Thursday, March 27, 2008

Site Map - Daftar Isi

Read more >>

Wednesday, March 26, 2008

Belajar Linux Debian Woody Sebagai Basic

Belajar memang kegiatan yang paling mengasyikkan bagiku, apalagi yang aku pelajari merupakan pelajaran yang memang hoby beratku. Aku kenal dunia komputer pada kelas 2 SMA sewaktu aku dikampung. Tapi cuma kenal doang, lihat, mencet tombol power sama keyboard terus paling-paling aku main game. Ada sih setelah beberapa bulan setelah naik dari kelas 2 SMA, aku pernah belajar sebentar dengan yang namanya office, itupun cuman sepenggal Microsoft Word, karena pada waktu itu aku belajarnya ga' selesai. Masalahnya orang yang mengajar dilembaga itu lagi ada kasus berat, sampai-sampai melarikan diri dari kampung. Gara-gara itulah aku jadi putus belajarnya.

Nah setelah aku berada dipekanbaru, baru mulai mengenal lebih dalam tentang dunia komputer. Tidak hanya sekedar dunia komputer, bahkan sampai ke dunia TI yang luas juga.

Sedangkan kenal dengan linux pada saat aku mengikuti Paket Ramadhan yang diadakan oleh SMK Labor Pekanbaru. Disanalah aku belajar basic (Instalasi dan sedikit perintah2 dasar linux) dengan salah seorang pengajar yang masih muda, rupanya sekarang jadi teman dekatku dan aku paling banyak belajar dari dia.

Sekarang aku ingin mendalami linux karena aku merasa sangat perlu untuk dikuasai. Apalagi perkembangan teknologi sekarang ini sangat cepat sekali. Sebagai distro linux untuk basic pendalaman saya menggunaka Debian Woody, karena selain saya senang dengan debian, di tempat saya juga banyak yang belajar Debian Woody, jadi otomatis jika saya mendapat kesulitan saya bisa bertanya dengan orang2 disekitar saya. Truss saya senang dengan debian woody karena distronya asyik masalah update system, jadi server yang saya pelajari jadi update terus.
Yang jelas belajar linux rupanya mengasyikkan juga... Kalau ga' percaya coba aja...
Read more >>

Tuesday, March 25, 2008

Main Bilyard 9 Jam

Semua orang ingin merasakan sesuatu yang menyenangkan dalam hidupnya, hal ini ga' mungkin dipungkiri apalagi kalau kita lagi merasa suntuk atau merasa perlu untuk menyegarkan pikiran kita. Tapi jika kita melakukan hal-hal yang menyenangkan tersebut lebih dari waktunya, malahan yang timbul adalah ketagihan atau bahkan mungkin kecanduan. Sampai lupa dengan kegiatan-kegiatan yang lain.

Apakata kalau sesuatu yang menyenangkan tersebut adalah bermain bilyard. Mungkin kalau dilakukan dalam waktu yang sebentar, saya rasa memang merupakan refresing. Tapi kalau dilakukan dalam waktu yang berlebihan maka yang didapat adalah kecanduan. Rasa pengen ketempat bilyard terus. Apalagi uang yang dikeluarkan ga' sedikit untuk pergi kesana. Katakanlah 1 jam Rp. 15.000,- belum lagi termasuk dengan yang lain-lainnya, bisa membuat kantong duit kita terkuras habis.

9 jam lewat bukanlah merupakan waktu yang sedikit bagi kita untuk menyelesaikan sesuatu hal, apakan itu bekerja, belajar apalagi yang namanya menunggu. Tapi ini memang dilakukan sampai 9 jam tanpa terasa puas sedikitpun. Malahan yang terasa hanyalah penasaran dan rasa lelah setelah sampainya dirumah. Rasa penasarannya adalah pada saat kita mainnya kurang bagus pada saat itu dan merasa ingin mengulanginya dilain waktu. Sedangkan rasa lelahnya jelas sekali karena lebih banyak berdirinya lagi dari pada duduk selama 9 jam lebih.

Wow... yang ini bukanlah dikatakan refresing lagi, tapi udah kecanduan berat. Bak narkoba yang udah melilit ditubuh kita dan sukar untuk dilepaskan. Tapi tenang aja, sekarang saya udah berfikir kearah penghematan modal. Kalau ada lebih dan ada waktu yang pas untuk refresing main bilyard, baru saya main. Tapi kalau lagi sibuk dan modal lagi tipis, ya... paling-paling saya diam aja di rumah...

Jadi saya sarankan buat para pembaca blog saya ini, kalo pengen senang-senang jangan terlalu berlebihan, nanti takutnya akan membawa effek yang ga' baik buat diri kita. Masalahnya saya pernah main bilyard sampai jatuh sakit, gara-gara disana kondisinya ga' kondusip, ruangan penuh dengan polusi asap rokok trus sampai ga' ingat makan gara-gara keasyikan dengan main bilyard. Jadi sekali lagi saya sarankan buat teman-teman pembaca, kalo mau main bilyard jangan sampai kelewatan, oce... bye.
Read more >>

Keberhasilan Tergantung dari Usaha Keras

Setelah saya membaca sebuah artikel dari http://www.setjen.depdiknas.go.id mengenail profil seseorang yang melakukan study di Amerika tepatnya di Lehigh University, saya merasakan kalau kesuksesannya dan keberhasilannya dinegeri orang sepenuhnya adalah usaha keras yang dilakukan oleh Nelson sendiri. Keberhasilannya bukan berarti tidak ada kaitannya dengan orang lain, akan tetapi orang lain tidaklah sepenuhnya dapat memberikan yang terbaik untuk diri kita, orang lain kadang kala lebih banyak memberikan support dan motivasi saja, sedangkan langkah selanjutnya adalah tergantung dari usaha keras kita sendiri.

Sekarang, mengenai ilmu yang sedang saya pelajari, saya juga merasakan hal yang sama, bahwasanya orang lain hanya sebagai motivator dan kompetitor bagi diri saya untuk terus berusaha berbuat yang lebih sempurna sebagaiman yang saya harapkan. Mengharapkan lebih dari orang lain hanyalah hayalan dan ilusi belaka, belum tentu orang lain tersebut bisa memberikan sepenuhnya untuk kita, apakah itu berupa ilmu, waktu dan lain sebagainya. Kita boleh mengharapkan sesuatu dari orang lain, tapi bukanlah berharap semua akan kita dapatkan.
Lebih baik tidak mengharap apapun dari orang lain daripada kita marasa terikat dari orang lain dan malas untuk berusaha sendiri.

Jadi usaha keras yang kita lakukan sendiri lebih banyak berpengaruh terhadap diri kita dan itulah usaha yang sepatutnya kita lakukan jika kita ingin menjadi orang yang berhasil...
Read more >>

Monday, March 24, 2008

Hari Pertama Kuliah di Semester 8

Alhamdulillah... ga' terasa sekarang aku udah semester 8, SKS yang diambilpun udah semakin dikit. Padahal yang aku rasakan, aku seperti baru pertama kali datang untuk kuliah dan kaya semester 1 aja. Memang yang dirasakan sekarang ini seperti ga' percaya aja...

Tapi ada satu hal yang bikin aku merasa lebih aneh lagi, hal ini aku rasakan pada saat aku pertama kali masuk kuliah disemester 8. Kebetulan matakuliah yang diambil dari kode matakuliah universitas ku tinggal satu, nama matakuliahnya SIAT (Kepanjangannya cari sendiri). Biasanya aku kuliah dikelilingi banyak teman-teman sekuliahku apalagi yang satu letingan sama aku. Rupanya yang ada aku malah bingung :
  1. Aku bingung karena orang yang ikut kuliah sama aku ga' sampai 10 orang
  2. Aku bingung pas ditanya tugas untuk dikumpulkan aku ga' ngumpul, masalahnya aku ga' tau kalau minggu ini ada tugas yang harus aku kumpulkan
  3. Aku bingung karena teman-temanku bingung liat aku masih ngambil mata kuliah ini, tau-taunya belum

Tapi ga' apa-apa... semuanya aku lalui dengan "heppy day for study" senang sekali rasanya aku kuliah lagi disemester 8 ini. Aku merasa senang karena hari-hariku penuh dengan kesan-kesan yang menyenangkan.

Satu hal yang aku bisa ambil dari makna diatas, bahwasanya aku merasakan kalau umurku sudah semakin pendek, artinya aku ga' terasa kalau aku udah semakin dewasa. Artinya aku harus lebih banyak berbuat sesuatu yang lebih bermanfaat lagi buatku sekarang dan dimasa yang akan datang. Semuanya harus kulalui dengan jalan yang baik dan jalan yang penuh dengan keberkatan Allah SWT.

Read more >>

Sunday, March 23, 2008

Kehadiran Blog Buat Pecinta Dunia Maya

Sebelumnya saya ucapkan selamat datang buat teman-teman pecinta alam maya…
Tanpa disadari semakin hari semakin pesat perkembangan didunia teknologi. Hal ini dibuktikan dengan telah diberikan kemudahan buat teman-teman pecinta alam maya lebih khususnya lagi pecinta web, kalo dulu mungkin kita harus dituntut untuk memiliki disiplin ilmu (walaupun dikit) untuk menguasai ilmu-ilmu tentang bagaimana cara membuat sebuah website, tapi sekarang dengan adanya blog-blog gratis yang tersedia di alam maya telah banyak memberikan kemudahan-kemudahan bagi para pecinta web dan bagi para penyelam alam maya untuk menampilkan jatidirinya di dunia maya.

Mungkin tidak hanya blogspot saja yang berbaik hati yang menyediakan blog gratisan buat kita semua, diluar sanapun juga masih banyak blog-blog yang lain yang mungkin pas dengan selera teman-teman sekalian, yang jelas sesuai dengan keinginan.

Jadi dengan adanya weblog saya ini, sekarang saya lebih mudah untuk melampiaskan apa-apa yang ingin saya jadikan sebagai dokumentasi saya di dunia maya ini.

Dengan ini pula saya ingin memberikan kemudahan buat teman-teman sekalian yang ingin memanfaatkan isi dari blog ini. Dan seterusnya saya ucapkan selamat menyelam alam maya, ambil yang baik dan buang yang buruk. Kritik dan saran saya tunggu lewat e-mail : tengkukhairil@gmail.com
Read more >>

Hidup Diperantauan

Hidup jauh diperantauan bukan berarti jauh dengan ilmu yang akan dicapai. Pantai yang indah, keluarga, kerabat-kerabat, teman-teman bermain, kenang-kenangan yang mesra yang pernah dilakaukan dikampung halaman hanyalah dijadikan pengobat rindu bila teringat dengan rumah dikampung halaman. Kadang kala lagu-lagu melayu dan lagu-lagu malaysia bisa juga dijadikan obat penawar rindu walaupun suasananya udah berbeda.

Hidup diperantauan bukan berarti kita tidak bisa berbuat apa yang kita inginkan, apalagi yang berhubungan dengan apa yang kita gemari. Semua yang kita inginkan tergantung dari semua usaha yang kita lakukan. Diawali dengan niat lalu dilakukan dengan usaha dan disokong dengan doa itu saja sudah merupakan modal utama untuk meraih apa yang kita inginkan, asalkan niat awalnya baik dan banyak mendatangkan manfaat buat kita dan bahkan untuk oranglain baik sekarang maupun dimasa yang akan datang.

Diawali dengan niat yang tertanam dihati, sudah sangat membantu sekali dalam menjalankan hidup ditanah orang, ibarat orang menjahit ada polanya. Walaupun pada awalnya ingin menetapkan niat tersebut banyak sekali pertimbanga-pertimbangan yang harus diperhatikan, diantaranya keluarga, para sahabat, seorang gadis yang dicintai, keuangan, kondisi pribadi sampai kampung halamanpun menjadi pertimbangan juga pada saat itu. Tapi dengan berfikir panjang akhirnya semua pertimbangan yang ada mampu memberikan jawaban kemana arah yang harus ditempuh.

Bak orang mengatakan, orang Minang merantau tidurnya di pasar, orang Medan merantau tidurnya di loket-loket sedangkan orang Melayu tidurnya di rumah abang. Memang sepintas lalu didengar tidak berpengaruh apa, tapi menurut pribadi orang Melayu bisa saja hal tersebut merupakan sindiran yang keras buat orang Melayu yang merantau.
Sebenarnya menurut pribadi saya itu bukanlah merupakan sindiran ataupun istilah yang biasa kita dengar untuk membandingkan kebiasaan antar suku, akan tetapi kata-kata diatas merupakan cambuk bagi saya untuk lebih berani hidup mandiri. Bersyukur dengan kata-kata diatas, karena dapat menyadarkan saya akan kebiasaan-kebiasaan malas yang mungkin selama ini bisa jadi terbawa dengan kebiasaan saya sehari.

Yang jelas... apa yang menjadi tujuan hidup kita dimasa depan nanti hendaknya diusahakan sekarang, selagi masih ada napas tersisa buat hidup dihari tua nanti. Yang jelas dengan modal niat, usaha keras dan doa mudah-mudahan apa yang akan dicapai dapat diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Amin...

Keyword :
Tengku Khairil Ahsyar, tengku, khairil, ahsyar, irel, ayel, tengkukhairil, singkep, Dabo Singkep, putra daerah, sekop darat, Kabupaten Lingga, Daek Lingga, Provinsi Kepri.
Read more >>

Yang Paling Banyak Dicari

 

Copyright © 2014 by Tengku Khairil Ahsyar