang intinya saja. Untuk kelanjutannya, tunggu artikel/tutorial saya yang berikutnya. Cara mengistal paket Web server (saya nginstalnya langsung sekali gus)
ayel-blog:~# apt-get install apache php4 mysql
Setelah terinstal paket-paket diatas tersebut, yang pertama yang harus anda lakukan adalah mengkonfigurasi file : httpd.conf yang berada didalam direktori /etc/apache.
ayel-blog:~# vi /etc/apache/httpd.conf
Kemudian cari script dibawah ini dan hilangkan tanda (#) didepan script tersebut untuk mengaktifkannya
LoadModule php4_module /usr/lib/apache/1.3/libphp4.so
Ingat, ini ada kaitannya dengan konfigurasi php, biasanya baris ini sudah secara otomatis diaktifkan atau tanda (#) nya sudah dihapus secara otomatis, jadi anda tinggal memeriksa saja apakah sudah aktif atau belum. Jika belum, silahkan hapus tanda (#) untuk mengaktifkan script tersebut. Setelah itu cari baris port dan sesuaikan dengan port yang akan anda terapkan pada web server anda. Dalam hal ini default portnya adalah port 80. Setelah itu cari juga baris ServerAdmin dan ganti dengan alamat email admin yang menangani masalah web server yang anda punya. Ex :
port 80
ServerAdmin webmaster@ayel-blog.org
Jangan lupa cari juga baris ServerName, isikan sesuai dengan servername yang ada pada server DNS yang anda buat sebelumnya, hal ini ada kaitannya dengan posting mengenai Konfigurasi DNS Server Pada Debian Woody, dan yang saya buat berikut ini sesuai dengan postingan sebelumnya. Kemudian tambahkan index.php atau file yang anda inginkan untuk dibaca secara otomatis didalam DirectoryIndex, dalam hal ini maksud kita menambahkan index.php agar supanya file index.php yang berada di dalam direktori public_html terbaca secara otomatis. Anda juga Bisa menambahkan nama file yang lain sesuai dengan yang anda inginkan atau nama file index yang sering digunakan, misalnya : home.html, index.asp, index.ayel dan lain-lain). Ex:
DirectoryIndex index.html index.htm index.php home.html
Setelah menambahkan file index diatas, langkah selanjutnya tambahkan baris dibawah ini pada baris terakhir dari file httpd.conf. Ex :
NameVirtualHost 172.28.14.1
< VirtualHost 172.28.14.1 >
ServerName ayel-blog.org
ServerAlias www.ayel-blog.org
DocumentRoot /home/ayel/public_html
ServerAdmin webmaster@ayel-blog.org
< /VirtualHost >
< VirtualHost >
ServerName blog.ayel-blog.org
DocumentRoot /home/blog/public_html
ServerAdmin webmaster@ayel-blog.org
< /VirtualHost >
Script diatas merupakan script minimalis yang ada pada web server yang akan anda buat. Jangan lupa untuk menggantikan alamat domain sesuai dengan yang anda punya. Misalkan pada domain ayel-blog.org, silahkan ganti dengan yang anda punya dan sesuaikan pula dengan IP yang sudah anda set terlebih dahulu. Jika anda ingin menambahkan lagi VirtualHost, silahkan tambah pada akhir baris selanjutnya sesuai dengan domain yang telah anda buat pada file database dns anda. Setelah selesai, simpan hasil konfigurasi anda dan buatlah direktori public_html didala direktori /etc/skel. Caranya :
ayel-blog:~# mkdir /etc/skel/public_html
Fungsi dari kita membuat direktori public_html di dalam direktori /etc/skel adalah agar pada saat kita menambahkan/membuat user baru, direktori public_html akan secara otomatis di tambahkan didalam direktori usernya /home/nama_user/public_html. Langkah selanjutnya adalah menambahkan/membuat user baru (user ayel dan user blog), caranya :
ayel-blog:~# adduser ayel (enter, dan isikan passwordnya)
ayel-blog:~# adduser blog (enter, dan isikan passwordnya)

Setelah semuanya selesai, jangan lupa untuk merestart web server anda dengan menggunakan perintah :
ayel-blog:~# /etc/init.d/apache restart
Setelah anda selesai merestart web server anda, langkah selanjutnya adalah menguji web server yang telah anda buat. Caranya, buka web browser anda (Misalnya : Internet Exploreer, Opera, Firefox, dll) dan ketikkan diaddress http://www.ayel-blog.org. Jika pada tampilan web browser anda yang keluar adalah Index Of, maka web server anda sudah jalan, dan langkah selanjutnya anda tinggal meng upload data-data web yang anda punya.

Ingat...! tulisan yang saya buat ini adalah untuk mengingat kembali apa yang pernah saya lakukan. Jadi jika terdapat kesalahan ataupun error yang terjadi pada komputer konfigurasi yang anda lakukan, silahkan isi komentar dibawah ini, atau dapat bertanya lewat kontak e-mail yang ada di blog ini. Jangan lupa untuk berbagi ilmu dengan orang lain jika ilmu yang sedang anda baca ini bermanfaat. Semakin banyak anda memberikan ilmu kepada orang yang membutuhkan, maka semakin kokoh ilmu yang anda punya. Thnks...!

Comments :

0 Comments to “Konfigurasi Web Server Pada Debian Woody”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar