Saturday, February 28, 2009

Konfigurasi Mail Server Pada Debian Woody

Sampai saat ini saya masih senang untuk menambahkan postingan saya tentang Debian Linux. Mau ga' mau saya harus menyelesaikan sampai dokumentasi belajar saya menjadi komplit, dan suatu saat nanti jika saya lupa, saya bisa bongkar-bongkar lagi dokumentasi-dokumentasi yang lama. Kali ini saya ingin menjelaskan tentang membangun Mail Server pada Debian Woody. Seperti biasa jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membangun mail server, seperti PC komputer, CD debian woody, kertas sama pensil(jika dibutuhkan), minuman yang bisa menyegarkan mata...
Dalam hal ini kita membutuhkan beberapa paket untuk di install langsung (biar cepat kerjanya). Diantaranya adalah postfix, courier-imap, courier-pop, squirrelmail. Dalam hal ini saya berasumsi bahwasanya anda telah menginstal webserver dan dns. Jika belum, silahkan untuk menginstalnya terlebih dahulu.
Baiklah, adapun cara menginstal paket untuk mail server adalah :
ayel-blog:~# apt-get install postfix courier-imap 
courier-pop squirrelmail
(Ikuti proses instalasi, jika di butuhkan CD, silahkan masukkan CD yang diperlukan). Jika proses instalasi paket sudah selesai, langkah selanjutnya cari file konfigurasi /etc/postfix/main.cf kemudian buka dengan menggunakan perintah editor vi. Yang perlu diedit (lihat dibawah ini!):
smtpd_banner = $myhostname ESMTP $ayel-blog.org
myhostname = mail.ayel-blog.org
mydomain = ayel-blog.org
mydestination = ayel-blog.org,mail.ayel-blog.org,
localhost.ayel-blog.org,localhost
mynetworks = 172.28.14.0/24 127.0.0.0/8
home_mailbox = Maildir/
inet_interfaces = all
Penjelasan :
smtp_banner hanya berupa banner saja, tidak digantipun ga apa-apa, hanya untuk tampilan saja.
myhostname alamat hostname yang akan kita buka pada webbrowser.
mydomain merupakan alamat domain kita.
mydestination biasanya sudah kita isi pada saat kita menginstal paket postfix, jika belum ada, silahkan tambahkan seperti yang diatas (isikan dengan domain dan hostname yang anda punya).
mynetworks diisi dengan network IP Address yang anda punya, jangan lupa prefixnya.
home_mailbox ditambahkan pada baris berikutnya, fungsinya untuk menyimpan data-data atau file-file e-mail dari klien.
inet_interfaces diset untuk meng-allowkan semua interface.
Oke, tahap pertama sudah kita lakukan. Tapi sebelumnya, jika anda pengen mencoba apakah postfix yang anda konfigurasi sudah berjalan dengan baik atau belum, terserah anda (direkomendasikan). Kalau saya sih sekalian aja, ntar kalo udah jadi semuanya baru di test tapi tidak direkomendasikan. Kelebihannya, cuma pengen cepat selesai konfigurasi aja.
Sekarang kita akan masuk kepada tahap yang kedua yakni, menambahkan mail,pop,smtp,imap kedalam file database (sejalan dengan posting sebelumnya tentang Konfiguras DNS Server Pada Debian Woody, nama file tersebut adalah /etc/bind/db.ayel. Silahkan tambahkan seperti contoh script dibawah ini :
@ IN SOA ayel-blog.org root.ayel-blog.org (
1  ; Serial
604800  ; Refreshe
86400  ; Retry
2419200  ; Expire
604800 ) ; Negative Cache TTL
;
IN   NS      ayel-blog.org.
IN   MX      10 ns1   # (yang ditambahkan)
ns1          IN   A       172.28.14.1
172.28.14.1  IN   PTR     ns1
www          IN   CNAME   ns1

mail         IN   CNAME   ns1      # (yang ditambahkan)
pop          IN   CNAME   ns1      # (yang ditambahkan)
smtp         IN   CNAME   ns1      # (yang ditambahkan)
imap         IN   CNAME   ns1      # (yang ditambahkan)
Tahap ketiga kita akan mengkonfigurasi squirrelmail yang digunakan sebagai interface untuk berkirim surat lewat e-mail. Gunakan perintah vi untuk mengedit file /etc/squirrelmail/config.php.
ayel-blog:~# vi /etc/squirrelmail/config.php
Cari baris script $domain, kemudian tambahkan sesuai dengan domain yang anda punya pada saat anda mengkonfigurasi DNS Server tadi. Seperti contoh dibawah ini :
$domain = 'ayel-blog.org';
Trus yang lebih perlu lagi, anda harus menggantikan tipe dari imap server yang anda punya dari cyrus menjadi courier. Contoh
$imap_server_type =’courier’;
Cukup dua itu aja yang di edit. ingat, setelah selesai diedit jangan lupa disimpan (wq). Selanjutnya langsung aja kita masuk pada tahap keempat. Kali ini masih mengkonfigurasi squirrelmail, tapi yang akan kita lakukan adalah menambahkan virtual host kedalam file apache yang berada didalam file /etc/squirrelmail/apache.conf. Edit dan tambahkan baris script sesuai dengan yang anda punya seperti contoh script dibawah ini.
# Alias /squirrelmail /usr/share/squirrelmail  (tambahkan tanda ‘#’)

< virtualhost 172.28.14.1 >
ServerAdmin admin@ayel-blog.org
DocumentRoot /usr/share/squirrelmail
ServerName mail.ayel-blog.org
< /virtualhost >
Huh... masih sanggup ngelanjutin...??? hajaaar... aja yel....!!!

Langkah selanjutnya, buat direktori Maildir didalam direktory /etc/skel, yang mana fungsinya apabila kita membuat user baru maka secara otomatis akan menambahkan direktori Maildir pada tiap user yang kita buat.
ayel-blog:~# maildirmake /etc/skel/Maildir
Ingat!!! jangan samapai salah dalam membuat nama direktori tersebut. Nama direktori yang anda buat harus sesuai dengan nama direktori yang anda tulis pada saat mengkonfigurasi file main.cf diatas tadi. Jika telah selesai, jangan lupa untuk menjalankan atau merestart servis untuk semua paket yang sudah kita konfigurasi.
ayel-blog:~# /etc/init.d/postfix restart
ayel-blog:~# /etc/init.d/apache restart
ayel-blog:~# /etc/init.d/bind9 restart
Sampai tahap ini, boleh dibilang konfigurasi anda telah selesai. Tapi masih belum dapat dijalankan. Langkah terakhir adalah membuat user baru sebagai pengguna Server Mail yang baru saja kita bangun. Caranya :
ayel-blog:~# adduser tengku (jangan lupa isikan password)
ayel-blog:~# adduser khairil (jangan lupa pula passwordnya)
Jika telah selesai menambahkan user baru. Silahkan coba telnet ke port 25 dengan menggunakan perintah
ayel-blog:~# telnet localhost 25
Kalau katanya connected... berarti postfix kita sudah bisa digunakan, tapi kalo masih error, silahkan periksa kembali pada file konfigurasi anda tadi tepatnya pada file main.cf. Trus, jangan lupa untuk sekalian ngecek DNSnya. Kalau sudah diperiksa postfix sama DNSnya, silahkan buka web browser pada client anda dan ketik diaddress domain Mail Server anda. Contohnya http://mail.ayel-blog.org, setelah itu masukkan username dan password sesuai dengan user yang telah kita buat tadi (user 1 : tengku) dan silahkan untuk mengirim e-mail kepada user 2 (alamatnya : khairil atau khairil@ayel-blog.org), untuk judul topik terserah anda dan ketik beberapa isi setelah itu jangan lupa klik tombol send. Jika squirrelmail anda tidak bermasalah, maka user 2 (khairil) akan menerima e-mail dari user 1 (tengku). Silahkan logout dan login kembali sebagai user 2 (khairil) dan lihat di inbox apakah e-mail dari user 1 sudah masuk atau belum. Jika anda menemukan error coba cek kembali konfigurasi-konfigurasi sebelumnya, mungkin ada beberapa baris script yang salah pada waktu mengetikkannya, atau mungkin anda belum menjalankan servicenya. Silahkan bertrouble shooting karna trouble shooting merupakan pembelajaran yang sangat berarti agar kita lebih kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan. "Thnks for master smk labor, i'll always remember your knowledge give me..! he.. he.. bener ga' ya englishnya...?"

Comments :

2 Comments to “Konfigurasi Mail Server Pada Debian Woody”

Ari Suhermanto said...
on 

trim's mas......
karena konfigurasinya yang mas udah tulis banyak membantu saya....

Tierto.Cz said...
on 

susenya kapan kag ??

kog debian tog ..

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar