Monday, March 30, 2009

Ngawas Tray Out Yang Aneh

Pagi-pagi sekali sudah langsung bangun dan pergi ke kamar mandi untuk mandi. Walaupun mata masih terasa berat dan sisa-sisa mimpi di akhir pekan masih mencuat, tidak mempengaruhi niat untuk mempersiapkan diri mengawas adek-adek ujian Tray Out. Kalau didengar sekilas lalu, sepertinya aktivitas yang saya lakukan merupakan hal yang wajar dan sudah seharusnya saya lakukan setiap hari. Tapi disini ada sesuatu yang bukannya tidak wajar tetapi jarang-jarang saya melakukannya. Apa ya kira-kira...???
Ha... Ujian Tray Out-nya dilaksanakan dihari Minggu. Ya... sewot aja sih, yang seharusnya mimpi akhir pekannya sebanyak 100 episode dipotong menjadi 50 episode. Yang aneh-aneh aja, biasanya anak sekolahan ujiannya dihari-hari formal, seperti senen - jum'at atau senen - sabtu. Kemaren pagi merupakan sejarah pertama kali menjadi pengawas orang ujian dihari libur. Yach mau ga' mau terpaksa harus dijalani juga dan nyatanya sudah dijalani... (way... sebeelll) Masa sih mimpi pake acara bersambung. Itupun kalo minggu depan mimpi yang kemarennya datang lagi, kalo ga'... berarti episodenya udah habis dunk...!!!

Read more >>

Tujuan Komunitas Menurut Ayel ?

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial yang terbentuk dari beberapa organisme dari berbagai lingkunangan/sumber yang berbeda yang biasanya memiliki tujuan, ketertarikan, sudut pandang yang sama dan saling berinteraksi antara anggota yang satu dengan yang lain dan bahkan antara komunitas yang berbeda (huh, panjang banget mo buat definisi tentang komunitas). Pengertian yang saya buat diatas adalah Komunitas menurut pemikiran dan bahasa saya walaupun ada beberapa kata yang saya kutip dikit dari wikipedia. Kalo definisi menurut teman-teman silahkan buat uraikan sendiri. (Cape... deeeh..!).

Sebenarnya yang ingin saya sampaikan disini adalah tujuan dari terbentuknya komunitas itu sendiri (Kira-kira apa ya ???). Menurut saya lagi ne, tujuan dari sekelompok orang membentuk komunitas adalah :

1. Untuk Menyamakan Pemikiran
2. Untuk Menyalurkan Bakat dan Hobby
3. Untuk Mencari Pengalaman
4. Untuk Mencoba sesuatu yang baru
5. Untuk Mempererat Silaturrahmi
6. Untuk Memperkenalkan apa yang ada di komunitas itu sendiri
7. Untuk Berbagi Kesenangan, suka dan duka
8. Untuk Mempermudah Pertemuan
9. Untuk Belajar Berorganisasi
10. Untuk Menaikkan Nama dari Komunitas
11. Untuk Tempat Menghilangkan Stres
12. Untuk Tempat Sharing/Belajar Suatu Ilmu
13. Untuk Wadah Mencari Dana (biasanya dana sosial)
14. Untuk Membuat/Melaksanakan Kegiatan-kegiatan yang bermanfaat
15. Sebagai media yang tepat untuk sosialisasi

Untuk tujuan yang laen silahkan teman-teman tambah dan cari sendiri ya! Apa yang ditulis diatas hanya sekedar mencoba untuk belajar mendefiniskan sesuatu aja. Jadi kalau ga' ada yang benar jangan dicontohi apalagi di ikuti.

Read more >>

Laporan KP-ku Belum Kelar

Ga' terasa sekarang sudah jadi senior di kampus UIN Suska tepatnya di jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik. Kalo dulu (pas baru2 masuk) minta ampun dengan tugas2 yang bergelimang yang diberikan oleh dosen. Belum selesai satu tugas dua bahkan tiga tugas sudah di limpahkan lagi. Huh... memang benar2 jadi Kuli..Ah! Tapi sebenarnya malahan yang tambah berat dirasakan pada saat ini. Kalau dulu mungkin fokusnya hanya pada satu kegiatan saja, kuliah, kuliah dan kuliah, untuk kerjaan yang lain serasa ga' terlalu berat untuk dijalani.
Tapi sekarang, semenjak udah pandai cari uang sendiri (walaupun kecil2an), konsentrasi kuliahnya agak sedikit terpecah. Sebagai contoh pada pembuatan Laporan KP saya. Kalo dipikir2 memang semasa kuliah ini yang paling sibuk dan benar2 sibuk terjadi pada awal2 masuk kuliah, belum lagi dengan aktifnya berorganisasi. Tapi untuk masa sekarang ini, sepertinya cobaan juga semakin kuat untuk menyelesaikan kuliah. Belum lagi dengan batas waktu yang ditentukan untuk menyelesaikan laporan semakin dekat (akhir bulan ini). Wuw...wuw... jadi Pussing deh...! Buat teman2 yang lagi baca posting ini, mohon doa dan suportnya supaya laporannya cepat selesai. Atau ada yang bisa bantu ngasi pencerahan tentang laporan KP yang akan di kerjain ini. Bab I dan Bab II udah hampir klar, tinggal lagi cari bahan tentang PENERAPAN TEKNOLOGI OPEN SOURCE... (Tu.. judulnya). Tulung ya... kalo ada pencerahannya...!!! Pleaze!!!

Read more >>

Sunday, March 29, 2009

Pertemuan KOPDAR Blogger Bertuah Ke-3

Sory baru ngeposting lagi, masalahnya kemaren2 lagi sibuk sama laporan KP yang ga' kelar2. Oh... ya, walaupun laporan KP-ku masih dalam perjalanan, tapi ada laporan khusus lho buat teman2 sekalian yang lagi baca posting ini. Laporannya seputar pertemuan KOPDAR para Blogger Bertuah yang ke-3 di Masjid An-Nur Pekanbaru. Ya.. walaupun minggu kemaren (pertemuan ke-2) ga' sempat datang, Alhamdulillah untuk pertemuan yang ke-3 disempat-sempatin. Agak kaget juga sih ngeliat situasi yang terjadi, masalahnya komunitas blogger bertuah sepertinya udah ada peningkatan dari segi anggota dan ide-ide yang bersifat membangun. Mulai dari struktur organisasi, ruang lingkup kerja anggota, sharing ilmu, dan bahkan sampai kepada penyediaan fasilitas yang open source buat acara pertemuan KOPDAR Blogger Bertuah yang selanjutnya (thanks to Attayaya yang udah mo nyediain tempat untuk pertemuan KOPDAR selanjutnya plus snack lagi...!). Dan buat pak ketua Blogger Bertuah(Taufik Asmara) semoga bisa membimbing teman2 yang lainnya menuju kearah komunitas Blogger Bertuah yang lebih besar lagi. Sebagai informasi buat teman2 yang ingin ikutan gabung bersama Komunitas Blogger Bertuah, silahkan datang pada pertemuan selanjutnya. Tunggu informasi yang pastinya di komunitas Blogger Bertuah...!

Read more >>

Monday, March 16, 2009

keywordsssssss


Read more >>

Friday, March 6, 2009

Maen Internet Sambil Ngopi Santai

Jum’at pagi yang cerah, pagi-pagi sekali saya sudah sampai di sekolah. Walaupun dalam perjalanan ke tempat kerja masih banyak embun-embun pagi yang masih mengambang di atas rerumputan dan daun-daun namun kedinginan pagi tidak dapat menembus jeket parasut saya yang tebal berwarna hijau. Memang pagi jum’at yang menyegarkan dan memberikan motivasi baru buat saya. Seperti biasa, sebelum masuk mengajar, terlebih dahulu saya harus mengisi kampung tengah dikantin agar pada saat mengajar konsentrasi bisa lebih fokus. Kantin sekolah merupakan tempat yang tepat buat saya mengisi kampung tengah pagi (sarapan) sambil berinternet ria melihat informasi-informasi seputar dunia IT dan tidak lupa untuk menambah postingan baru blog kesayangan saya. Berinternet ria dengan memamfaatkan hotspot jaringan sekolah memang kegiatan yang mengasyikkan dipagi hari. Apalagi hotspot sekolah biayanya gratis dan mau sampai kapanpun ga' masalah selagi masih berada dilingkungan sekolah. Tapi, Kadang tidak terasa waktu yang dilalui begitu cepat, sampai-sampai hampir tidak ingat dengan kegiatan yang lainnya. Memang sih, hotspot yang ada di jaringan sekolah gratis, namun masalah waktu tidak bisa digratis-gratisin... Oh ya, saya lupa, pada saat saya menulis postingan ini, saya belum mandi lo... udah dulu ya, mau mandi, ga' tahan baunya... Ntar bisa-bisa ga' ada orang yang mau baca postingan saya...!!! bye...
Read more >>

Tuesday, March 3, 2009

Disebalik Disain Blog Pribadiku

Bukannya ingin mengungkap kerahasiaan dari blog saya, tapi sekedar ingin mengucapkan Terimakasih banyak buat Charm Skins yang sudah memberikan disain template secara gratis kepada saya hinggakan bentuk disain template blog yang saya punya jadi seperti yang anda lihat sekarang ini. Walaupun bentuk yang anda lihat sekarang ini bukanlah bentuk tampilan asli dari template Charm Skins yang sebenarnya, namun saya ingin menegaskan kepada teman-teman sekalian yang pengen ngerawat template blognya dengah rapih, agar pada saat memilih template, jangan hanya melihat pada tampilan gambar, thema dan warnanya saja.

Kadang kala para blogger yang baru, belum terlalu paham mengenai contoh template yang akan didownloadnya. Kebanyakan gambar pada template yang disediakan terlalu megah, sehingga para blogger langsung saja mendownload template tersebut tanpa memperhatikan kelemahan-kelemahan yang terdapat pada template tersebut. Misalnya gadget yang dimasukkan sedikit atau susah untuk mengaturnya, loading blognya lambat, atau mungkin sulit untuk melakukan penambahan-penambahan (editing khusus) secara manual pada template tersebut.  Jadi sebelum mendownload atau memasang template pada blog yang kita punya, hendaklah memilih dulu bentuk template yang sesuai dengan keinginan kita. Misalkan bentuk template dengan 2, 3 atau 4 kolom, atau mungkin bentuk template yang satu kolom tapi dengan tata letak yang sesuai dengan keinginan kita dan yang jelas mudah dalam mengelola gadget.
Jadi, jangan lupa menyesuaikan dengan gadget yang akan dimasukkan dikemudian hari nanti, apakah mudah atau mungkin tidak bisa melakukan penambahan-penambahan gadget pada template yang dipasang. Ingat!!! pemasangan gadget akan berpengaruh pada tata letak template, jika gadget yang dipasang tidak rapi, maka hasil akhirnya juga tidak akan rapi. Dan jika blog kita kelihatan tidak rapi, saya jamin orang akan enggan untuk singgah ke blog kita, apalagi berlama-lamaan. Jadi walaupun mudah dan sepele, tapi cukup besar sekali pengaruhnya pada pengunjung yang akan mengunjungi blog kita. Coba lihat gambar diatas, merupakan template pertama saya pada saat belum diedit, setelah itu bandingkan dengan disain blog saya yang sekarang anda lihat. Satu hal lagi yang ingin saya sampaikan, anda harus mempunyai ilmu dasar dalam mengelola blog. Seperti ilmu HTML, CSS, Java Sript atau mungkin PHP dan Database. Jika anda tidak mengetahui konsep dasar tentang mengelola blog, saya jamin anda akan kesulitan dalam mengelola blog yang anda punya. Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk mempelajari ilmu-ilmu tentang web.
Read more >>

Sajak Lingkaran Syetan (Pak Ucu Irham)


Hari ni, saye sedikit berbangge hati dengan blognye Pak Ucu Saye. Bukannye ape, nampaknye bekas-bekas turunan budaye-budaye lame yang ade sejak zaman Raje Ali Haji (pengarang gurindam 12) telah membekas dan turun dalam jiwe pak ucu saye sebagai putra daerah melayu Kepri. Macam mane pulak tidak, cubelah tengok ke blognye pak ucu saye tu, alamatnye cube klik kat sini, posting yang ditampilkan, kebanyakan tentang sajak-sajak asli buatan pak ucu saye. Selain tu ade juge cerite-cerite kampong yang mengingatkan kite pade mase lalu (kat kampong). Dah... lah... tak usah nak bepanjang leba lagi, saye dah kutep salah satu dari sajaknye pak ucu saye. Ni... kat bawah...! cubelah bace...!

LINGKARAN SYETAN
Oleh : Irham (Pak Ucu)


Ada pejabat tapi pengkhianat
Ada pengusaha tapi suka buat-buat dosa
Ada pemuda tapi ingin jadi penjilat
Ada sang Dewan maunya disebut Sang pahlawan
Ada politikus tak ubahnya seorang pedagang
Ada Dermawan tapi maunya disanjung-sanjung
Ada ulama' senang jual beli ayat
Ada pemimpin paling suka minta disembah-sembah
Ada pegawai pemerintah selalu mojok dikedai-kedai sambil merokok dengan secangkir kopi
Bagaimana negeri ini maaaajuuuuu???
Berbaju dinas tak ubahnya musang berbulu
Negeri ini akan hancuuuuuuur..!
Kalau ditangan pemimpin yang hobbynya melacur
Tapi bukan pelacur sexual..?
Pelacur apa..?
Kau tahu semuanya?
Pelacur-pelacur Daerah
Pelacur-pelacur Jabatan
Pelacur-pelacur Pangkat
Pelacur-pelacur Birokrat
Pelacur-pelacur Laut,Darat dan Udara
Pelacur-pelacur Politik
Apa kerjanya pelacur-pelacur ini?
Ia siap membeli Investasi demi kekayaan pribadi
Ia beli tuhan-tuhan demi sebuah jabatan
Ia sanggup menjual marwah diri demi sebuah prestasi
Ia selalu melacur tanah hanya utk kekuasaan Tuan takuur
Ia hobby melacur hak rakyat hanya demi kepentingan sesaat
Dari ludahnya Dajjal inilah dia nama yang bernama
Dari sekelompok manusia
Yang bernama
LINGKARAN SYETAN
LINGKARAN SYETAN Akan menghancurkan anak negeri,anak daerah,anak asli pribumi
LINGKARAN SYETAN Ingin membuat anak negeri menjadi penonton dinegeri sendiri,jadi penonton yang abadi
LINGKARAN SYETAN Pasti membenci anak watan
LINGKARAN SYETAN Bagaikan hewan yang masih perawan
Tak taunya Sang Iblis berhati Belacan
Lingkaran demi lingkaran akhirnya akan menyatu
Menjadi..jadi..jadi..jadi..jadi..jadi..jadi..jadi apa??
Jadi SYETTTTTTTAAAAAAANNN!!
SIAPA SYETAN?
Ia Abadi..
Ia Hakiki..
Ia Penghuni..
Dalam Neraka yang tiada SUCI

Di kutip dari blognya Pak Ucu : http://www.hamanakmelayu.blogspot.com/
Read more >>

Bimbingan Kerja Praktek Diterima

Sebenarnya malu mau posting yang satu ini. Habis udah tua kok masih belum tamat-tamat juga dari kampus (Wew... malu dikit napa ya..?!?!?). Tapi.. dari pada ga' dilampiaskan, mendingan dilepaskan aja sekalian. Sory ya... teman-teman pembaca, kali ini saya pengen melampiaskan apa yang terjadi pada sore senin kemaren dikampus UIN Suska, tepatnya di Faste (Fakultas Teknik). Sebelum saya kekampus, saya sempat menelpon teman seletingan saya untuk menanyakan masalah kampus sekalian mengenai hasil kerja praktek yang telah dilakukan oleh teman saya tersebut.
Dia sudah duluan membuat laporan kerja praktek, dan sudah meminta untuk seminar, sedangkan saya baru mau mencoba untuk melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing saya. Saya mengira akan mendapatkan kabar gembira tentang teman saya tersebut mengenai laporang kerja prakteknya, e... malah yang saya dengar keluhan panjang yang mengakibatkan saya agak sedikit pesimis dengan kejadian yang saya dengarkan dari dia. Masalahnya, pembimbing teman saya itu juga pembimbing saya. Ya... otomatis sayapun agak sedikit down pada waktu mendengarkan keluhan-keluhan yang disampaikan oleh teman saya itu. Gimana ga' down, yang diceritakan mengenai hal-hal yang tidak diinginkan oleh dosen pembimbing itu, yang mana hal-hal tersebut merupakan penyebab permasalahan utama dari teman saya itu. Lagak pesimis, gerogi dan cemas yang hampir membuat saya untuk tidak jadi pergi kekampus dalam rangka bimbingan.
Tapi mengingat dan menimbang saya masih seorang mahasiswa dikampus itu, ya... apa boleh buatlah, dari pada, dari pada, dari pada, akhirnya saya datang juga kekampus dan langsung melihat kondisi kampus beserta keberadaan dosen pembimbing saya. Wow... rupanya dosen pembimbing saya hadir dan sudah berada diruangannya. Dengan wajah grogi, pucet dan agak sedikit ragu-ragu mengenai laporan yang saya buat, akhirnya sayapun dengan sigap masuk keruangan pembimbing saya untuk konsultasi mengenai laporan yang telah saya buat (Bab 1 dan Bab 2). Yang pastinya dalam hati saya bertanya-tanya apakah kejadian yang dialami teman saya akan menimpa diri saya juga?????!!!!!
Akhirnya untuk memulai bimbingan dan masih dalam keadaan berdiri tegak dihadapan dosen pembimbing, saya pancing dengan sapaan pertama "Apa kabar pak ? Bisakah saya bimbingan KP hari ini dengan bapak" pertanyaan awal yang agak sedikit grogi. Dengan sabar saya menunggu jawaban dari dosen tersebut dan akhirnya beliau menjawab "mm.. bisa,bisa...". Mendengar jawaban dari dosen tersebut saya langsung tenang dan artinya langkah pertama sudah saya jalani (menghilangkan rasa pesimis dan ga' pede). Dan langkah keduapun saya jalani dengan memberikan hasil laporan saya serta menanyakan hal-hal yang saya anggap tidak paham bagaimana cara mengerjakannya. Lembar demi lembaran sudah diperiksa dan catatan sayapun sudah tertulis dibuku catatan dan ga' ketinggalan notebook saya pun saya pamerkan gara-gara ada pertanyaan yang ga' bisa saya jawab yang mengharuskan saya untuk membuka kembali tutorial yang ada didalam notebook saya. Akhirnya...... BIMBINGAN KERJA PRAKTEK SAYA DITERIMA JUGA.
Tapi untuk selanjutnya, saya harus mengganti judul lapran saya yang sepertinya kurang pas dimata dosen tersebut. Memang sih, setelah saya pikir-pikir, judul dari laporan saya agak sedikit ribet, makanya diganti oleh dosen tersebut. Dan bagi saya, ga' masalah sih, paling-paling saya tinggal mencari bahan di internet, dan yang lebih pentingnya lagi sekarang saya sudah bisa bimbingan dengan dosen pembimbing saya. Udah dulu ya... kira-kira cuma itu aja yang saya alami kemaren sore dikampus UIN... Thank's udah baca..!!!
Read more >>

Sunday, March 1, 2009

Tengku Khairil Ahsyar, Tengku, Khairil, Ahsyar, Ayel, Irel

Tengku Khairil Ahsyar, Tengku, Tengku, Tengku, Khairil, khairil, khairil, Ahsyar, ahsyar, ahsyar, Ayel, ayel, ayel, Irel, irel, irel, Tengku Khairil Ahsyar, Tengku, Dabo Singkep, Dabo, Singkep, Kabupaten Lingga, Daik Lingga, Daek Lingga, Kab. Lingga, Lingga, Sekop Darat, T. Khairil Ahsyar, T. Khairil A, Tengku Khairil Ahsyar, Tengku, Khairil, Ahsyar, Ayel, Irel, tengkukhairil, tengkukhairil.blogspot, tengkukhairil.blogspot.com.
Read more >>

Komunitas Bloger Riau

Berawal dari angan-angan, keisengan dan coba-coba akhirnya timbullah motivasi untuk mencari sesuatu yang lebih bermakna. Bak pepatah mengatakan “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” itulah yang menyemangatkan pemuda-pemudi tanah kelahiran RIAU untuk lebih memajukan iklim yang kondusip akan semangat para blogger di tanah Melayu ini. Dengan segala daya upaya dan usaha untuk mengumpulkan putra putri pecinta blogger, akhirnya tadi malam berhasil di bentuk sebuah perkumpulan (community) para blogger Riau yang pertemuannya diadakan di depan kantor Riaupos.

Alhamdulillah untuk pertemuan perdana pembentukan panitia Blogger Bertuah Community, hadir belasan orang dan termasuk saya salah satu dari anggota blogger community tersebut. Pertemuan yang diadakan di Panam City tepatnya di depan kantor Riaupos itu berlangsung mulai dari awal malam minggu sampai tengah malam yang membahas masalah perkenalan para anggota blogger, pembentukan panitia, cerita-cerita masalah perkembangan blogger dan yang lebih pentingnya lagi saling tukar informasi antar sesama anggota.

Untuk lebih meyakinkan lagi berikut saya tampilkan dokumentasi para anggota community blogger yang hadir tadi malam.

Anggota blogger community yang hadir

Untuk lebih jelasnya, berikut saya urutkan nama-nama dan alamat para blogger diatas :

Dari Kiri Bawah (Yang Duduk Jongkok)

- Mr.Taufikasmara (yang pake kaos warna merah)
- Sang Penyamun (yang pake topi warna hitam)
- Ijo Punk Ju-Tee (yang pake kacamata dan jacket coklat ditengah-tengah)
- Putra (yang pake baju dalamnya warna merah no 2 dari kanan)
- Fauzi (yang pake jacket abu-abu, kaca mata dan menyandang tas)

 

Dari Kiri Atas (Yang Berdiri)

- Rizmi (yang pake jacket warna biru) 
- Maryo (yang pake baju hitam agak gemukan dan ga pake topi)
- Nanlimo (yang pake baju hitam tapi pake topi, yang giginya kelihatan)
- Hendrawan (no 4 dari kiri yang sebelahnya ada cewek)
- Regie (cewek satu-satunya yang lagi tersenyum)
- Tengku Khairil Ahsyar (yang tinggi berdiri paling ujung sebelah kanan, itulah aku)

 

Mudah-mudahan pertemuan tadi malam bisa menjadikan komunitas anak-anak Melayu Riau yang bisa membawa nama baik Riau dan dapat mengembangkan komunitas baru blogger di tanah Melayu Riau ini. Jangan lupa untuk mengunjungi blog komunitas kami dan bergabung bersama membentuk komunitas yang bertuah. (ditunggu kritik dan sarannya dikomentar)

Weblog Komunitas : http://bloggerbertuah.blogspot.com

Read more >>

keywordssssss




Read more >>

Yang Paling Banyak Dicari

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar