Wednesday, November 10, 2010

Ku Ingin Menjadi Mahasiswa Yang Professional

Ku ingin menjadi mahasiswa yang profesional merupakan judul postingan panjang saya kali ini. Tulisan ini saya tujukan terutama buat diri saya sendiri dan buat teman-teman mahasiswa yang ingin menjadi mahasiswa yang profesional semasa duduk dibangku perkuliahan. Artikel ini juga saya tulis untuk mempertahankan idealis saya sebagai seorang mahasiswa yang tidak hanya senang dengan pengalaman dikampus.
Tidak sedikit para pelajar pada saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Walaupun dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk kuliah seperti halnya kekurangan atau tidak adanya biaya pendidikan. Di zaman sekarang ini, hal yang demikian bukan merupakan penghambat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena tidak sedikit mahasiswa yang mampu kuliah sambil bekerja. Permasalahannya disini adalah mampukah seorang mahasiswa tersebut menjadi seorang mahasiswa yang professional semasa ia kuliah.
Tidak sedikit pula para mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi yang hanya sekedar ingin mencari sensasi semasa di perkuliahan atau mungkin hanya mengikuti gengsi hidup semasa muda. Dan tidak sedikit pula mahasiswa yang kuliah hanya sebatas pergaulan, coba-coba, atau memang unsur keterpaksaan dari orang tua. Kalau ditanyakan ke pribadi saya untuk apa saya kuliah ? semuanya tergantung dari niat dan tujuan mengapa saya harus kuliah. Jawaban ini sangatlah umum maknanya jika ditelaah lebih mendalam.
Kuliah adalah suatu jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari jenjang sekolah menengah atas yang tidak hanya mengajarkan tentang ilmu-ilmu spesifik tentang jurusan apa yang kita ambil melainkan kita juga dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi dunia kerja nantinya. Bahasa saya diatas banyak sekali opini-opini yang akan muncul jika ditelaah secara mendalam. Kuliah yang ujung-ujungnya ingin mendapatkan kerja. Saya tertarik dengan pernyataan salah satu dosen saya di kampus, "Kalau memang kamu kuliah hanya ingin mendapatkan nilai tinggi, mendingan kamu pulang sekarang juga dan jangan pernah datang lagi kekampus ini". Sekilas lalu, argumen yang disampaikan oleh dosen saya ini terlalu berlebihan, tapi jika ditelaah lebih mendalam, apa yang di sampaikan oleh beliau adalah suatu motivasi bagi saya untuk mengetahui makna perkuliahan. Kuliah kalau hanya sekedar ingin memperdalam ilmu, lebih baik saya menjadi seorang pakar atau profesor. Nah, dilema seperti ini semakin membuat saya berfikir kearah depan yang sesuai dengan target mengapa saya harus kuliah.
Kembali ke permasalahan awal. Bagi saya, makna yang saya dapatkan disaat belajar di kampus, lebih banyak mengajarkan tentang bagaimana saya harus memanfaatkan peluang yang sesuai dengan keahlian yang saya asah selama di perkuliahan. Mampu bersaing, mampu berkreasi, inovatif dan mampu berdiri sendiri sebagai seorang profesional dalam menghadapi permasalahan-permasalahan di dunia kerja kelaknya. Menguasai ilmu dibidang Teknologi Informasi (TI) adalah spesifik ilmu yang saya pelajari di kampus, ilmu yang saya dapatkan itu bukan hanya sekedar untuk dipelajari melainkan harus bisa dimanfaatkan sebagai jalan untuk bersaing di dunia kerja. Dan tidak hanya itu pula, ilmu yang telah di pelajari dikampus juga melatih saya bagaimana ilmu tersebut dapat di hargai oleh orang lain yang tentunya tidak murah. Tidak terlepas dari itu, tujuan untuk mengembangkan dan memajukan daerah dimana saya berdomisili adalah salah satu tujuan berat yang harus saya jalani.
Kesemuanya itu, tidak akan mampu saya raih tanpa bekal dan persiapan yang banyak selama saya masih mengecap pendidikan dikampus. Belajar keras di kampus dan mencari tambahan ilmu serta pengalaman diluar masih merupakan strategi awal saya dalam menghadapi tantangan yang harus dihadapi di masa depan nanti. Dan sekarang ini adalah masa-masa untuk melirik peluang-peluang yang tepat untuk dijadikan feedback selama saya mengecap ilmu dan pengalaman semasa di kampus dan diluar.
Tanpa belajar di dikampus, saya tidak akan pernah merasakan pendalaman ilmu yang lebih spesifik, tanpa mencari pengalaman diluar kampus, saya tidak akan pernah bisa mengetahui peluang-peluang yang harus saya ambil dikemudian hari. Tapi disini, hal yang paling terpenting ketika saya masih belajar di kampus, saya harus menjadi mahasiswa yang profesional dalam bidang-bidang ilmu yang dipelajari sebagai strategi awal untuk mendapatkan pengalaman dan peluang-peluang yang harus saya ambil. Jadilah mahasiswa yang profesional, jika ingin menjaga mutu sebagai seorang mahasiswa yang bisa berdiri sendiri dalam menghadapi persaingan dimasa yang akan datang.
Artikel ini saya buat hanya untuk menambah motivasi saya menjadi mahasiswa yang tidak hanya sekedar kuliah mencari ilmu, tapi juga mempertahankan tanggung jawab dan mutu sebagai seorang mahasiswa dikampus saya.

NB: Mohon maaf kalau tulisan ini sulit untuk di pahami.

Comments :

2 Comments to “Ku Ingin Menjadi Mahasiswa Yang Professional”

Maryo said...
on 

Kasi lah pemisah paragraf...susah bacanya dempet2 gtu,,,

Mobil Keluarga Ideal Maryo Terbaik Indonesia said...
on 

aku minta pasang link support SEO aku...

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar