Friday, August 19, 2011

Kode Pesan Error Pada Web Server (HTTP Error 404, 403, 500, 503 dll)

Kode Pesan Error Pada Web Server (HTTP Error 404, 403, 500, 503 dll)
Apa Maksud Kode Pesan Error Pada Web Server (HTTP Error 404, 403, 500, 503 dll) - Kadang kala anda sering mumet gara-gara pada saat browsing di internet mengalami Error atau masalah-masalah seperti pada koneksi jaringan internet yang lambat, masalah web browser, masalah web server dimana tempat anda mengakses dan permasalahan-permasalahan lainnya. Nah, disini saya ingin sedikit mengajak teman-teman untuk mengetahui sedikit tentang permasalahan-permasalahan (Error HTTP) yang sering terjadi pada saat kita mengakses sebuah web atau situs-situs tujuan kita. Minimal, teman-teman tau dan mengerti apa penyebab munculnya pesan error http pada saat browsing.

HTTP Error 404 – Not Found
Ada dua kemungkinan penyebab yang sering terjadi apabila muncul pesan seperti ini.
File yang diakses tidak ada, apabila Anda sebagai pemilik web tersebut, silahkan coba file yang Anda akses, apakah ada atau tidak pada folder public_htm. Namun jika file ada tetap muncul pesan error seperti diatas maka kita ke point 2. URL rewritenya tidak benar, URL rewrite digunakan untuk membuat link-link pada website Anda menjadi lebihsimpel dan bagus. Dan perintah-perintah URL rewrite diletkan pada file .htaccess jadi silahkan periksa kembail perintahnya, apakah sesuai dengan link yang Anda akses.

HTTP Error 403 Forbidden
Muncul error seperti diatas paling sering terjadi disebabkan oleh permission pada folder/file yang dituju tidak membolehkan untuk dilihat oleh publik. Apabila Anda ingin mengijinkan publik untuk mengakses folder/file tersebut silahkan set permissionnya menjadi 755 atau 644.

HTTP Error 500 – Internal Server Error
Hal ini seperti diatas paling sering disebabkan kesalahan pada perintah-perintah di file .htaccess. Jadi coba cek kembali perintah-perintah yang Anda masukkan.

HTTP Error 503 – Service Unavailable
Pesan kesalahan ini mengisyaratkan bahwa server web tempat situs anda berada saat ini tidak dapat menangani permintaan HTTP dari browser karena proses di server telah melebihi batas kapasitas yang ditentukan (atau sedang kelebihan beban).

HTTP Error – Bad Gateway
Pesan kesalahan ini terjadi ketika salah satu server yang terlibat dalam proses akses kesitus web yang sedang anda tuju mengalami masalah. Hal ini umumnya tidak disebabkan oleh program di sisi pengunjung, melainkan disisi aplikasi / script di server web, atau jaringan yang menuju ke server atau di sisi ISP. Meskipun penyebab masalahnya tidak terjadi di sisi Anda, kami menyarankan agar anda mencoba mengulangi akses ke situs web anda dengan merefresh, atau mengetik alamat langsung. Jika error di atas terjadi pada saat anda mencoba script cgi/perl/php, silahkan periksa kembali sintaks-sintaks script tersebut. Menurut pengalaman kami, script-script cgi/perl/php yang memiliki kesalahan sintaks juga dapat menghasilkan pesan error seperti diatas pada saat di eksekusi.

Biar lebih jelasnya lagi, untuk mengetahui secara rinci akan error-error yang ditemukan pada saat anda mengakses sebuah web server, jika web server yang anda akses adalah web server anda sendiri, anda dapat membuka error_log pada webserver yang bersangkutan.

Comments :

2 Comments to “Kode Pesan Error Pada Web Server (HTTP Error 404, 403, 500, 503 dll)”

Hipni said...
on 

Wah maksih nih infonya, dilengkapi dengan solusinya dong biar mkn mantep..

cara membuat blog sendiri said...
on 

Saya juga pernah mengalami hal seperti di atas gan, tapi saya pedulikan hal itu. Sekarang saya sudah jelas dengan penyebabnya dari artikel ini, terimakasih sudah berbagi gan, salam kenal

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar