Share to Facebook

Friday, July 30, 2010

Sejarah Pertama Penemuan Website

Sejarah pertama kali penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.

Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.

Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).

Sumber : wikipedia

Comments :

5 Comments to “Sejarah Pertama Penemuan Website”

Ferdinand said...
on 

Wah ngingetin Sejarah ya Sob..... Mantabz.....

Learn To Share said...
on 

kak, tugas jaringan saya dan tugas mulok sudah selesai.

ceritatugu said...
on 

artikelmya bagus,ijin buat bacaan murid-murid inyong klas 9

Rendy said...
on 

Kak Ayel..
Berarti Website dibuat pada tahun 1991 ya?

Learn To Share said...
on 

kak, tugas jaringan saya sudah selesai, tentang 7 OSI LAYER..

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar