Thursday, November 8, 2012

Seminar Green ICT for Sustainable Development

Seminar Green ICT for Sustainable Development - Hari ini dapat lagi pengalaman baru setelah mengikuti seminar tentang Green ICT yang bertaraf internasional di gedung Islamic Center Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau - Pekanbaru. Adapun seminar tersebut bertajukkan "Green ICT for sustainable development" (tadi tanggal 7 November 2012). Pembicaranya sangat berpengalaman akan penerapan green ICT yang berasal dari Australia National University (President of the Australian Computer Society and Green ICT Expert of ANU) bernama Mr. Tom Worthington dan Bapak Idris Feltkamp Sulaiman. (Foto narasumber dapat di lihat dibawah ini)

Tom Worthington
Idris Feltkamp Sulaiman
Green ICT (Green IT atau Green Computing) adalah studi dan praktek menggunakan komputer dan telekomunikasi dengan cara yang memaksimalkan manfaat lingkungan yang positif dan meminimalkan dampak-dampak negatif. Efisiensi energi pada peralatan-peralatan yang biasa kita gunakan pada saat bekerja merupakan perhatian utama dari Green ICT (sumber diambil dari slide presntasi seminar). Pada saat seminar berlangsung, banyak alat-alat yang di demokan yang seharusnya menjadi pertimbangan kita untuk bisa beralih ke penghematan energi. Diantaranya seperti lampu senter yang tanpa menggunakan cas dan baterai, seperti pada gambar dibawah ini :
PC TrickleSaver yang digunakan untuk menghemat energi listrik (bisa digunakan pada PC atau laptop),
dan masih banyak lagi peralatan demo lainnya. Setelah mengikuti seminar tersebut, hal yang paling utama dan terpenting adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran diri akan green ICT. Apalagi bagi kita yang lebih banyak berhadapan dengan teknologi-teknologi yang telah hadir di kehidupan sehari-hari seperti saat sekarang ini. Sulit rasanya jika ingin menerapkan green ICT kalau kita masih belum sadar akan dampak dari pemborosan energi yang tanpa kita sadari setiap hari sering kita lakukan. 

Sekian dulu cerita-cerita seputar seminar yang telah saya ikuti di Gedung Islamic Center Universitas Islam Negeri Riau - Pekanbaru yang bertemakan Green ICT for Sustainable Development. Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk sadar akan penghematan energi yang biasa kita gunakan agar anak cucu kita dapat merasakan kehidupan yang hijau dimasa depan nanti.

Comments :

0 Comments to “Seminar Green ICT for Sustainable Development”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar