Wednesday, April 16, 2014

Permainan Rakyat Adu Biji Karet Di Kampus

Setelah menyelesaikan kelas Analisis Jaringan Komputer, kamipun langsung bergegas ke kantin Ilkom untuk mengisi kampung tengah. Karena tidak ada perkuliahan lagi, kamipun perginya agak sedikit menyantai. Yah... sekitar sepuluh oranglah. Dipertengahan jalan, salah seorang teman iseng mengambil biji karet yang bertaburan di jalanan yang tidak jauh berada di areal pohon karet (kalau di kampung saya namanya biji para), diambilnya dan rupanya teman-teman yang lain juga pada kepincut untuk ikut mencari biji karet tersebut, termasuk saya. Rupanya, teman yang pertama mengambil biji karet tersebut mengajak teman saya yang lainnya yang juga ikut mencari biji tersebut untuk di adu kekuatannya, di tindih atas bawah, setelah itu di tekan/tokok dengan menggunakan tangan, siapa yang pecah dia kalah.
Melihat uniknya permainan tersebut, sayapun otomatis ikut dalam permainan tersebut, namun biji yang saya punya tidak sekuat biji karet yang dimiliki oleh teman-teman saya yang lain. Dan sebenarnya, yang lebih membuat saya tidak habis pikir adalah, kok pengen ya teman-teman saya melakukan permainan tersebut, sampai-sampai ada yang sengaja memasukkan dirinya ke parit kecil yang kering tidak berair untuk mengadu bijinya dengan biji teman-teman yang lain. Memang sih permainannya unik, namun yang lebih unik lagi permainan tersebut dimainkan oleh orang-orang yang sedang menjalani pendidikan S2, alias sudah pada berumur semua. Ini yang membuat saya tertarik untuk mendokumentasikan kejadian tersebut di HP saya melalui video (Maaf videonya ga' bisa saya upload).

Hikmah yang bisa diambil untuk pengalaman saya hari ini bersama teman-teman diantaranya adalah:
1. Mengingat kembali memori silam sewaktu kecil dalam bermain biji karet
2. Melestarikan kembali permainan rakyat jenis "Adu Biji Karet"
3. Menyembuhkan stress perkuliahan
4. Melupakan sejenak usia tua
5. Menambah keakrabah sesama teman
6. Melatih kemampuan strategi personal
7. Melatih kepercayaan diri
8. Menghibur teman-teman yang lain
9. Melatih otot tubuh khususnya tangan (bagi yang melakukan eksekusi permainan)
10. Sharing ilmu bagi teman-teman yang belum tau dengan permainan tersebut, terutama memperkenalkan kepada internasional kalau di Indonesia ada permainan rakyat "Adu Biji Karet", minimal orang Thailand tau kalau di Indonesia ada permainan jenis tersebut.
11. Dan lain-lain.

Akhir kata, ini hanya sekedar curahan hati saya hari ini. Dan bagi teman-teman yang keberatan silahkan kasi komentar di bawah ini. Salam kompak Ilkom 2013...

Comments :

1
PRofijo said...
on 

MEngenang masa lalu :)

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar