Wednesday, December 24, 2008

Menghilangkan Stres Ala Ayel

Stresss… stress.. stres. Penyakit yang satu ini dapat menyerang siapa saja, kecil, besar, tua maupun muda. Penyakit ini kerap kali datang pada orang-orang yang memiliki fikiran yang kalut, tidak mau berfikir jernih, tidak tenang, was-was, banyak sekali masalah yang tidak dapat diselesaikan secara pribadi, atau mungkin bisa saja memaksakan fikirannya, padahal yang ada otaknya tidak mampu untuk memikirkan hal tersebut. Selain dari pada itu, bagi kondisi tubuh yang kurang sehat juga dapat menyebabkan stres, walaupun stres yang dihadapi adalah stres ringan. Kecuali penyakit yang dideritanya merupakan penyakit yang penyembuhannya dalam jangka waktu yang lama atau mungkin tipis harapan untuk disembuhkan. Disini saya hanya ingin sedikit berbagi pengalaman dan cerita mengenai “cara menghilangkan stres”. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan bacaan yang menarik dan ada manfaatnya buat kita semua.

Adapun Cara menghilangkan stres Ala Ayel diantaranya adalah :

  1. Istirahat atau Tidur Yang Cukup. Manusia di ibaratkan seperti sebuah mesin yang bergerak secara terus menerus. Selama manusia itu masih bisa bernafas, berarti mesin yang ada dalam tubuh manusia tersebut bergerak. Nah, kalau mesin (katakanlah seperti mesin motor) di hidupkan secara terus menerus tanpa henti, pasti mesin tersebut akan kepanasan. Mesin saja bisa kepanasan apalagi manusia. Itulah gunanya istirahat, yang mana fungsinya dapat mengembalikan semula tenaga-tenaga yang masih tersimpan dalam tubuh manusia dan juga dapat mengembalikan fungsi saraf otak agar dapat kembali berfikir jernih setelah sekian lama berfikir. Jadi bukan hanya tenaga manusia saja yang harus beristirahat, otak juga perlu istirahat. Tapi ingat..! jangan terlalu banyak Istirahat atau tidur, terlalu banyak istirahat bisa menyebabkan malas, dan terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan stress, walaupun stresnya ringan.
  2. Jalan-jalan atau Rekreasi. Jalan-jalan atau rekreasi merupakan salah satu kegiatan efektif yang dapat menghilangkan stres. Mengapa tidak ?!?! Jalan-jalan atau rekreasi biasanya dapat membuat orang lupa akan kegiatan-kegiatan sebelumnya, walaupun hanya bersifat sementara. Setidaknya orang tersebut bisa menenangkan fikirannya untuk mengembalikan kembali kesegaran otaknya dari masalah-masalah yang dihadapinya. Jadi dengan jalan-jalan atau rekreasi bisa menghilangkan stres dalam fikiran kita. Jalan-jalan bisa kita lakukan di tempat-tempat yang suasananya damai, tenang, tentram, adem dan banyak warna-warni alam yang cantik menghiasi tempat tujuan rekreasi kita. Misalkan di Pantai, di Gunung, di hutan, dan tempat-tempat rekreasi alam lainnya.

  3. Main Musik atau Mendengarkan Musik. Bagi saya musik itu indah, apalagi jika kita bisa memainkan alat musiknya. Musik bisa juga membuat kedamaian didalam hati kita. Dengan musik kita bisa memberikan kesegaran tersendiri bagi otak kita. Musik yang cocok dijadikan terapi stres menurut saya adalah musik yang lebih mendekati keirama klasik santai. Tidak dianjurkan untuk irama underground atau rock, kecuali memang menyenangi aliran tersebut.

  4. Nonton. Yang namanya nonton banyak sekali yang bisa ditonton. Bisa nonton TV, film/video, konser, pertunjukan pada acara-acara tertentu dan lain sebagainya. Nonton bagi saya merupakan salah satu refresing yang juga banyak membantu kita dalam menghilangkan rasa stres. Nonton cerita-cerita lucu yang ditayangkan di TV misalnya. Walaupun pada saat nonton kita tertawa sendiri, bagi saya tidak masalah. Malahan itulah yang bisa menghilangkan rasa tegang yang ada didalam fikiran kita, menghilangkan rasa emosi, menghilangkan kesuntukan kita dan membuat otak kita menjadi rileks.

  5. Main Game. Jangan pernah mengira bahwa main game adalah aktivitas yang tidak menguntungkan bagi sipemainnya. Coba lihat anak-anak kecil seusianya, jarang sekali yang terkena stres, karena fikiran yang ada pada anak kecil adalah bermain, bermain dan bermain. Kecuali bagi anak-anak kecil yang masa kecilnya memang tidak cukup waktu untuk bermain. Atau bahasa lainnya “Masa kecil kurang bahagia”. Kalau saya sih merasa perlu aja Main Game, tapi game yang sifatnya untuk pengembangan diri, dan untuk meningkatkan IQ. Tapi ingat lho, pesan saya, jangan terlalu lama main gamenya, bisa-bisa nanti kamu jadi penggammer atau yang timbul malah penyakit baru “Malas”.

  6. Curhat. Curhat (Curahan Hati) banyak sekali dilakukan oleh orang-orang, apalagi bagi seorang wanita. Wanita kebanyakan tidak seperti Pria meluahkan emosinya tanpa kontrol. Wanita kebanyakan memendam emosi ketimbang Pria (menurut saya, walaupun ga’ selamanya seperti itu). Nah, apa yang sering dilakukan oleh para wanita untuk melepaskan beban dalam hati mereka ? Biasanya dilakukan dengan Curhat sama orang terdekatnya. Sebaiknya Curhat ini tidak hanya dilakukan terhadap wanita saja, priapun tidak ada salahnya untuk melakukan hal yang demikian. Karena curhat ini dapat meringankan beban fikiran seseorang. Biasanya cara yang seperti ini banyak sekali manfaatnya, selain beban fikiran kita berkurang, kita juga bisa mendapatkan solusi dari teman curhat kita.

  7. Olahraga. Olah raga juga merupakan kegiatan terpenting didalam tubuh ktia. Orang yang sering melakukan olahraga biasanya sering bersemangat didalam melakukan aktivitas sehari-hari.  Selain itu olahraga juga bisa melancarkan peredaran darah manusia sampai keotak. Nah, jika peredaran darah didalam otak kita lancar, otomatis kita bisa terhindar dari yang namanya stres, karena orang yang memikirkan olahraga secara tidak langsung dia juga memikirkan kesehatan yang ada didalam tubuhnya. Carilah olahraga yang sekaligus bisa menyenangkan diri kita.

  8. Selesaikan Masalah Yang Sedang Dihadapi. Kebanyakan orang yang stres ditimpa berbagai macam permasalahan. Belum selesai masalah yang satu sudah datang masalah yang lainnya. Hal inilah yang membuat orang tidak bisa menemukan jalan keluar karena terlalu banyak yang difikirkannya. Jadi saran saya, bagi teman-teman yang lagi mendapat tugas atau kerjaan, selesaikanlah sesegera mungkin, dan jangan sampai tugas atau kerjaan tersebut menjadi suatu masalah baru atau beban fikiran yang larut. Makin cepat kita menyelesaikan masalah, berarti makin cepat pula kita keluar dari masalah.

  9. Bertawakal Kepada Allah. Beribadah secara khusyuk dapat menjernihkan fikiran dan menyadarkan kita akan segala kekurangan diri dihadapan Sang Pencipta. Dengan rajin beribadah dan melakukannya sceara khusyuk, niscaya kita akan sadar sebelum kita melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji. Jika segala cara sudah dilakukan dengan maksimal dan ternyata tidak membuahkan hasil yang baik. Sebaiknya kita bertawakal Kepada Allah (Bagi umat Islam) atau berserah diri kepada-Nya, karena kita berasal dari pada-Nya dan kita kembalipun hanya kepada-Nya.

  10. Mungkin dari saya cuma itu yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman. Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua. Dan saya harapkan kepada teman-teman untuk terus menjaga kesehatan. Karena jika tubuh kita tidak sehat akan dapat mengganggu fikiran kita. -@-

Comments :

0 Comments to “Menghilangkan Stres Ala Ayel”

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar