Tuesday, March 3, 2009

Disebalik Disain Blog Pribadiku

Bukannya ingin mengungkap kerahasiaan dari blog saya, tapi sekedar ingin mengucapkan Terimakasih banyak buat Charm Skins yang sudah memberikan disain template secara gratis kepada saya hinggakan bentuk disain template blog yang saya punya jadi seperti yang anda lihat sekarang ini. Walaupun bentuk yang anda lihat sekarang ini bukanlah bentuk tampilan asli dari template Charm Skins yang sebenarnya, namun saya ingin menegaskan kepada teman-teman sekalian yang pengen ngerawat template blognya dengah rapih, agar pada saat memilih template, jangan hanya melihat pada tampilan gambar, thema dan warnanya saja.

Kadang kala para blogger yang baru, belum terlalu paham mengenai contoh template yang akan didownloadnya. Kebanyakan gambar pada template yang disediakan terlalu megah, sehingga para blogger langsung saja mendownload template tersebut tanpa memperhatikan kelemahan-kelemahan yang terdapat pada template tersebut. Misalnya gadget yang dimasukkan sedikit atau susah untuk mengaturnya, loading blognya lambat, atau mungkin sulit untuk melakukan penambahan-penambahan (editing khusus) secara manual pada template tersebut.  Jadi sebelum mendownload atau memasang template pada blog yang kita punya, hendaklah memilih dulu bentuk template yang sesuai dengan keinginan kita. Misalkan bentuk template dengan 2, 3 atau 4 kolom, atau mungkin bentuk template yang satu kolom tapi dengan tata letak yang sesuai dengan keinginan kita dan yang jelas mudah dalam mengelola gadget.
Jadi, jangan lupa menyesuaikan dengan gadget yang akan dimasukkan dikemudian hari nanti, apakah mudah atau mungkin tidak bisa melakukan penambahan-penambahan gadget pada template yang dipasang. Ingat!!! pemasangan gadget akan berpengaruh pada tata letak template, jika gadget yang dipasang tidak rapi, maka hasil akhirnya juga tidak akan rapi. Dan jika blog kita kelihatan tidak rapi, saya jamin orang akan enggan untuk singgah ke blog kita, apalagi berlama-lamaan. Jadi walaupun mudah dan sepele, tapi cukup besar sekali pengaruhnya pada pengunjung yang akan mengunjungi blog kita. Coba lihat gambar diatas, merupakan template pertama saya pada saat belum diedit, setelah itu bandingkan dengan disain blog saya yang sekarang anda lihat. Satu hal lagi yang ingin saya sampaikan, anda harus mempunyai ilmu dasar dalam mengelola blog. Seperti ilmu HTML, CSS, Java Sript atau mungkin PHP dan Database. Jika anda tidak mengetahui konsep dasar tentang mengelola blog, saya jamin anda akan kesulitan dalam mengelola blog yang anda punya. Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk mempelajari ilmu-ilmu tentang web.

Comments :

6 Comments to “Disebalik Disain Blog Pribadiku”

Sang Penyamun said...
on 

Keren ARtikelnya bro...

hayo bikin template sendiri....

Sang Cerpenis bercerita said...
on 

pantes saya suka gagal mendownload template. rupanya krn belum bisa ilmu html, dll itu ya.

IjoPunkJUtee said...
on 

Rapih......
segalanya jika ingin tetep terjaga emang harus dirawat...termasuk template...

Bro, IjoPunkJutee lagi berusaha membujuk PErut yang rewel dari seminggu yang lalu, asam lambung lagi tinggi kata Dr.Se Son. mudah2an ne perut mau diajak kompromi menghadiri acara "NGOPI" Blogger Pekanbaru....

Jikalau ternyata kagak berhasil bujuk rayunya...mohon disampaikan salam permintaan maafku kepada para Blogger BErtuah.....

oktri said...
on 

posting yang manarik...

citromduro said...
on 

postingnya keren gan
salam kenal dari pamekasan madura pada kunjungan pertama

istiqlal said...
on 

sambil belajar2 sambil jalan , nanti lama lama paham sendiri hehe

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar