Sunday, December 28, 2008

Rencana Liburan Semester

Tidak terasa liburan semester telah tiba (bagi anak sekolahan, kalau yang kuliah hampir tiba). Sekarang waktunya merencanakan tempat liburan yang tepat untuk dikunjungi. Paling asyik kalau pergi liburan bersamaan dengan keluarga, saudara, teman, dll. Yang jelas tidak sendirian. Tapi bagaimana pula kalau pas liburannya tidak ada satu orangpun yang bisa diajak untuk liburan ? Nah, dibawah ini akan saya uraikan (menurut saya) mengenai liburan yang tepat untuk kita. Siapa tau nantinya bisa membantu teman-teman dalam mencari hal-hal terbaru dalam berlibur. Yang jelas, teman-teman sekalian bisa memilih mana yang cocok untuk teman-teman jalani. Kalau ga' ada yang cocok berarti artikel saya ini saya jadiin saran bagi teman-teman sekalian.

Wisata Alam (Jika liburannya bersama keluarga)
Pantai misalnya, merupakan tempat yang sangat cocok dikunjungi bagi keluarga, disana kita dapat melihat pemandangan dan panorama alam tepi laut yang indah yang serasi untuk melepaskan tegang yang ada dalam fikiran kita selama disekolah, kantor, dll. Pantai juga memberikan nuansa khusus bagi pengunjungnya dengan objek-objek yang alami dan warna warni tumbuh-tumbuhan yang mampu membuat suasana menjadi santai dan langgeng bersama keluarga. 
Selain pantai, danau sama juga halnya dengan pantai. Panorama alam yang berkombinasi antara air, hutan dan udara membuat nuansa jadi tambah rileks dan nyaman.
Air Terjun, air terjun juga merupakan salah satu wisata alam yang juga menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali wisata alam air terjun yang terdapat di Indonesia, dengan berada didekat air terjun rasanya bisa membuat kita terbuai dengan irama-irama klasik alami yang dapat membersihkan pikiran dari kesibukan-kesibukan yang telah dilakukan selama ini.
Telaga Air Panas, selain dapat meringankan beban fikiran, telaga air panas juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada pada tubuh kita. Salah satunya adalah penyakit kulit. Dengan berendam di air yang suhunya tinggi, dapat menghilangkan penyakit kulit yang ada pada tubuh kita, sehingga dapat membuat tubuh menjadi fugar dan sehat kembali.

Ke Kebun Binatang (Jika liburannya bersama keluarga)
Bersama keluarga dan anak-anak alangkah baiknya jika kita mengajak mereka untuk pergi berlibur ke Kebun Binatang. Mungkin bagi anak-anak, berkunjung kekebun binatang merupakan suatu pengalaman baru untuk menambah wawasan mereka mengenal seputar dunia hewan.

Ke Rumah Nenek/Kakek Dikampung (Jika liburannya bersama keluarga)
Apasalahnya sih mudik kekampung diluar suasana hari raya, masalahnya yang diutamakan adalah silaturrahmi antara keluarga. Semakin banyak berkunjung, semakin erat pula silaturrahmi antara satu dengan yang lainnya. Jadi, apasalahnya jika liburan kali ini disempatkan untuk berkunjung kerumah kerabat yang berada dikampung halaman (Desa) sambil menikmati pemandangan-pemandangan yang ada didesa.

Memancing (Jika liburannya sendiri)
Disini saya tidak membela bagi teman-teman yang hobinya mancing, tapi menurut saya jika tidak ada orang lain lagi yang bisa diajak untuk berlibur, mungkin memancing ikan merupakan kegiatan yang juga tidak kalah menarik pula untuk di jadikan sebagai pengisi kekosongan dihari libur. Memancing tidak hanya bisa dilakukan di tengah laut saja, sekarang sudah banyak tempat-tempat memancing buatan yang sengaja dibuat ditengah kota untuk memenuhi kebutuhan para pemancing maniak. Jadi tanpa perlu repot-repot untuk menyewa kapal untuk memancing ditengah laut. Cukup pergi ketempat (kolam) pancing terdekat lalu mancing deh disana...

Menyalurkan Bakat atau Hobby (Jika liburannya sendiri)
Jika kegiatan yang lain tidak cocok dengan keinginan hati, teman-teman sekalian dapat melakukan liburan dengan menambahkan waktu eksrakurikulernya lebih banyak. Misalkan latihan musik, drama, teater, olahraga, belajar dll. Mungkin ini adalah cara terakhir untuk teman-teman sekalian dari pada waktu liburnya habis terbuang percuma, mendingan teman-teman tambahin aja waktu ekstrakurikulernya, kan lumayan buat memantapkan ilmunya.

Bersih-bersih Rumah (Jika liburannya sendiri)
Jika teman-teman sekalian ada yang ngekos atau mungkin tinggal serumah bersama orang lain atau mungkin saudaranya, disini saya sarankan untuk mengisi waktu luangnya dalam melakukan pembenahan-pembenahan terhadap rumah kediamannya. Mungkin dengan adanya waktu luang selama seminggu dapat memperbaiki waktu yang terlewatkan selama satu semester. Jadi bagi yang numpang sama orang lain, harap mengertilah dengan kondisi tempat numpangnya. Masa sih sudah dikasi numpang, e... malah ga' mau bantuin bersih-bersih dirumahnya. Selain itu bisa menambah pujian dari orang rumah tempat numpangnya.

OutBound (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Nah... liburan yang satu ini merupakan liburan yang sangat spesial buat teman-teman sekalian, masalahnya jarang-jarang sekali orang pengen melakukan liburan ini bersama teman-teman yang lain. Untuk liburan ini, kita tidak perlu menyewa tempat yang mewah, cukup dengan memanfaatkan alam sekitar kita saja saya rasa sudah cukup. Yang penting yang perlu diingat adalah inti dari permainan(game) Outbound nya. Jika teman-teman mempunyai suatu tim work, liburan Outbound ini saya rasa sangat cocok untuk dilakukan pada tim anda. Karena dengan melakukan outbound ini, tim anda akan semakin solid, mental anda akan semakin tebal, rasa percaya diri, sifat pemimpin dan tim yang anda punya akan semakin kompak dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat tim work. Ingat lho, dengan outbound kita akan lebih mengetahui bagaimana cara bertanggung jawab atas tim work yang kita miliki dan apa saja yang harus kita lakukan demi kesuksesan tim work kita.

Haiking (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Haiking menurut saya liburan yang tak kalah menyenangkan buat kaulamuda. Apalagi haiking itu menurut saya menambah wawasan teman-teman akan bagaimana cara kita berpetualang ke alam bebas. Melihat alam, melewati bebukitan, sungai, hutan dll. Tidak kalah serunya seperti Outbound, dengan haiking kita juga bisa membentuk jiwa kepemimpinan dalam satu kelompok dan akan menambah kekompakan kita dalam melakukan aktivitas yang melibatkan kelompok. Haiking juga dapat membentuk mental seseorang dalam menghadapi alam dan belajar menjadi seorang yang mandiri dalam satu tim.

Museum (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Sebenarnya ke museum ini dapat juga kita lakukan sendiri. Tapi menurut saya, alangkah serunya jika kita mengajak teman untuk berkunjung ke museum, yah... siapa tau bisa nambah teman bicara saat perjalanan. Selain itu ke museum juga dapat mengingatkan kita kembali akan sejarah-sejarah silam yang pernah terjadi dan merupakan ilmu pengetahuan yang secara tidak langsung kita ketahui pada saat kita berkunjung ke museum.

Pameran (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Kalau yang satu ini saya sarankan bagi teman-teman yang memiliki rasa keingintahuannya yang tinggi akan seputar dunia informasi terbaru. Dengan berkunjung ke tempat-tempat pameran yang kebetulan ada saat waktu libur dapat menambah pengetahuan kita tentang perkembangan zaman yang ada, dan dapat saling berinteraksi dengan para pembisnis-pembisnis yang ada di tempat pameran. Ingat lho, jangan pernah malu untuk bertanya ditempat pameran jika ada sesuatu yang tidak kita ketahui.

Nonton Bioskop (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Saya tidak terlalu menganjurkan kepada teman-teman untuk nonton bioskop, masalahnya nonton bioskop membutuhkan modal juga untuk kesana. Syukur-syukur kalo nontonnya cuma sekali, tapi kalau seandainya setiap hari selama seminggu, bisa tekor juga tuh. Jadi untuk yang satu ini tidak saya rekomendasikan untuk diikuti.

Saya rasa cukup sampai disini dulu ide-ide saya, mungkin kalau masih ada yang tertinggal akan saya tambahkan lagi. Mudah-mudahan rencana teman-teman yang pengen berlibur bisa sedikit saya bantu dengan beberapa ide saya diatas. Laen kali kita sambung lagi, bye... 

Keyword :
Liburan, rekreasi, refresing, perai, jalan-jalan, piknik, santai-santai, wisata, holiday, pergi nonton, bioskop, pantai, laut, gunung, moll, mall, pameran, musium, haiking, out bound, hoby, memancing, gunung

Comments :

0 Comments to “Rencana Liburan Semester”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar