Monday, May 3, 2010

Dabo Singkep Kota Timah

Dabo Singkep Kabupaten Lingga - Kepulauan Riau pada zaman dahulunya sangat terkenal sekali dengan sebutan Kota Timah. Pada saat sekarang ini banyak sekali bekas-bekas galian timah yang di tinggalkan oleh Unit Pertambangan Timah Singkep (UPTS) yang di kenal dengan sebutan "Kolong" (genangan air pada bekas galian tanah yang ditinggal lama yang menyerupai danau buatan). Mengapa Dabo Singkep di gelar sebagai kota timah ?

Jika kita melihat dari sisa-sisa penambangan timah yang ada di Dabo Singkep sepertinya sudah merupakan bukti nyata bahwasanya pada masa dulu (berjayanya UPTS) banyak sekali galian-galian yang di lakukan oleh UPTS dan tidak sebanding dengan galian-galian bekas penambangan manual yang di lakukan oleh warga Dabo sendiri. Melakukan galian tapi tidak dilakukan penimbunan, itulah yang kerap terjadi pada masa dulunya di kota Dabo. Bahkan pada era Suharto, Dabo Singkep pernah mendapat gelar "Kota Nyamuk" gara-gara banyak nyamuk yang bersarang akibat kolong-kolong yang tidak ditimbun setelah melakukan penambangan. 
Kejadian ini sangat ironis sekali melihat perkembangan kota Dabo yang terjadi pada saat sekarang ini. Setelah berjaya pada masa UPTS dengan gelar "Kota Timah", kota Dabo sekarang malah mendapat gelaran baru yakni "Kota Mati". Bagaimanakah nasip Si "Kota Timah" untuk masa yang akan datang ?
http://tengkukhairil.blogspot.com

Comments :

0 Comments to “Dabo Singkep Kota Timah”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar