Friday, March 26, 2010

Komunitas Bertuah Bukan Sekedar Blogger Bertuah

Komunitas blogger bertuah pekanbaru bukan sekedar blogger bertuah biasa yang di kenal dimata masyarakat maya. Komunitas blogger bertuah pekanbaru merupakan sebuah komunitas yang menggambarkan suatu keberuntungan yang sangat berarti dalam sebuah organisasi untuk menjunjung tinggi budaya-budaya melayu yang ada di bumi Riau yang hampir punah akibat tidak ada rasa solidaritas yang tinggi dan tanggung jawab akan kecintaan kita terhadap budaya-budaya melayu yang sangat mahal harganya.

Di adopsi dari kata "Bertuah" yang bermakna sebuah keberuntungan besar yang jarang sekali di temukan, memiliki arti yang dapat memberikan motivasi yang sangat tinggi bagi para anggota komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru dalam menjaga keaslian dan keberadaan karena kita tidak akan pernah menyadari seberapa pentingnya menjaga kelestarian budaya kita pada zaman sekarang ini.

Berawal dari ide kecil segelintir orang yang menginginkan perubahan di dunia maya, lahirlah sebuah komunitas blogger pekanbaru yang bernama "Blogger Bertuah Pekanbaru". Sebuah komunitas blogger yang terdiri dari orang-orang aktif, kreatif dan inovatif serta memiliki semangat yang besar untuk mengangkat marwah budaya tanah leluhur Melayu yang ada di Riau, bak pepatah mengatakan "Takkan Melayu Hilang Di Bumi...".

Nama Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru bukan hanya sekedar nama komunitas blogger biasa yang sering kita jumpai di dunia maya. Nama Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru merupakan nama kecil tetapi memiliki cita-cita yang besar dalam menjaga dan melestarikan amanah para pujangga leluhur dengan cara menjaga, melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan budaya Melayu beserta cagar-cagarnya khususnya yang ada di Riau ini. Salah satu contoh nyata adalah menjaga keaslian, kelestarian Mesjid Raya Pekanbaru sebagai mesjid bersejarah yang ada di tengah-tengah kota sebagai icon tanah Melayu di Riau.

Link Sponsor :
- Bertuah.Org
- Wisatagunungkidul.Com
- Travel-zhamela.Com
- Attayaya.Net
- Pojokphoto.Com
- Bappeda.pekanbaru.Go.Id
Read more >>

Manfaat Kontes SEO Bukan Sekedar Blogger Bertuah

Bukan sekedar blogger bertuah adalah tema dari kontes blog bukan sekedar blogger bertuah yang diadakan oleh komunitas blogger bertuah pekanbaru. Kontes bukan sekedar blogger bertuah pekanbaru ini merupakan kegiatan yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan hubungan silaturrahmi antara sesama blogger bertuah pekanbaru. Kontes ini melibatkan seluruh anggota komunitas bertuah pekanbaru yang nantinya akan di lihat berdasarkan SEO (Search Engine Optimization) oleh google dengan berdasarkan mutu postingan yang ditampilkan pada tiap blog masing-masing peserta kontes. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan sebagai wahana untuk meningkatkan kualitas blog pribadi saya. Dan bagi teman-teman yang ikut dalam kontes ini saya ucapkan selamat berlomba.
Sponsor :
Bertuah.org
Wisatagunungkidul.com
Travel-zhamela.com
Attayaya.net
Pojokphoto.com
Bappeda.pekanbaru.go.id

Read more >>

Tuesday, March 23, 2010

Ikut Kontes SEO Bukan Sekedar Blogger Bertuah

"Ikut Kontes Bukan Sekedar Blogger Bertuah" adalah judul postingan saya hari ini. Mengapa harus judul Ikut Kontes Bukan Sekedar Blogger Bertuah ini yang saya ambil ? he.. he.. Judul "Bukan Sekedar Blogger Bertuah" ini saya publis karena saya memang ingin ikutan kontes SEO "Bukan Sekedar Blogger Bertuah" yang di adakan oleh komunitas blogger pekanbaru dengan beralamatkan http://www.bertuah.org/, maklum PR blog saya memang masih rendah. Tapi it's ok, karena ingin belajar SEO aja...! Adapun kronologis sampai saya bisa ikut kontes Bukan Sekedar Blogger Bertuah ini sbb :

Sekitar jam 11 siang tepatnya hari selasa sepulang dari ngawas Ujian Nasional di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru saya menyempatkan diri untuk mengecek blog kesayangan saya. Yah... sekalian menyempatkan diri untuk memposting yang di anggap menarik untuk di publis. Eee... klik punya klik, ter-kliklah blog komunitas kesayangan saya (blogger bertuah pekanbaru), ya udah... diterusin dengan melihat-lihat informasi yang ada di blog tsb. Dan rupanya di blog bertuah lagi ada kontes SEO dengan Judul Bukan Sekedar Blogger Bertuah. Yah... saya ikut deh, setelah melihat persyaratan yang di cantumkan disitu layak untuk menjadi pesertanya. Mudah2an bisa memperbaiki SEO blog saya ini. Oh... ya bagi teman-teman yang pengen ikutan juga dan merupakan anggota darikomunitas blogger bertuah pekanbaru langsung aja lihat pengumumannya pada postingan saya sebelumnya. Thank's !

Link Sponsor :
- Bertuah.Org
- Wisatagunungkidul.Com
- Travel-zhamela.Com
- Attayaya.Net
- Pojokphoto.Com
- Bappeda.pekanbaru.Go.Id

Read more >>

SEO Kontes "Bukan Sekedar Blogger Bertuah"

Kehidupan Blogging mulai menjadi sebuah trend dalam menyikapi berbagai hal pada kondisi dan situasi yg beraneka ragam. Menuntut kreatifitas dan kejelian penulis dalam memperhitungkan keyword-keyword yang sering diperbincangkan oleh khalayak ramai. Bukan hanya sekedar menulis dan bercerita, tapi lebih kepada bagaimana tulisan itu dibuat agar menjadi menarik untuk dibaca dan diperhitungkan oleh Search Engine. Memasuki tahun kedua ini, Blogger Bertuah mengadakan Kontes SEO (Search Engine Optimization) dengan keyword "Bukan Sekedar Blogger Bertuah".

Syarat dan Ketentuan :
  1. Peserta adalah Anggota dari Komunitas Blogger Bertuah yang berdomisili di RIAU
  2. Waktu Pelaksanaan dimulai sejak tanggal 23 Maret 2010 hingga 25 April 2010 (pukul 16:00 WIB)
  3. Juri Mutlak dari kontes ini adalah Search Engine GOOGLE.CO.ID
  4. Pemenang Kontes SEO diperoleh dari halaman pertama dengan pencarian Keyword kontes di google.co.id pada tanggal 25 April 2010 Pukul 16:00 WIB
  5. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi kolom Komentar dari postingan Kontes SEO ini
  6. Peserta yang mengikuti Kontes SEO ini wajib meletakkan Banner Kontes SEO di dalam Postingan
  7. Peserta juga di wajibkan menyisipkan Link Sponsor
  8. Isi dan Kualitas Artikel juga akan dinilai selain dari sisi SEO.
Hadiah :
- Juara I : Uang Tunai Rp.200 ribu; T-Shirt Bertuah; Souvenir
- Juara II : Uang Tunai Rp.150 ribu; T-Shirt Bertuah; Souvenir
- Juara III : Uang Tunai Rp.100 ribu; T-Shirt Bertuah; Souvenir
- Juara IV, V, VI : Uang Tunai Rp.50 ribu; Domain (web.id); Souvenir
- Juara VII, VIII, IX, X : Souvenir
- Postingan Terkreatif mendapatkan T-Shirt Bertuah dan Souvenir.

Kontes SEO Bertuah kali ini di sponsori oleh :
- Bertuah.Org
- Wisatagunungkidul.Com
- Travel-zhamela.Com
- Attayaya.Net
- Pojokphoto.Com
- Bappeda.pekanbaru.Go.Id

Kontes SEO ini tidak di berlakukan untuk :
- Attayaya (www.attayaya.net)
- Maryo (www.pirawa.web.id)
- Prof (ijopunkjutee.blogspot.com)
- Taufik Asmara (bangfiko.web.id)
- Oki Helfiska (www.belajarpc.info)
- Anton Sumbara dan Blognya
- Bang Ais (menyanyah.blogspot.com)
- Prima Wahyudi (nanlimo.blogspot.com)
- Hendrawan (hendrawanonline.blogspot.com)

Informasi ini diperoleh dari website resmi komunitas blogger bertuah pekanbaru.
Read more >>

Monday, March 22, 2010

Download Widget Polling Jajak Pendapat Wordpress

Download Polling Jajak Pendapat Wordpress saya angkat sebagai judul posting saya kali ini. Salah satu cara untuk mengetahui kepuasan para pengunjung sebuah website/blog adalah melakukan survey kepuasan pengunjung dengan memanfaatkan fasilitas tambahan seperti Polling atau Jajak Pendapat. Dengan meletakkan widget Polling atau Jajak Pendapat pada website/blog yang kita punya, kita sebagai pemilik web dapat mengetahui animo pengunjung tentang tema yang kita angkat untuk di jajaki oleh pengunjung.

Dari sekian banyak plugin yang ada di internet untuk di download, saya tertarik dengan plugin Jajak Pendadapat/Polling hasil karya buatan Muhammad Tarmizi yang dapat di download pada link dibawah ini :

- Free Download Plugin Polling Wordpress Versi 1
- Free Download Plugin Polling Wordpress Versi 2

Sebagai gambaran buat pengunjung setia tentang plugin tersebut, dapat di lihat widget/plugin jajak pendapat v.1 pada screenshoot dibawah ini :

Read more >>

Friday, March 19, 2010

Mafia Kasus, Mafia Hukum Di Indonesia

Komjen Polisi Susno Duadji, Jendral Bintang Tiga merupakan mantan Kabareskrim pagi tadi didampingi oleh pengacaranya, Henry Yosodiningrat memenuhi panggilan Propam Mabes Polri di Jakarta, Senin (22/3). Patut diacungi jempol karena Susno Duadji telah berani mengusut Pejabat-pejabat Polisi yang dianggapnya terlibat dengan kasus suap/korupsi, lebih tepatnya lagi Mafia Kasus atau Mafia Hukum yang terjadi di Indonesia. Sebagai pernyataan Susno Duadji ada beberapa inisial yang terlibat, diantaranya seperti : "Brigjen E", "Brigjen R.E", "Kombes E, "Kompol A" dan satu lagi "A.K (non polisi)".

Selain itu kejadian mafia kasus atau mafia hukum ini telah banyak terjadi di beberapa tempat Indonesia dah hanya kasus Susno Duadjilah yang telah menggugat hati saya untuk memposting artikel ini dan mengacungi jempol jika memang terbukti inisial-inisial diatas terlibat dalam kasus mafia hukum di Indonesia. Semoga kasus ini bisa menjadi contoh untuk memberantas korupsi terlebih Mafia Kasus atau Mafia Hukum yang terjadi di Indonesia.
Read more >>

Jadwal Piala Dunia 2010

Jadwal piala dunia 2010 sepertinya sudah mulai dekat. Piala dunia 2010 kali ini telah banyak merubah suasana dunia menjadi lebih hidup dikarenakan semangat para supporter piala dunia 2010 yang sudah tidak sabar lagi untuk menyaksikan aksi-aksi bintang sepak bola piala dunia 2010 kali ini. Sebagai salah satu partisipasi saya dalam merayakan piala dunia 2010 tahun ini, akan saya tampilkan jadwal pertandingan sepak bola piala dunia (World Cup) 2010 yang akan tayang di TV Swasta seperti RCTI dan Global TV dan disertai dengan negara-negara yang bertanding. Diantaranya adalah :



Grup A

Tanggal/Hari : 11/06/2010 Jumat 21:00 :
Afrika Selatan vs Meksiko
(Soccer City, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 17/06/2010 Kamis 01:30 :
Afrika Selatan vs Uruguay
(Loftus Versfeld Stadium, Pretoria)

Tanggal/Hari : 18/06/2010 Jumat 01:30 :
Prancis vs Meksiko
(Peter Mokaba Stadium, Polokwane)

Tanggal/Hari : 22/06/2010 Selasa 21:00 :
Prancis vs Afrika Selatan
(Free State Stadium, Bloemfontein)

Tanggal/Hari : 22/06/2010 Selasa 21:30 :
Meksiko vs Uruguay
(Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg)


Grup B

Tanggal/Hari : 12/06/2010 Sabtu 21:00 :
Argentina vs Nigeria
(Ellis Park Stadium, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 13/06/2010 Minggu 18:30 :
Korea Selatan vs Yunani
(Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth)

Tanggal/Hari : 17/06/2010 Kamis 18:30 :
Argentina vs Korea Selatan
(Soccer City, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 17/06/2010 Kamis 21:00 :
Yunani vs Nigeria
(Free State Stadium, Bloemfontein)

Tanggal/Hari : 23/06/2010 Rabu 01:30 :
Nigeria vs Korea Selatan
(Moses Mabhida Stadium, Durban)

Tanggal/Hari : 23/06/2010 Rabu 01:30 :
Yunani vs Argentina
(Peter Mokaba Stadium, Polokwane)


Grup C

Tanggal/Hari : 13/06/2010 Minggu 01:30 :
Inggris vs Amerika Serikat
(Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg)

Tanggal/Hari : 13/06/2010 Minggu 18:30 :
Aljazair vs Slovenia
(Peter Mokaba Stadium, Polokwane)

Tanggal/Hari : 18/06/2010 Jumat 21:00 :
Slovenia vs Amerika Serikat
(Ellis Park Stadium, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 19/06/2010 Sabtu 01:30 :
Inggris vs Aljazair
(Cape Town Stadium, Cape Town)

Tanggal/Hari : 23/06/2010 Rabu 21:00 :
Slovenia vs Inggris
(Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth)

Tanggal/Hari : 23/06/2010 Rabu 21:00 :
Aljazair vs Amerika Serikat
(Loftus Versfeld Stadium, Pretoria)


Grup D

Tanggal/Hari : 13/06/2010 Minggu 21:30 :
Serbia vs Ghana
(Pretoria)

Tanggal/Hari : 14/06/2010 Senin 01:30 :
Jerman vs Australia
(Moses Mabhida Stadium, Durban)

Tanggal/Hari : 18/06/2010 Jumat 18:30 :
Jerman vs Serbia
(Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth)

Tanggal/Hari : 19/06/2010 Sabtu 21:00 :
Ghana vs Australia
(Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg)

Tanggal/Hari : 24/06/2010 Kamis 01:30 :
Ghana vs Jerman
(Soccer City, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 24/06/2010 Kamis 01:30 :
Australia vs Serbia
(Mbombela Stadium, Nelspruit)


Grup E

Tanggal/Hari : 14/06/2010 Senin 18:30 :
Belanda vs Denmark
(Soccer City, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 14/06/2010 Senin 21:00 :
Jepang vs Kamerun
(Free State Stadium, Bloemfontein)

Tanggal/Hari : 19/06/2010 Sabtu 18:30 :
Belanda vs Jepang
(Moses Mabhida Stadium, Durban)

Tanggal/Hari : 20/06/2010 Minggu 01:30 :
Kamerun vs Denmark
(Loftus Versfeld Stadium, Pretoria)

Tanggal/Hari : 25/06/2010 Jumat 01:30 :
Denmark vs Jepang
(Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg)

Tanggal/Hari : 25/06/2010 Jumat 01:30 :
Kamerun vs Belanda
(Cape Town Stadium, Cape Town)


Grup F

Tanggal/Hari : 15/06/2010 Selasa 01:30 :
Italia vs Paraguay
(Cape Town)

Tanggal/Hari : 15/06/2010 Selasa 18:30 :
Selandia Baru vs Slovakia
(Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg)

Tanggal/Hari : 20/06/2010 Minggu 18:30 :
Slovakia vs Paraguay
(Free State Stadium, Bloemfontein)

Tanggal/Hari : 20/06/2010 Minggu 21:00 :
Italia vs Selandia Baru
(Mbombela Stadium, Nelspruit)

Tanggal/Hari : 24/06/2010 Kamis 21:00 :
Slovakia vs Italia
(Ellis Park Stadium, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 24/06/2010 Kamis 21:00 :
Paraguay vs Selandia Baru
(Peter Mokaba Stadium, Polokwane)


Grup G

Tanggal/Hari : 15/06/2010 Selasa 21:00 :
Pantai Gading vs Portugal
(Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth)

Tanggal/Hari : 16/06/2010 Rabu 01:30 :
Brasil vs Korut
(Ellis Park Stadium, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 21/06/2010 Senin 01:30 :
Brasil vs Pantai Gading
(Soccer City, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 21/06/2010 Senin 18:30 :
Portugal vs Korut
(Cape Town Stadium, Cape Town)

Tanggal/Hari : 25/06/2010 Jumat 21:00 :
Portugal vs Brasil
(Moses Mabhida Stadium, Durban)

Tanggal/Hari : 25/06/2010 Jumat 21:00 :
Korut vs Pantai Gading
(Mbombela Stadium, Nelspruit)


Grup H

Tanggal/Hari : 16/06/2010 Rabu 18:30 :
Honduras vs Chile
(Mbombela Stadium, Nelspruit)

Tanggal/Hari : 16/06/2010 Rabu 21:00 :
Spanyol vs Swiss
(Moses Mabhida Stadium, Durban)

Tanggal/Hari : 21/06/2010 Senin 21:00 :
Chile vs Swiss
(Ellis Park Stadium, Johannesburg)

Tanggal/Hari : 22/06/2010 Selasa 01:30 :
Spanyol vs Honduras
(Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth)

Tanggal/Hari : 26/06/2010 Sabtu 01:30 :
Swiss vs Honduras
(Free State Stadium, Bloemfontein)

Tanggal/Hari : 26/06/2010 Sabtu 01:30 :
Chile vs Spanyol
(Loftus Versfeld Stadium, Pretoria)
Read more >>

5 Rahasia Mencari Istri Yang Sempurna

Berikut ini saya akan membongkar 5 rahasia mencari istri yang sempurna menurut penilaian saya. Namun sebelumnya, saya mohon kepada pengunjung sekalian untuk tidak terpancing dengan rahasia-rahasia yang saya beberkan ini. Semua resiko pada saat membaca ditanggung sendiri dan tidak ada tuntutan apapun jika suatu saat terjadi bentrok antara pembaca dengan istri (bagi yang sudah beristri). Artikel ini memang sedikit di khususkan buat pembaca yang masih bujangan dan tentunya berjenis kelamin Laki-laki/Pria/Cowok atau Om-om yang ingin mencari istri baru. Berikut rahasianya...


  1. Seorang Istri yang cantik, pintar bersolek, memasak dan mengurus rumah adalah penting.

  2. Seorang Istri yang periang, enerjik, dapat membuat kita tertawa dan menghibur di kala susah juga penting.

  3. Seorang Istri yang pengertian, soleh, jujur taat beribadah dan dapat dipercaya itu sangat penting.

  4. Seorang Istri yang dapat memahami dan memuaskan anda lahir batin juga tidak kalah penting.

  5. Tapi yang paling penting adalah, keempat istri-istri tersebut di atas jangan sampai saling mengenal satu sama lainnya.

Sekian tips memilih istri yang sempurna, jika ada yang tidak berkenan jangan cepat terpancing emosi, langsung aja di salurkan lewat komentar di bawah ini...! sampai jumpa dengan postingan selanjutnya... NB : Maaf kalau postingannya ga' sesuai dengan keinginan. (dikutif dari milis singkep karena di anggap menarik)

Read more >>

Persiapan PON 2012 Di Provinsi Riau

Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke VIII 2011 di Provinsi Riau - Provinsi Riau yang beribukotakan Pekanbaru dipercayakan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke VIII di tahun 2012. Persiapan PON ini sudah dilakukan sejak dini karena mengingat masih banyak fasilitas-fasilitas gedung olahraga yang belum terealisasi. Banyak pembangunan gedung-gedung olahraga yang sekarang sedang gencar-gencarnya dibangun diberbagai tempat yang ada di kawasan kota Pekanbaru. Hal ini menunjukkan bahwasanya Provinsi Riau tidak ingin di cap sebagai tuan rumah yang tidak siap dalam penyelenggaraan PON yang ke-XVIII tersebut.

Saya sebagai masyarakat pendatang yang ada di kota Pekanbaru ini sangat bangga dengan hasil dan kerja keras yang dilakukan pemerintah provinsi Riau dalam menomor satukan dunia olahraga yang ada di Provinsi Riau. Hal ini akan berdampak positif sekali bagi perkembangan dunia olahraga yang ada di provinsi ini dan dapat menyalurkan bakat-bakat terpendam yang ada pada atlit-atlit baik yang ada di kota maupun yang ada di daerah-daerah terpencil seperti atlit-atlit yang ada di setiap kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Mudah-mudahan ditahun 2012 nanti saya bisa menyaksikan secara langsung pertandigan dan perlombaan Pekan Olahraga Nasional yang diadakan di Provinsi Riau. (Amin)
Read more >>

Kedatangan Barack Obama Ke Indonesia

Baru-baru ini saya melihat banyak sekali aksi-aksi yang menentang kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia. Aksi-aksi ini di lakukan berdasarkan sudut pandang masing-masing demonstran dalam menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah Indonesia yang tidak lama lagi akan menerima kedatangan Presiden Amerika Serikat yang bernama lengkap Barack Hussein Obama (Honolulu, Hawai 4 Agustus 1961) itu.

Dari satu sisi saya menilai kedatangan Barack Obama ini merupakan hal yang wajar-wajar saja sebagai kegiatan kenegaraan dalam hal hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Amerika. Mungkin banyak sekali membahas tentang usaha-usaha yang ujung-ujungnya akan melibatkan kemakmuran rakyat antara kedua belah negara. Entah itu masalah sosial, ekonomi, keamanan, dan lain-lain.

Tapi bagi para demonstran dan masyarakat-masyarakat lain yang memandang dari segi kemudharatannya, kedatangan Barack Obama ke Indonesia merupakan suatu momok atau kebencian yang akan melanda bagi kehidupan masyarakat yang ada di Indonesia. Memandang negera Amerika sebagai negara yahudi dan memandang negara Amerika sebagai negara dedengkotnya pembantaian kaum Muslim yang ada di tanah Arab. Hal ini merupakan suatu alasan yang saya rasa sangat tidak rasional untuk di jadikan sebagai aksi penolakan kedatangan presiden Amerika ke Indonesia. Coba kita cerna lagi makna sebagai seorang Muslim yang cinta akan kedamaian, saya sangat menghormati sifat Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul Allah yang selalu menghormati tamunya walaupun tamu beliau adalah seorang musuh besar di medan perang...
Read more >>

Aksi Terorisme Di Indonesia

Berdasarkan informasi-informasi yang saya baca dan saya dengarkan di TV, ternyata terorisme di negara kita masih saja membuat ketentraman hati masyarakat kembali terguncang. Hal ini juga saya rasakan pada saat menyaksikan tayangan di TV tentang aksi penembakan yang terjadi antara Densus 88 dengan pihak tersangka teroris yang terjadi di wilayah Aceh baru-baru ini. Melihat teroris yang mati tertembak rasanya sungguh mengerikan apalagi melihat korban-korban yang berjatuhan akibat serangan yang dilakukan oleh pihak teroris. Sebenarnya kedua-duanya hanyalah melibatkan nyawa seseorang dan alhasil juga mengakibatkan trouma bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.
Alangkah indahnya negara ini jika para teroris yang ada di negara kita beserta aparat Densus 88 di ajak untuk masuk kedalam komunitas blogger. Biar kita bisa perang PR (Page Rank) bertarung dengan posting-posting yang bermanfaat, mencerdaskan kehidupan bangsa dan tanpa melibatkan nyawa seseorang dalam kehidupan di alam maya ini. Sekali lagi, tolong fikirkan jalan damai untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
Read more >>

Thursday, March 18, 2010

Trouma Dengan Jadwal

Sebenarnya mo ngungkapin perasaan aq aja, setelah pada waku sebelumnya jadwal seminarku di batalkan karena dosen2 kesayangan ku lagi ada kegiatan penting (alias rapat). Maklumlah manajemen di kampus harus di nomor 1 kan dari pada kepentingan mahasiswa. Yang jelas asal jangan dimarahin sama atasan aja (kaleee...). Mahasiswa memang kebanyakan pengkritis, tapi bukan aq, aq takut ah mengkritis kampus..., bahaya, maklum... aq hanya manusia biasa yang haus sama ilmu makanya mau kuliah di jurusanku, walaupun akhir2 ini digelar sebagai pahlawan kesiangan (ga' pa2lah, yg penting ada juga gelarku).

So... sekarang aq lagi nunggu di atas Castle dengan strategi game empires qu buat manahin pasukan helbeldier yang sombong make tombak tumpulnya. Mudah2an ga' terlalu ramai pasukan invanterinya, biar ga' kewalahan kaleeee...
Jadi cerita ini hanya cerita fiktif belaka, karena troumanya dengan jadwal seminar yang udah lebih dari 3 kali di undur2 terus... jadi curhat ini ga' ngelibat siapa2, kecuali yang membacanya...!

Read more >>

Tokoh Linux - Linus Benedict Torvalds

Linus Benedict Torvalds lahir di Helsinki, Finlandia, 28 Desember 1969, merupakan rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan Kernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut. Linux terinsipirasi oleh Minix (suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan suatu sistem operasi mirip-Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan pada suatu PC. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain.

Ketika Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia pendiam membagi-bagikan kode sumber (source code) kernel Linux seukuran disket via internet di tahun 1991, ia sama sekali tidak menduga bahwa apa yang dimulainya melahirkan sebuah bisnis bernilai milyaran dolar di kemudian hari.

Ia bahkan tidak menduga Linux kemudian menjadi sistem operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan ke dalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, handphone, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik buatan NASA.

Tidak hanya itu, banyak maniak Linux (Linuxer) yang membeli perangkat buatan Apple dan mengganti sistem operasinya dengan Linux. Bagi saya itu sedikit gila, mengingat menghapus sistem operasi Mac & iPod berarti membuang duit dan menggantinya sistem operasinya cukup sulit dibanding desktop berbasis Windows. Saat ini 20% pangsa pasar desktop di seluruh dunia menggunakan Linux jauh di atas Machintosh dan terus mengejar desktop Windows. Dan 12,7% server di seluruh dunia menggunakan Linux, jauh di atas UNIX, BSD, Solaris, dan terus meningkat menggerus pangsa pasar server Microsoft.

Saat ini Linus meninggalkan posisi menjanjikan di perusahaan semi konduktor Transmeta dan tinggal bersama istri dan 3 anaknya di sebuah bukit di desa di Portland, Oregon, USA, berdekatan dengan markas Open Source Development Labs. Organisasi nirlaba ini diawaki oleh 20-an programmer yang punya gairah hampir sama dengan Linus. Mereka terus mengembangkan kernel Linux yang kini berukuran 290-an MegaBytes atau melebihi 9 milyar baris kode. Linux beserta timnya menerima masukan baris-baris kode dari seluruh penjuru dunia, menyortir, menetapkan skala prioritas dan memasukkan gagasan paling brilian ke dalam kernel. LSD sendiri disokong oleh puluhan raksasa IT seperti IBM, HP, Dell dan Sun, baik dari sisi materi maupun sumber daya manusia.

Linus bukan orang pertama yang membagi-bagikan source code karena pola ini adalah hal yang biasa di masa awal tumbuhnya industri komputer. Tapi Linus sukses menetapkan standar yang memaksa banyak pengembang ikut membebaskan kode sumber program mereka, mulai dari BSD, Solaris, Suse, Java hingga Adobe.

Meski hanya bergaji ratusan ribu dolar pertahun, Linus telah menciptakan banyak multimilyuner dalam industri komputer mulai dari RedHat, Suse, Debian, Mandriva, Ubuntu dan banyak developer software open source lainnya. Hampir tak ada yang berubah dari Linus. Ketika ia datang terlambat di suatu konferensi IT, ia bahkan tak segan-segan duduk di lantai dengan celana pendek dan sepatu-sandal kesukaannya. Ia bahkan tidak marah tatkala memberikan pidato di mimbar dan diinterupsi oleh beberapa programmer BSD yang maju ke depan panggung yang mengklaim bahwa kernel BSD jauh lebih hebat ketimbang kernel Linux. Ia bahkan tidak segan-segan memakai T-Shirt BSD yang disodorkan pemrotes dan melanjutkan pidatonya.

Menurut Linus, apa yang dilakukannya hanyalah untuk berbagi. Berbeda dengan Richard M Stallman yang fanatik dengan konsep free software, Linus hanya menekankan sisi keterbukaan (open), tak peduli apakah kemudian dalam suatu sistem operasi bercampur program free dan proprietery.

Setiap kata-kata Linus hampir menjadi sabda di kalangan Linuxer yang menciptakan standar nilai tertentu. Setiap publikasi, pidato, email dab press releasenya selalu ditunggu-tunggu jutaan orang. Di sela kesibukannya, Linus menyempatkan diri bersepeda menuruni bukit dan minum di bar desa. Bila ada nabi dalam dunia komputer, bisa dipastikan itu Linus (dan Steve Wozniak). Dan setannya tentu Bill Gates :)

Sumber : Wikipedia
Read more >>

Thursday, March 11, 2010

Doa - Dari Komunitas Upin Ipin

Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Pengasih... Ya Allah... limpahkan aku dengan kecerdikan fikiran dan kewaspadaan... serta jauhkan aku daripada kebodohan dan kesesatan... Sediakan bahagian ku daripada kebaikan yang kau turunkan... demi kemurahan Mu... wahai Tuhan Maha Pemurah daripada segala dermawan... Ya Allah... ampunilah segala dosaku ... dan jauhkanlah aku dari azab seksa api nerakaMu... dan azab seksa di alam baqa serta jauhkanlah dari seksanya ketika sakaratulmaut... Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah zat yang menghimpunkan manusia pada hari Qiamat... Sesungguhnya Engkau tidak akan menyalahi janji... Ya Allah... himpunkanlah apa yang ku inginkan ... (sebutkan keinginan-keinginan tersebut)... kerana sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa ke atas segala sesuatu... Ya Allah... tambahkanlah kepadaku ilmu... dan berikanlah aku faham dengan pengertian yang baik... Ya Allah... aku memohon padaMu petunjuk, ketaqwaan, kesucian tubuh dan kekayaan jiwa... Ya Allah... matikanlah aku dengan mati yang baik (mampu mengucap kalimah syahadah)... dan janganlah matikan aku dengan mati yang buruk dan keji (mati tidak beriman) Ya Allah... tetapkanlah kami dalam agama Islam... dan ampunkanlah segala dosa-dosa yang telah dilakukan samada sengaja ataupun tidak... dan peliharalah iman kami... Amin Ya Rabbal 'alamin...
Read more >>

Wednesday, March 10, 2010

Jadwal Seminar Di Undur Lagi

Setelah di undur 2 kali gara-gara dosen lagi LPJ dan persiapan akreditasi jurusan, kali ini jadwal seminar saya lagi-lagi di undurkan, dan entah sampai kapan saya pun tidak bisa memastikannya. Mudah-mudahan tidak terlalu lama. Rasanya pada saat sekarang ini, tidak perlu lagi mengandalkan emosi untuk mencari sebuah solusi, dan yang seharusnya saya lakukan adalah banyak berfikir ke depan untuk menjalaninya dan melihat kebelakang atas kesalahan-kesalahan yang sudah pernah diperbuat. Kuliah adalah salah satu bagian dari kehidupan saya dan saya harus menjalaninya walaupun kenyataannya seperti ini. Bersabar adalah jalan yang terbaik untuk saat ini...
Read more >>

Keuntungan Menggunakan Open Source

Motivasi dari penggunaan dan pengembangan SOS sangat beraneka ragam, mulai dari filosofi dan alasan etika sampai pada masalah praktis. Biasanya, keuntungan yang dirasakan pertama dari model open source adalah fakta bahwa ketersediaan open source diciptakan secara gratis atau dengan biaya yang rendah. Berikut beberapa keuntungan dalam penerapan open source.

Beberapa karakteristik yang menyebabkan Open Source model mendapatkan keuntungan:

a. Ketersedian source code dan hak untuk memodifikasi.

Ini merupakan hal yang penting. Hal ini menyebakan perubahan dan improvisasi pada produk software. Selain itu, hal ini memunculkan kemungkinan untuk meletakan kode pada hardware baru, agar dapat diadaptasi pada situasi yang berubah-ubah, dan menjangkau pemahaman bagimana sistem itu bekerja secara rinci.

b. Hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada kode.

Hal ini merupakan titik perbedaan OSS dengan Free Software. Pada kenyataannya, hak pendistribusian diakui dan merupakan hal yang umum, ini adalah hal yang berpengaruh bagi sekumpulan developer (pengembang) untuk bekerja bersama dalam project OSS.

c. Hak untuk menggunakan software .

Ini merupakan kombinasi dari hak pendistribusian, menjamin jika software cukup berguna beberapa user yang mana membantu dalam menciptakan pasar untuk mendukung dan berlangganan software. Hal ini juga membantu dalam improvisasi kualitas dari produk dan improvisasi secara fungsi. Selain itu akan menyebabkan sejumlah user untuk mencoba produk dan mungkin menggunakannya secara reguler.

(Sumber : internet dan dijadikan sebagai Laporan Kerja Praktek kuliah)
Read more >>

Lisensi Open Source

Untuk postingan kali ini saya masih mengangkat tajuk mengenai Open Source, setelah pada postingan sebelumnya saya membahas tentang "Sejarah Singkat Open Source" dan "Definisi Open Source", rasanya tidak lengkap kalau tidak membahas tentang "Lisensi Open Source". Postingan ini di maksudkan untuk mengetahui lebih dalam tentang Open Source itu sendiri. Berikut secara singkat beberapa lisensi umum pada open source software, diantaranya sebagai berikut :

- BSD (Berkeley Software Distribution)

Secara ringkas, pendistribusian dapat dilakukan sepanjang berhubungan dengan software, meliputi penggunaan propierty produk. Pencipta hanya ingin pekerjaan mereka dikenali dan tanpa memerlukan biaya. Hal ini menjadi penting karena lisensi ini tidak melibatkan beberapa pembatasan dengan menjamin dan berorientasi pada turunan awal open source.

- GPL (GNU General Public Licence)

Ini adalah lisensi bagi software yang bernaung dalam distribusi GNU Project. Saat ini masih dapat kita jumpai/menemukan banyak software yang tidak berkaitan dengan GNU Project. GPL secara hati-hati didesain untuk mempromosikan produk dari free software dan karena itu, secara eksplisit melarang beberapa tindakan pada software yang dapat merusak integrasi dari GPL software pada program proprietary (kepemilkan). GPL berdasar pada Undang-undang Internasional yang menjamin pelaksanaannya. Karakterisitik utama dari GPL meliputi pendistribusian, tapi hanya jika souce code itu tersedia dan juga dijamin serta mengijinkan pendistribusian source, mengijinkan modifikasi tanpa pembatasan dan integrasi lengkap dengan software lain.

- MPL ( Mozilla Public Licence )

Ini adalah lisensi yang dibuat oleh Netscape dalam mendistribusi kode dari Mozilla, versi baru dari navigator jaringan. Banyak respek yang mirip dengan GPL tetapi lebih berorientasi pada perusahaan level enterprise.

- Lainya seperti : Qt ( oleh Troll-Tech ), X Consortium dan lain-lain.

(Sumber : internet dan dijadikan sebagai Laporan Kerja Praktek kuliah)
Read more >>

Definisi Open Source

Dalam bahasa inggris, free software memiliki arti yang ambigu. Dari kata free itu sendiri yang dapat berarti bebas atau gratis. Oleh sebab itu, kita akan menggunakan konsep Open Source berdasarkan kebebasan user dalam menggunakan, pendistribusian dan lainnya serta software gratis (tanpa biaya).
Open source adalah istilah untuk software yang kode programnya disediakan oleh pengembangnya untuk umum agar dapat dipelajari cara kerjanya, diubah atau dikembangkan lebih lanjut, dan dapat disebarluaskan kepada orang lain. Jika pembuat program melarang orang lain untuk mengubah dan atau menyebarluaskan program buatannya, maka program itu bukanlah bersifat open source, meskipun kode programnya tersedia.

Open source merupakan salah satu syarat free software. Free software pasti OSS, namun OSS belum tentu free software. Salah satu contoh free software disini adalah Linux. Dan contoh open source software adalah FreeBSD. Linux yang berlisensi free software tidak dapat diubah menjadi berlisensi tidak free software, sedangkan FreeBSD yang berlisensi OSS dapat diubah menjadi tidak open source. FreeBSD merupakan salah satu dasar untuk membuat Mac OSX yang bersifat tidak open source.

Istilah open source yang kode programnya terbuka, baru dipopulerkan pada tahun 1998. Namun, sejarah peranti lunak open source sendiri bisa ditarik jauh ke belakang semenjak kultur hacker berkembang di laboratorium-laboratorium komputer di universitas-universitas Amerika seperti Stanford, Berkeley, Carnegie Mellon, dan MIT pada tahun 1960 dan 1970.

Adapun definisi utama dari karakteristik Open Source adalah kebebasan dari user untuk :
  1. Menggunakan software sesuai dengan keinginannya, untuk apapun yang mereka inginkan, pada beberapa komputer dalam situasi yang tepat secara teknis.

  2. Memiliki software yang tersedia sesuai kebutuhan. Tentu saja meliputi improvisasi, perbaikan bugs, memperbesar fungsinya dan dokumentasi pengoperasiannya.

  3. Mendistribusikan software kepada user lainnya, untuk digunakan berdasarkan kebutuhannya. Pendistribusian bisa saja free, atau dengan biaya.

(Sumber : internet dan Laporan Kerja Praktek kuliah)
    Read more >>

    Sejarah Singkat Open Source

    Awalnya ketika sebuah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi informasi yang bernama IBM menjual komputer komersial large scale pertama pada tahun 1960. Perusahaan IBM muncul dengan beberapa software yang free, maksudnya adalah secara bebas dibagikan diantara pengguna, mulai dari kode program dan kemudian improvisasi dan modifikasi. Pada akhir tahun 1960, situasi ini mulai berubah setelah perusahaan tersebut mulai mempaketkan software-softwarenya pada pertengahan tahun 1970, software yang dipaketnya sudah mulai terbiasa dengan software-software yang tidak bebas lagi, dimana menyebabkan para pengguna tidak diizinkan untuk mendistribusikan software tersebut dan kode program yang tidak dibebaskan lagi sehingga para pengguna tidak dapat memodifikasi program tersebut.

    Pada akhir tahun 1970 serta awal tahun 1980, dua kelompok yang berbeda mulai terbentuk dengan berdasarkan Open Source Software (OSS) yaitu di pesisir timur Amerika, Richard Stallman, seorang programmer formal MIT AI lab, mengundurkan diri dan meluncurkan GNU (Gnu’s not Unix)/GPL (General Public License) Project dan Free Software Foundation (FSF). Tujuan pokok dari GNU Project adalah membangun sistem operasi yang gratis dan Richard memulainya dengan kode-kode program dari beberapa programming tools seperti pengompilasi bahasa pemrograman C, editor text ,dan lain lain. Sebagai tools yang legal, GNU didesain bukan hanya untuk menjamin bahwa software yang dihasilkan GNU tetap free, tetapi juga untuk mengembangkan produksi dari free software. Dari segi filosofi, Richard Stallman juga menulis GNU manifesto, mulai dari ketersedianan kode program dan kebebasan untuk mendistribusikan serta memodifikasi software adalah azas yang mendasar.

    Sedangkan di pesisir barat Amerika, Computer Science Research Group (CSRG) dari Universitas California di Barkeley tengah mengembangkan sistem Unix dan membangun sejumlah aplikasi yang kemudian dikenal dengan Berkeley Software Distribution (BSD) Unix. Usaha ini didanai penuh oleh sebuah perusahaan secara kontrak dan jaringan komunitas hacker Unix diseluruh dunia membantu dalam debugging, pemeliharaan serta improvisasi sistem. Selama beberapa waktu, software tidak didistribusikan diluar komunitas holders dari lisensi AT&T Unix. Tetapi pada akhir tahun 1980, software akhirnya didistribusikan dibawah lisensi BSD, satu dari lisensi open source pertama. Sayangnya, setiap kali user dari BSD Unix memerlukan lisensi AT&T Unix, sejak beberapa bagian dari kernel dan sejumlah utility penting, yang diperlukan untuk penggunaan sistem tetap menjadi software yang bukan free lagi.

    Sepanjang tahun 1980 sampai awal 1990, software open source (SOS) melanjutkan perkembangannya, dimulai dari beberapa kelompok yang terisolasi. Hadirnya internet sangat membantu dalam upaya pengkoordinasian antar negara dan membangun komunitas user yang kuat. Secara perlahan, banyak software yang telah dikembangkan mulai berintegrasi. Hasil dari integrasi itu, lingkungan yang lengkap dapat dibangun pada Unix sebagai penggunaan SOS. Pada banyak kasus, sistem administrator mulai mengganti tools standar dengan GNU Program. Pada saat itu, banyak aplikasi yang mulai menjadi yang terbaik seperti utiliti Unix, compiler dan lain-lain.

    Sepanjang tahun 1991-1992, keseluruhan ruang lingkup SOS dan pengembangan software pada umumnya, telah mulai berubah. Ada dua kejadian menarik yang terjadi waktu itu walau berbeda komunitas, diantaranya di California, Bill Jolitz mengimplementasikan bagian yang gagal menjadi distribusi Net/2, sampai dengan siap berjalan pada mesin i386. Net/2 adalah hasil upaya CSRG untuk menghalangi BSD Unix yang mana merupakan free code dari hak cipta AT&T. Bill menyebut hasil pekerjaannya dengan 386BSD dan secara cepat lebih disukai dibandingkan dengan BSD dan komunitas Unix. 386BSD tidak hanya terdiri dari kernel tetapi juga utilitas lainnya, yang membuat sistem operasi yang lengkap. Pekerjaan ini di dilengkapi dengan lisensi BSD yang mana ikut membuatnya menjadi software ber-flatform gratis. 386BSD juga terdiri dari free software dengan lisensi lainnya sebagai contoh GNU Compiler.

    Sedangkan di Finlandia, Linus Torvalds, pelajar yang mendalami ilmu komputer, tidak senang dengan Minix milik Tanenbaum, mengimplementasikan linux kernel versi pertama. Kemudian, banyak orang mulai berkolaborasi untuk membuat kernel ini menjadi lebih berguna dan menambahkan banyak utility untuk melengkapinya menjadi GNU/Linux, sistem operasi real. Kernel linux dan aplikasi GNU yang digunakan dillindungi oleh GPL.

    Tahun 1993, GNU/Linux dan 386BSD menjadi flatform yang stabil. Sejak itu, 386BSD mulai berkembang menjadi keluarga dari sistem operasi berdasarkan BSD (NetBSD, FreeBSD, OpenBSB), dimana kernel linux berkembang dan mulai digunakan pada distribusi GNU/Linux seperti Slackware, Debian, Red Hat, Suse, Mandrake dan lainnya.

    Akhir tahun 1980, adalah tahun yang menyenangkan dimana orang-orang mulai respek terhadap SOS. Sistem open source berdasarkan GNU/Linux atau BSD mulai mendapat sambutan public dan menjadi alternatif yang nyata bagi pemilik sistem, dan sangat bersaingan ketat dengan pemimpin pasar pada saat itu seperti Microsoft.
    (dikutif dari berbagai sumber di internet dan dijadikan sebagai Laporan Kerja Praktek kuliah)
    Read more >>

    Saturday, March 6, 2010

    Jadwal Seminar Proposal Keluar

    Setelah melalui masa jeda perkuliahan sekitar lebih urang 2 bulan akhirnya saya di beri jadwal oleh koordinator Tugas Akhir (TA) untuk melaksanakan seminar Proposal TA. Mudah-mudahan pada harinya nanti saya di berikan ketenangan dalam melakukan presentasi dan menjawab segala semua pertanyaan-pertanyaan yang di berikan oleh dosen-dosen penguji. Senang rasanya bisa seminar, artinya tinggal 2 langkah kedepan lagi saya akan melewati masa-masa pendidikan saya di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru (UIN SUSKA RIAU) untuk jenjang Strata 1 (S1). Doakan ya, supaya saya lulus pada ujian proposal nanti ! (Thank's !)


    Read more >>

    Wednesday, March 3, 2010

    Bukan Sekedar Blogger Bertuah

    Bukan sekedar blogger bertuah adalah tema dari kontes blog bukan sekedar blogger bertuah yang diadakan oleh komunitas blogger bertuah pekanbaru. Kontes bukan sekedar blogger bertuah pekanbaru ini merupakan kegiatan yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan hubungan silaturrahmi antara sesama blogger bertuah pekanbaru. Kontes ini melibatkan seluruh anggota komunitas bertuah pekanbaru yang nantinya akan di lihat berdasarkan SEO (Search Engine Optimizer) oleh google dengan berdasarkan mutu postingan yang ditampilkan pada tiap blog masing-masing peserta kontes. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan sebagai wahana untuk meningkatkan kualitas blog pribadi saya.
    Read more >>

    Monday, March 1, 2010

    Kunjungi Website Pribadiku di www.tengkukhairil.net

    Subhanallah Wallhamdulillah…. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat kepada saya atas munculnya wajah baru peluncuran website saya dengan domain www.tengkukhairil.net. Terima kasih yang tak terhingga kepada kedua orang tua saya yang tercinta, dinda yang jauh dimata, saudara-saudara saya baik berada di kampung halaman maupun yang berada diperantauan, buat teman-teman seperjuangan serta kepada orang-orang yang telah terkait didalam pembuatan website tsb. Terkhusus buat ICT-Center Pekanbaru yang telah membesarkan saya.

    Website yang saya luncurkan dengan doamain www.tengkukhairil.net merupakan website yang ketiga dengan menggunakan template wordpress yang tujuannya ingin mengimplementasian ilmu yang saya dapatkan selama saya belajar di ICT Center SMK Labor Pekanbaru. Website tengkukhairil.net juga akan saya persembahkan buat teman-teman yang ingin memperoleh informasi-informasi yang di anggap penting dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Semoga dengan hadirnya wajah baru website saya ini dapat menambah wawasan saya dan juga teman-teman pengunjung sekalian serta dapat menjalin tali silaturrahim antara saya dengan teman-teman dan antara teman-teman dengan pengunjung lainnya…

    Akhirnya, kritik dan saran dari teman-teman sangatlah diharapkan sekali, untuk dapat lebih mengetahui segala kekurangan saya serta agar dapat mengembangankan ilmu pengetahuan secara komplit…
    Read more >>

    Milad Ke-1 Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru

    "Tahniah...", "Tahniah...", "Tahniah..."

    Selamat Hari Jadi Yang Pertama Buat Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru. Semoga Komunitas ini Bisa Menjadi Komunitas Yang Dapat Mengangkat Marwah Bumi Tanah Melayu Riau Khsusnya Pekanbaru Yang Selalu Menyesuaikan dengan Nilai-nilai dan Norma Agama serta Adat Melayu yang Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu. "Tak kan Melayu Hilang Di Bumi...".

    (http://www.tengkukhairil.net) - 28 Februari 2010 -
    Read more >>

    Yang Paling Banyak Dicari

     

    Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar