Sunday, December 7, 2008

Kecerdasan Otak Manusia

Gambar otak manusia...Manusia hidup didunia ini tidak terlepas dari daya fikir manusia untuk berusaha berbuat sesuatu yang lebih baik dan bersifat menguntungkan. Bagaimana tidak, otak sebagai sentral pengendali perbuatan manusia haruslah terus dilatih dan dijaga agar dapat berfungsi secara maksimal dan dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang bersifat menguntungkan, bukan kearah yang tidak menguntungkan. Sebagaimana yang kita ketahui didunia ini hanya ada 2 perbuatan, yakni baik dan buruk (negatif dan positif).

Otak manusia pada dasarnya terdiri dari 2 belahan, yang pertama adalah belahan sebelah kiri dan yang satunya lagi adalah belahan sebelah kanan. Adapun belahan otak yang sebelah kiri sering melakukan perbuatan-perbuatan yang bersifat logika, perkataan, angka, daftar dan urutan. Sedangkan otak yang sebelah kanan melakukan perbuatan yang bersifat keindahan, irama, angan-angan, perbedaan warna, dll.

Jadi jika kita lagi sedang belajar atau berfikir kearah logika maka otak yang bekerja adalah otak belahan kanan, dan jika yang kita lakukan adalah sesuatu hal yang bersifat imajinasi, visualisasi dll otak yang bekerja adalah otak belahan kanan.

Otak manusia agar dapat bekerja secara maksimal haruslah terus dilatih dan di beri masukan, masukan yang dapat diterima oleh otak diantaranya adalah :

Oksigen yang cukup

Oksigen sangatlah dibutuhkan oleh otak, jika otak kekurangan oksigen, maka kita akan sering terasa malas, mengantuk dan lebih gawatnya tidak mau berfikir. Salah satu cara untuk mengadopsi oksigen ke otak adalah dengan melakukan gerakan-gerakan atau dalam hal ini sering-seringlah kita berolahraga, karena dengan berolah raga atau melakukan gerakan-gerakan akan menggerakkan darah keotak dengan membawa oksigen. Jadi berolahraga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh kita pada umumnya dan otak pada khususnya. Sebaliknya janganlah selalu menghirup udara yang kotor. Misalkan merokok, atau menghirup polusi udara yang lainnya.

Nutrisi yang baik

Nutrisi bagi otak memang wajib, jika kita tidak tidak memasukkan nutrisi kedalam tubuh kita, otak tidak akan dapat tumbuh dan berkembang. Adapun nutrisi yang bergizi dapat memicu perkembangan otak dengan kehadiran zat-zat yang sangat diperlukan oleh hormon otak. Diantaranya seperti  DHEA dan DHA. Jadi jangan sungkan-sungkan untuk makan makanan yang bergizi.

Informasi-informasi yang bermanfaat

Selain Oksigen dan Nutrisi, otak juga membutuhkan informasi-informasi. Informasi-informasi yang bermanfaat sangatlah penting bagi otak untuk melatih daya fikir manusia. Jika otak tidak dilatih untuk berfikir maka otak manusia akan berkarat dan akan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kepintaran manusia ditentukan dari kecerdasan otaknya. Untuk melatih itu, seseorang tidak hanya dapat melakukannya di tempat-tempat formal saja melainkan dapat juga dilakukan dari keingin sendiri untuk belajar dan mencari sesuatu yang baru.

Perhatian dan Kasih Sayang

Otak merupakan bagian tubuh manusia yang paling sensitif. Misalkan pada waktu kita belajar, kadangkala otak tidak mau menerima ilmu-ilmu yang kita pelajari pada saat kita dalam keadaan tidak tenang. Biasanya otak lebih mau menerima ilmu-ilmu yang kita pelajari pada saat kita merasa rileks, tenang dan santai dalam menerima ilmu. Nah... jadi bukan manusia pada umumnya saja yang membutuhkan kasih sayang dari orang lain, otak juga harus diberi kasih sayang yang cukup agar supaya mampu menerima informasi-informasi yang dibutuhkan oleh manusia tersebut. Jadi... Sayangilah otak demi kehidupan kita yang lebih baik...

Comments :

0 Comments to “Kecerdasan Otak Manusia”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar