Friday, December 18, 2009

Hikmah Tahun Baru Islam - 1 Muharram

Berbicara tentang 1 Muharram sudah tentu tidak bisa terlepas dari apa yang disebut dengan "Hijrah". Karena pada tahun 638 M (17 H), Khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam dimana Nabi Muhammad saw melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah atas perintah Allah SWT. Peristiwa hijrah ini menghantarkan umat Islam ke gerbang kejayaannya pada saat itu.

Bagaimana dengan kondisi umat Islam pada saat sekarang ini ? Jika lihat perbandingannya pada zaman dulu, Islam sekarang agak sedikit teledor dengan kemanisan-kemanisan dunia yang fana ini. Dan kebanyakan umat Islam pada saat sekarang ini tidak menyadari bahwa ada dunia lain selain sekarang ini. Maka dari itu, sudah saatnya untuk mengambil hikmah dari peristiwa hijrahnya Rasulullah pada tahun 638 M lalu untuk diterapkan pada diri kita, keluarga dan lingkungan terdekat

Menurut Ustadz Satria Hadi Lubis, MM, MBA dengan dua hal berikut kita dapat mensikapi keterpurukan diatas, Pertama mampu meningkatkan upaya Islamisasi diri sendiri dan yang kedua harus konsisten menerapkan prilaku hidup sukses. Dan kesimpulannya lagi, Hijrah adalah berpindahnya dari keadaan yang buruk menuju keadaan yang baik, dari keadaan yang baik menjadi keadaan yang lebih baik lagi.

Selamat tahun baru Islam 1 muharram 1431 H

Comments :

0 Comments to “Hikmah Tahun Baru Islam - 1 Muharram”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar