Thursday, June 18, 2009

Mencegah Copas dengan Copyscape

copyscapeCopyscape merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita untuk menemukan salinan dari konten yang ada di halaman web atau blog. Proses kerjanya sangatlah simple, copyscape akan mencari halaman blog/web yang memiliki salinan konten yang sama, baik antara blog/web anda dengan orang lain maupun blog/web orang lain yang anda copas.

Copyscape menyediakan dua pilihan layanan. Diantaranya :

- Free Service :

Untuk layanan Copyscape Free Service, menyediakan banner untuk diletakkan pada halaman blog/web anda. Banner copyscape tersebut memberikan peringatan kepada orang lain yang akan mencopy konten dari blog anda. Banyak pilihan yag disediakan. Anda dapat mendownload bannernya di :

NB : Untuk layanan gratis ini, Copyscape akan menampilkan 10 halaman pertama saja.

- Premium Service :

Copyscape Premium menyediakan lebih plagiat yang lebih kuat dibandingkan dengan layanan gratis. Copyscape akan memeriksa seluruh situs yang terkait dengan konten yang anda punya dan dapat mencari salinan konten yang berstatus offline.

Untuk mencoba layanan gratis Copyscape silah kan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Masuk ke alamat : http://www.copyscape.com/

2. Ketikkan alamat blog/web anda dan klik “Go”

3. Copyscape akan menampilkan hasil penemuan konten blog/website terkait

Selamat mencoba !

Read more >>

Pengalaman Pertama Nyanyi Solo

Di saat lagi bingung menentukan tema apa yang ingin saya posting, saya teringat akan sebuah kejadian yang sampai saat sekarang ini sulit untuk dilupakan. Kejadian tersebut terjadi pada saat saya duduk di bangku sekolah menengah pertama, tepatnya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Dabo Singkep. Saya teringat saat pertama kali menyanyikan lagu solo pada acara Show yang diadakan oleh di Taman Ria Dabo Singkep. Adapun judul lagu yang saya bawakan pada saat itu adalah “Mungkinkah” dari grup band nya Stinky.

Pada saat itu, saya hanya mengandalkan suara jelek yang pas-pasan dan masih belum tahu bagaimana cara bernyanyi dengan baik. Alhasil, pada saat lagu dinyanyikan, banyak sekali para penonton yang ngantuk dan kabur gara-gara kedahsyatan suara saya. Memang kejadian yang cukup manis tapi tragis bagi saya... Tapi setelah saya fikir-fikir, kejadian tersebut menjadi kenangan yang terindah di masa remaja saya dan takkan pernah saya lupakan.

Adapun lirik lagu tersebut seperti dibawah ini:

 

Mungkinkah by Stinky

 

Tetes air mata basahi pipimu

Disaat kita kan berpisah

Terucapkan janji padamu kasihku

Takkan kulupakan dirimu

Begitu beratnya kau lepas diriku

Sebut namaku jika kau rindukan aku

Aku akan datang...

Mungkinkah...

Kitakan slalu bersama

Walau terbentang jarak antara kita

Biarkan...

Kupeluk erat bayangmu

Tuk melepaskan semua kerinduanku

Kau ku sayang slalu kujaga

Takkan ku lepas slamanya

Hilangkanlah keraguanmu

Pada diriku disaat kujauh darimu...

Lambaian tanganmu iringi langkahku

Terbesit tanya dihatimu

Akankah diriku kan tetap milikmu

Saat kembali di pelukanku...

 

Selain mengingatkan pada kejadian diatas, lagu tersebut pernah memberikan kenangan manis pada saat saya mengikuti pertandingan Sepak Takraw mewakili Kabupaten Kepri (Sebelum menjadi Provinsi Kepri) yang diadakan di Pekanbaru Provinsi Riau. Pada saat itu, lagu tersebut cukup menghibur teman-teman atlit saya pada saat saya menyanyikan solo ditengah ngumpul-ngumpul kebo pada saat waktu senggang di asrama tempat kami beristirahat. Sungguh kenangan yang manis ketika saya mengingat kejadian tersebut. Dan sekarang entah kejadian apa lagi yang akan saya ingat yang berkenaan dengan lagu tersebut…

 

Tunggu kejadian berikutnya…

Read more >>

Wednesday, June 17, 2009

Pantun Untuk Pembawa Acara (Protokol)

Sekedar ingin membuat dokumentasi kegiatan yang berupa rentetan pantun untuk pembawa acara resmi (protokol). Pantun ini saya postingkan sekedar ingin mengembalikan memori ingatan saya jika suatu saat saya lupa atau membutuhkan lagi pantun untuk pembawa acara resmi ini. Berikut pantun yang pernah saya bawakan pada saat saya ditunjuk menjadi protokol di acara pengukuhan alumni siswa-siswi SMK Labor Pekanbaru priode 2008/2009 :

PANTUN PEMBUKA:
Jalan yang gelap usah risaukan
Untuk penerang bawalah obor
Selamat datang kami ucapkan
Diacara perpisahan SMK Labor

PEMBACAAN KALAM ILAHI:
Disungai Siak nak dara mandi
Berkemban panjang menutup diri
Acara dijelang sebentar lagi
Semoga mendapat restu Illahi

Pergi ke Sumbar naik bus UNRI
Di kelok sembilan jalan menurun
Kalau nak elok budi pekerti
Orang pidato jangan melamun

KESAN DAN PESAN DARI PERWAKILAN SISWI:
Dah naik pendi nak naik delman
Konon nak nyelesaikan banyak urusan
kepade dinde Rani kami persilahkan
Tuk menyampaikan kesan dan pesan

KATA SAMBUTAN DARI KEPALA SEKOLAH:
Matahari terbenam di kala petang
Pak Hendri duduk melepas penat
Sekapur sirih acara dijelang
Berisikan kabar dan juga nasehat

KATA SAMBUTAN DARI KETUA YAYASAN:
Cik Ainun bertanak dalam periuk
Tak lupe pakai garam beryodium
Jangan beranjak dari tempat duduk
Sebab Pak Alfian nak naik podium

KATA SAMBUTAN DARI KEPALA DINAS:
Nak ke Siak naik sampan
Sebelum Perawang singgah di Minas
Kata sambutan dan juga pengarahan
Disampaikan oleh bapak kepala dinas

PENUTUP:
Bujang dan dara tinggi semampai
Senyum dan sapa menggugah naluri
Lagu dan tari sudahpun usai
Saatnya kami berundur diri

Matahari terbit setiap pagi
Sinarnya memerah meberi hangat
Entahlah bila berjumpa lagi
Kenangan yang indah hendaknya di ingat
Read more >>

Tuesday, June 16, 2009

Info Ujian Nasional SMK Labor Pekanbaru

Senin 15 Juni 2009, Sekolah Menengah Kejuruan Pekanbaru (SMK Labor Pekanbaru) telah mengumumkan kelulusan atas siswa-siswinya lewat sebuah website Informasi Kelulusan Ujian Nasional SMK Labor Pekanbaru yang aksesnya dibuka tepat pada pukul 16:00 WIB sore. Pengumuman kelulusan yang di luncurkan lewat website ini telah dilaksanakan dua kali sejak tahun 2008 yang lalu. Dan sepertinya hal ini baru terjadi pertama kali di Provinsi Riau oleh SMK Labor Pekanbaru sebagai sekolah yang mengumumkan informasi kelulusan ujian nasional tersebut lewat website dengan memanfaatkan media internet.

Informasi kelulusan lewat media internet ini banyak sekali memberikan keuntungan-keuntungan, baik yang dirasakan oleh pihak sekolah maupun dari siswa-siswinya. Dan sepertinya, memang pada hari tersebut seperti tidak terjadi apa-apa, karena seluruh siswa-siswi tingkat XII SMK Labor lebih banyak menuju kewarnet atau koneksi-koneksi terdekat yang berada di sekolah.

Selain itu, dengan memanfaatkan sebuah situs sebagai media untuk mengumumkan kelulusan hasil ujian nasional, hal ini sangat sejalan dengan pendapat Hendripides M.Si sebagai kepala sekolah SMK Labor pekanbaru, yang menginginkan pada saat hari diumumkannya kelulusan siswa-siswi SMK Labor Pekanbaru dapat melakukannya dengan aman dan tertib serta tidak menggunakan kertas atau amplop sebagai media penghantar informasi dari sekolah ke siswa-siswinya. Dan hal inipun terealisasi berkat sistem baru yang diterapkan oleh SMK Labor dalam memanfaatkan dunia teknologi informasi.
Read more >>

Monday, June 15, 2009

Valentino Rossi Yang Terdepan

Walaupun agak terlambat, akhirnya saya kembali dengan seputar dunia balap, yang pastinya balap MotoGP di Catalunya. Walaupun tidak sempat mandi sore namun putaran demi putaran tidak terlewatkan untuk melihat pertarungan sengit antara tiga pembalap terdepan, Rossi, Lorenzo dan Stonner. Sungguh pertarungan yang sangat sengit antara pembalap-pembalap tersebut.

Yang tak kalah serunya lagi, perang satu tim yang terjadi di kubu Yamaha Fiat Team antara The Doctor dengan Bocah Ajaib. Dan takjubnya The Doctor dengan ciri khas pembalap yang tenang dan sarat akan pengalaman berhasil finish pertama setelah melewati pertarungan sengit pada lap-lap terakhir. Akhirnya The Doctor ku kembali lagi naik podium dengan urutan teratas di Catalunya. Puas,,, puas,,, puas,,,
Read more >>

Sunday, June 14, 2009

Rusli Zainal Sang Visioner

Rusli zainal sang visioner ? Mengapa saya harus memposting Rusli zainal sang visioner ? Pertanyaannya tentang siapa "Rusli zainal sang visioner" sangatlah gampang sekali untuk di jawab jika anda mengetahui seluk beluk tentang Rusli Zainal. Untuk sementara anda bisa cari di google dengan mengetikkan keyword "Rusli Zainal Sang Visioner". Tunggu posting saya yang selanjutnya untuk mengetahui siapa, apa, dan bagaimana seorang tokoh Rusli zainal sang visioner, mudah-mudahan rasa penasaran anda akan hilang setelah membaca posting saya yang selanjutnya tentang Rusli Zainal Sebagai Sang Visioner ini... (To be continue)

Memang posting kali ini agak sedikit aneh dan tidak nyambung. Saya cuma ingin melihat apakah keyword yang saya masukkan terdeteksi ke google apa tidak. Dan kepada teman-teman yang lagi baca posting saya ini saya harap tidak merasa dirugikan dan tidak ada sekalipun niat saya untuk merugikan teman-teman dengan mempostingkan Rusli Zainal Sang Visioner ini....

Rusli zainal sang visioner, visioner, rusli zainal, sang visioner, Bang Rusli, lomba seo rusli zainal sang visioner
Read more >>

Saturday, June 13, 2009

Cara Menghilangkan NavBar

Beberapa blogger akan merasakan lebih enak jika melihat tampilan blognya dalam keadaan bersih tanpa harus ada bagian mencolok di bagian atas blognya sendiri (NavBar). Oleh karena itu, tidak sedikit para blogger menghapus NavBar yang terletak diatas header blog mereka. Timbul pertanyaan, Apakah perbuatan tersebut tidak melanggar Term of Service (TOS) ?
Sampai saat ini, banyak blogger yang telah menghilangkan Navbar mereka dan tidak mendapat teguran dari blogger. Yang artinya, hal tersebut tidak masalah untuk dilakukan. Nah, bagaimana menghilangkan Navigation Bar tersebut ?

Tengku Khairil Ahsyar
Navbar merupakan fasilitas yang dimiliki oleh Blogger/blogspot, bentuknya berupa kotak kecil memanjang kesamping yang letaknya berada di bagian paling atas dari blog yang fungsinya antara lain untuk mulai melakukan Sign In/out atau bisa juga membuat Blog baru. Navigation Bar juga bisa digunakan untuk melaporkan kecurangan atau tindak kejahatan weblog yang dilakukan oleh seorang blogger, misalnya kontent blognya yang melanggar TOS atau hal-hal yang dianggap merugikan orang lain.

Ada beberapa penyedia template yang memang sudah tidak ada NavBar-nya. Namun bagi kamu yang memakai template yang masih ada NavBarnya, berikut langkah singkat untuk menghilangkan NavBar nya.

1. Pertama Login dulu di Blogger.com / Blogspot.com
2. Setelah itu pilih Layout/Tata Letak dan pilih Edit HTML
3. Copy-kan script dibawah ini ke dalam tag head (antara head pembuka dan penutup)

#navbar-iframe {
display: none !important;
}

4. Jangan lupa di simpan.
5. Terakhir, lihat hasilnya dengan membuka blog anda.

Selamat Mencoba.....!!
Read more >>

Thursday, June 11, 2009

Search Engine Buatan Sendiri

Rasanya bisa bikin cepat ngetop hanya gara-gara memiliki search engine yang sering dikunjungi orang. Apalagi search engine-nya hampir mirip dengan providernya Google. Anda juga bisa memiliki search engine yang sama hebatnya seperti Google,  gimana ya caranya ? 

Sekarang ini banyak sekali orang menggunakan search engine dalam membantu memecahakan masalah-masalah yang ada didalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk mencari tugas kuliah, resep masakan, tutorial-tutorial, hiburan dan lain-lain. Ada beberapa search engine yang memberikan layanan dengan kelebihan masing-masing. Diantaranya yang ternama seperti Google dan yahoo. Rasanya tidak terbayangkan jika kita yang menjadi salah satu provider tersebut. Katakanlah seperti provider saya yang terkenal bernama AYEL, seperti gambar di atas.

Atau kalau anda tidak percaya silahkan klik gambar diatas dan lakukan pencarian. Maka anda akan merasakan search engine yang saya punya sama hebatnya dengan yang dimiliki oleh Google. 

Ya sudah, langsung saja saya kasih tau caranya :
1. Klik link ini : Buat Search Engine Pribadi
2. Trus isi nama anda
3. Pilih style yang anda inginkan
4. Pilih warna kesukaan anda
5. Terakhir, klik “Create My Search Engine” untuk membuat search engine.

Tapi jangan sampai ke G-ER-AN ya punya search engine sendiri. Itu cuma menggantikan image nya saja. Bukan benaran kita yang punya. Tapi menurut saya lumayanlah buat sekedar menambah pengetahuan kita.
Read more >>

Wednesday, June 10, 2009

Akhirnya Laporan KP ku Kelar

Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang telah memberikan kasih sayang dan usaha kepada hambanya. Akhirnya Laporan Kerja Praktek (KP) saya dapat di selesaikan pada bulan Mei kemarin. Oleh karena bertepatan dengan bulan kelahiran saya, maka tanggal pengesahan untuk laporan KP saya di beri sesuai dengan tanggal kelahiran saya yakni 20 Mei 2009.

Setelah segala daya dan upaya yang saya lakukan, mulai dari pembuatan proposal sampai dengan pembuatan laporan KP, cukup memberikan pengalaman yang sangat berarti bagi saya agar pada perjuangan berikutnya harus lebih baik lagi dari apa yang telah saya lakukan pada saat sekarang ini. Mungkin kalau dilihat dan dibandingkan dengan teman-teman yang telah selesai sebelum saya, apa yang saya alami sekarang ini belumlah seberapa. Dan hal ini pun saya rasakan pada diri saya sendiri. Masih banyak perjuangan-perjuangan lain yang masih menunggu untuk saya jalani sebagai seorang Mahasiswa jurusan Sistem Informasi khususnya di semester akhir ini. Dan saya yakin perjuangan yang akan saya hadapi kedepan nanti akan lebih berat dibandingkan dengan perjuangan yang telah saya lakukan sebelumnya. Tapi satu hal yang membuat saya yakin di dalam diri saya bahwasanya tidak ada permasalahan yang tidak ada jalan penyelesaiannya dan tidak ada penyelesaian yang sempurna selain dari niat, keinginan dan usaha serta ikhtiar yang benar dari dalam hati saya. Akhirnya, saya ucapkan terimakasih kepada orang-orang yang telah banyak membantu saya dalam menyelesaikan Kerja Praktek saya di ICT Center Pekanbaru. Thank's to ICT Center Pekanbaru...
Read more >>

Saturday, June 6, 2009

Mohon Kritik Dan Sarannya

Sudah hampir setahun saya mengajar di SMK Labor Pekanbaru untuk tahun ajaran 2008/2009. Pada awal mengajar di SMK Labor, banyak sekali arahan-arahan yang saya dapatkan demi untuk mengikuti aturan-aturan yang berlaku selama saya mengajar sebagai guru SMK Labor. Mulai dari panduan mengajar seperti Silabus dan RPP sampai hal-hal lain yang saya harus tau sebagai seorang pengajar di SMK Labor Pekanbaru.
Tidak lama lagi, Ulangan Umum Bersama (UUB) akan di laksanakan. Artinya segala pengajaran yang telah dilaksanakan pada tahun ajaran 2008/2009 berakhir. Tapi disini, sebagai seorang pengajar yang masih berumur setahun jagung, saya sangat membutuhkan kritik dan saran baik dari pihak dalam maupun dari pihak luar lingkungan SMK Labor Pekanbaru. Hal ini saya lakukan untuk lebih melihat kekurangan saya sebagai seorang pengajar dan berharap akan dapat memperbaiki segala kekurangan tersebut agar pada kesempatan berikutnya jika diberi kepercayaan untuk mengajar saya dapat berbuat yang lebih baik dari kesempatan sebelumnya.
Disini saya sangat mengakui keterbatasan ilmu yang ada pada diri saya dan saya juga merasakan pengalaman saya sebagai seorang pengajar belumlah dapat menyamai dengan pengajar-pengajar yang ada seperti saat sekarang ini. Maklum, staf pengajar khususnya untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) semuanya adalah guru-guru dan instruktur saya mulai dari saya baru mengenal dunia IT hingga sampai saat sekarang ini. Oleh karena itu, segala kekurangan yang ada pada diri saya masih terasa dan dapat saya jadikan sebagai motivasi saya untuk dapat terus menggali ilmu khususnya dibidang IT.
Kesimpulannya, saya mohon segala kritik dan saran apakah dari pihak lingkungan SMK Labor maupun teman-teman dunia maya yang ingin memberikan komentar untuk dapat menulis komentarnya pada menu komentar di bawah ini. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas segala kritik dan saran dari teman-teman sekalian.
Read more >>

Thursday, June 4, 2009

Kisah Singkat Manohara

Kali ini posting saya lain dari yang lain. Bukannya ingin jadi wartawan yang suka ngeliput seputar dunianya selebritis, tapi saya cuma ingin mengangkat sedikit tentang kisah Manohara yang selama ini membuat pemirsa televisi menjadi terhipnotis dengan kisah pribadinya.

Manohara Odelia Pinot adalah model belia kelahiran Jakarta, 28 Februari 1992. Lahir dari seorang ibu keturunan bangsawan Bugis, Daisy Fajarina dan ayah berkebangsaan Perancis, Reiner Pinot Noack, tak heran jika Manohara, nama panggilannya, mewarisi wajah dan bentuk tubuh yang rupawan.

Namanya mulai melambung saat masuk ke dalam daftar 100 Pesona Indonesia oleh Majalah Harper's Bazaar. Di usia yang masih belia ia sudah memiliki cita-cita mulia, yakni mempunyai sebuah yayasan sosial, guna membantu sesamanya yang kurang mampu.

Sayangnya kehidupan model yang menyukai belajar bahasa dan seni ini tak seindah yang dibayangkan sebelumnya. Manohara harus menikah muda dengan seorang pangeran dari Malaysia, Tengku Muhammad Fakhry di usianya yang masih 16 tahun.

Hal ini bermula dari pertemuan Manohara dengan Tengku Fakhry di bulan Desember 2006. Mereka dipertemukan dalam acara jamuan makan malam. Dari situlah, sang pangeran jatuh hati. Meski terpaut selisih usia, namun akhirnya kedua insan ini berpacaran dengan seijin ibunda Manohara, Daisy.

Tak lama setelah itu, Tengku Fakhry menyatakan keinginannya untuk memperistri mantan kekasih Ardie Bakri ini. Pada 17 Agustus 2008, Manohara beserta keluarga berangkat ke Malaysia atas undangan keluarga Tengku Fakhry.

Meski terkesan terlalu cepat dan sempat tidak menyetujui, namun akhirnya pasangan ini menikah pada 26 Agustus 2008. Ternyata pernikahan ini tak seindah bayangan sang Bunda, Daisy. Manohara ternyata tak bahagia dan kabur ke Jakarta melalui Singapura pada akhir 2008.

Mengetahui sang istri kabur, Tengku Fakhri berusaha membujuk sang istri untuk kembali pulang. Tak tanggung-tanggung, sang pangeran menghadiahi Manohara dengan sebuah mobil di hari ulang tahun Manohara pada 25 Februari 2009.

Tak hanya membujuk sang istri, Tengku Fakhry berusaha mengambil hati keluarga Manohara pula. Sang pangeran mengajak Manohara beserta keluarga untuk umroh di akhir Februari 2009. Di sinilah mulai terjadi peristiwa yang membuat sang bunda kalang kabut. Saat pulang, keluarga Manohara ditinggal begitu saja, sedang Manohara dan sang suami sudah dinaikkan ke pesawat.

Sekembalinya ke tanah air, pada pertengahan Maret 2009, Daisy melaporkan kejadian ini kepada Raja Kelantan, Malaysia namun tidak ada respon hingga saat ini. Bahkan Daisy mendapatkan pencekalan di Malaysia.

Setelah menempuh berbagai jalan guna mengetahu kondisi Manohara, akhirnya pada Mei 2009, Daisy dapat berkomunikasi dengan Manohara meski hanya lewat telepon. Hal ini dapat terlaksana dengan bantuan dari Dato Khadar Syah, wakil resmi dari Kerajaan Kelantan.

Akhirnya pada 31 Mei 2009, Manohara dapat melarikan diri dari 'kungkungan' suaminya. Saat itu iatengah menjenguk keluarga Kelantan di Singapura. Berkat kerjasama antara kedutaan Singapura, Kedutaan Amerika Serikat serta juga pihak Indonesia, akhirnya pada Minggu (31/5) pagi Manohara dapat pulang ke Indonesia.

Dikutip dari www.kapanlagi.com
Read more >>

Daftar Pengisian Buku Tamu



Read more >>

Yang Paling Banyak Dicari

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar