Sunday, February 1, 2009

Driver Ethernet Card di Linux Debian Woody

Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwasanya artikel yang saya buat ini adalah berbasis Linux berbasis undertext. Jadi saya mohon maaf bagi teman-teman yang sudah terbiasa dengan tampilan GUI. Alasan saya membahas konfigurasi ini pada tampilan undertext adalah biar lebih secure sistem yang kita gunakan.

Oke... sebelum menginstal driver ethernet card-nya, lihat dulu informasi tentang driver ethernet card yang sedang kita gunakan, caranya anda bisa lihat secara langsung dengan membuka kesing komputernya dan lihat nama driver ethernet card yang terpasang (tapi cara ini tidak saya rekomendasikan). Cara yang lebih mudah dan gampang serta tidak harus membuka kesing komputer adalah dengan menggunakan perintah "lspci". Anda tinggal melihat informasi tentang perangkat apa saja yang telah terinstal pada sistem komputer anda. Seperti pada gambar dibawah ini:

lspci


Jika belum terinstall, silahkan ketik perintah "modconf" pada console untuk memilih dan menginstal driver untuk ethernet card kita.

modconf


Setelah itu pilih "kernel/drivers/net" dan "Ok".

modconf_select_driver


Langkah selanjutnya adalah pilih driver ethernet card dan kemudian "Ok".

modconf_select_driver_eth


Apabila muncul konfirmasi "Install this module in the kernel ?", pilih "Yes".

modconf_select_driver_eth_confirmation


Kemudian ketikkan beberapa argument (boleh diisi dan boleh juga diabaikan) lalu pilih "OK".

modconf_select_driver_eth_confirmation_argument


Jika driver yang kita pilih sesuai dengan ethernet card yang kita punya maka akan tampil "Installation succeeded." yang menandakan bahwa driver telah terinstal, kemudian tekan "Enter", dan pilih "Exit" dan pilih "Exit" sekali lagi untuk  keluar dari tampilan "modconf".

modconf_select_driver_eth_confirmation_succeeded

Tapi jika driver yang di instal tidak sesuai dengan ethernet card yang kita punya, maka akan tampil pesan "Installation failed.". Dan anda harus kembali lagi pada menu tampilan pemilihan driver dan pilih lagi driver yang sesuai dengan ethernet card yang telah terpasang.

modconf_select_driver_eth_confirmation_failed

Selamat mencoba…

Comments :

0 Comments to “Driver Ethernet Card di Linux Debian Woody”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar